Aromaterapi Pilihanku Untuk Hidup Lebih Legowo

 

Memasuki bulan November  sudah terhitung dua bulan aku menggunakan aromaterapi Young Living. Di bulan September lalu aku membeli Young Living PEP (premium experience package) yang berisi 12 oil dalam botol berukuran 5ml, 1 buah diffuser Dessert Mist, dan tambahan bonus botol sample serta tutup aromaglide. Setelah dua bulan memakainya aku semakin cinta aromaterapi. Setiap aroma memiliki keunikan wangi dan manfaatnya sendiri.  

 

young living aromaterapi
Aromaterapi Pilihanku

Sekilas Sejarah Aromaterapi

Sejarahnya essential oil atau minyak aromaterapi pertama kali dibuat dan digunakan oleh masyarakat Mesir kuno. Pada awalnya orang Mesir membudidayakan tanaman yang menghasilkan minyak dan menggunakan minyak aromaterapi sebagai perlengkapan ibadah agamanya. bahan campuran kosmetik, keperluan medis dan dipakai juga sebagai bahan dalam proses pembalseman pada masa itu.

 

Minyak aromaterapi kala itu diproses dengan bantuan lemak hewani melalui metode ekstraksi pelarut. Proses distilasi atau penyulingan pada minyak aromaterapi ada sejak 3500 SM (sebelum masehi). Pada masa yang sama, negara Cina dan India juga mengeksplorasi kelebihan dari herbal hingga tanaman aromatik yang nantinya menjadi bagian dari metode kesehatan holistik Ayurvedic (Ayurveda) India.

 

Relaksasi Jiwa dengan Aromaterapi

Dalam pandangan Ayurveda, kesehatan manusia dipengaruhi oleh keseimbangan antara tubuh, jiwa, dan pikiran manusia itu sendiri. Konsep Ayurveda adalah mengajak manusia untuk hidup sehat dengan menerapakan pola makan dan gaya hidup sehat yang diimbangi dengan meditasi atau yoga. Dengan melakukan yoga bisa membantu mengatasi gangguan yang ada dalam energi kehidupan.

 

sabandina oil
7 Titik Cakra

Aromaterapi sangat berperan dalam mendukung relaksasi jiwa dan pikiran saat yoga. Yoga dan pemakaian minyak aromaterapi erat kaitannya dalam menciptakan sinergi agar tubuh sehat secara mental dan fisik dengan memakai (mengoleskan) minyak aromaterapi pada titik-titik chakra. Cakra adalah pusaran energi melingkar dalam tubuh yang berada pada tujuh titik berbeda di tulang belakang yang terhubung ke organ dan kelenjar tubuh kita.

 

Manfaat Aromaterapi    

Penggunaan aromaterapi semenjak sebelum masehi digunakan sebagai perawatan kecantikan hingga kesehatan. Minyak aromaterapi untuk perawatan kecantikan rambut hingga kulit wajah. Mulai dari melembapkan, memberi volume (rambut), hingga membantu mengeluarkan pancaran alami dari dalam diri.

 

Dari segi kesehatan, aromaterapi selain membuat tenang jiwa dan pikiran sehingga tubuh menjadi sehat juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh, meringankan rasa sakit, membantu mengurangi stres, melawan bakteri hingga jamur, meningkatkan kualitas tidur dan memperlancar pencernaan.

 

Aromaterapi Pilihan

Setelah mencoba aromaterapi dari Young Living ini memang sangat terasa bedanya. Hidup menjadi lebih tenang, lebih legowo. Aromaterapi YL memiliki kandungan minyak atsiri yang lebih pekat. Selain dioleskan, minyak aromaterapi bisa diuapkan dengan bantuan alat bernama difuser. Terdapat 8 pilihan difuser dari YL yang bisa kamu pilih sesuai selera dan keunikan masing-masing difuser.

 

Sabandina oil
Aromaterapi Pilihanku

Untuk minyak aromaterapi YL, dua jenis, yaitu single oil dan blend oil. Sesuai jenisnya, untuk yang single oil hanya berisi satu kandungan saja. Sedangkan yang blend oil terdapat beberapa kandungan yang digabung menjadi satu. Mau tahu kan apa saja minyak aromaterapi pilihanku.

1.     Lemon

Menurut penelitian, minyak lemon memiliki sifat anti mikroba kuat dibanding lainnya. Lemon terkenal mampu membersihkan racun pada tubuh dan sekitar. Dengan aroma lemon yang segar, mampu membangkitkan suasana hati.

sabandina oil
Lemon Oil
2.      Peppermint

Yang satu ini menjadi favoritnya suamiku. Peppermint ini tergolong single oil. Dengan aromanya mentol/mint segar membantu  menyegarkan pikiran sepanjang hari. Secara klinis, minyak peppermint memiliki manfaat anti mual dan efek menenangkan. Pantas saja suamiku pilih ini. Minyak peppermint biasanya diteteskan ke masker untuk dipakainya saat bekerja sehari-hari.


sabandina oil
Peppermint Oil

young living
Peppermint Oil tetes di masker


3.     R.C

Minyak R.C ini tergolong blend oil yang berisi perpaduan eucalyptus, radiata, myrtle, marjoram, pine, lavender, cypressm black spruce dan peppermint. Wow banyak banget kan perpaduan dalam satu R.C ini yang termasuk salah satu unggulan. R.C memiliki kepanjangan Respiratory Care untuk membantu melegakan pernafasan. Cocok banget untuk aku yang mudah tersumbat hidung karena alergi.


sabandina oil
R.C Oil


4.   Stress Away

Ini yang paling favorit, Stress Away yang tergolong blend oil. Cocok banget untuk mengusir kejenuhan selama di rumah saja pandemi ini. Stress Away mengandung copaiba, lavender, lime, cedarwoodm vanilla dan ocotea. Wangi dari minyak Stress Away ini cenderung manis sehingga membantu mengembalikan kualitas tidur dengan mimpi yang manis, eh mimpi indah.

 

sabandina oil
Stress Away aromaterapi dengan tutup aromaglide

Khusus minyak aromaterapi yang Stress Away aku rubah tutupnya menjadi tutup aromaglide semacam tutup roll on khusus untuk kemasan botol minyak aromaterapi Young Living agar mudah dioleskan. Pikiran yang relaks, tenang mampu membangun sugesti diri dan pikiran yang positif menurutku. Aku sangat merasakan efek baik dari aromaterapi pada diriku. Bulan depan aku berencana membeli satu lagi tutup aromaglide, minyak peppermint dan lemongrass (sereh). Pilih aromaterapi favoritmu dan sesuaikan dengan kebutuhan yach.  –RGP-

 

 

Comments

  1. Yang stress away cucok buat yang over thinking mulu ya. Jam2 malam biasanya over thinking bangeeet! 😅😆 Btw, harganya kisaran berapa, Kak?

    ReplyDelete
  2. Penggunaan aromatheraphy sekarang sepertinya memang mengalami peningkatan tajam deh, temen-temen saya juga pada rame tuh makai aromatheraphy pakai difuser menjelang tidur, katanya bikin tidur lebih nyenyak dan berkualitas. Lama-lama saya jadi penasaran juga. hahaha

    ReplyDelete
  3. Nyi Belum pernah make ini kak, pernah dapet giveaway oil beginian tapi nggak punya alatnya disfuser bukan namanya ehehehe sneangnya kalau udah punya

    ReplyDelete
  4. Aku penasaran banget sama yang stress away ini mbak, bisa di oles juga bisa pakai difuser, pasti menenangkan banget aromanya.

    ReplyDelete
  5. Wah team young living juga kak, samaan dong kita, aku langganan young living dari lama, emang enak & banyak manfaat buat tubuh

    ReplyDelete
  6. Judulnya bikin senyum kak tapi memang benar adanya aroma terapi menenangkan ya bikin belajar manage hati jadi lapang deh. Sehat selalu

    ReplyDelete
  7. Aq baca ini auto muoeng sm produknya , ada bnyk varian ya kak. Boleh nih d coba. Mks infonya mincute ..

    ReplyDelete
  8. Udah sering lihat Kak Resi upload aromaterapi dari Young Living ini di instagram. Aku penasaran sama yang Stress away sama Pepermint kayaknya enak kalau jadi aromaterapi di kamarku hehe

    ReplyDelete
  9. Yuhuu kualitas Young Living sih udah nggak diragukan lagi. Aku jadi ingin beralih juga nih kak. Aromaterapi YL-nya memang banyak banget manfaatnya. Starter pack wajib punya banget sih biar rileks menghadapi situasi kayak sekarang.

    ReplyDelete
  10. Yuhuuu banyakk sekali variannya sihh 😍 pokoknya kualitas Young living emang the best nggak perlu di ragukan lagi, apalgi sekakarang banyak yang pakai .

    ReplyDelete
  11. 7 titik cakra itu ternyata seperti warna pelangi ya. Makanya memang bagus aromaterapi untuk relaksasi jiwa dan pikiran kita agar setelahnya bisa lebih segar lagi

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

[INSPIRASI] Kisah Inspirasi: Erikar - Food Combining Merubah Hidupku

Pengiriman Lebih Mudah dengan Alfatrex, Baru dari Grup Alfamart

Rahasia Relaxku Dengan Mandi Parfum Vitalis Hijau