Jaga Kesehatan Mata Bersama Signify dalam World Sight Day 2019


World Sight Day sebagai sebuah gerakan untuk membangun kesadaran tentang pentingnya kesehatan mata jatuh di bulan Oktober minggu kedua setiap tahunnya. Signify sebagai pemimpin di bidang pencahayaan turut memperingati World Sight Day 2019 dengan tetap menjaga komitmennya dalam menghadirkan pencahayaan yang nyaman di mata untuk semua. Hal ini diakui oleh 86% penduduk dunia bahwa pencahayaan yang baik (good lighting) erat kaitannya dengan peningkatan kesehatan mata.
Signify World Sight Day
Dengan Philips LED EyeComfort
Kriteria EyeComfort ala Signify
Sebanyak 74% orang Indonesia menghabiskan lebih dari 8 jam aktifitas di bawah cahaya lampu. Kamukah salah satunya? Terlalu lama berada di bawah cahaya lampu selain merusak kesehatan mata bisa menimbulkan efek sakit kepala, mual, hingga muntah. Pencahayaan lampu yang baik sangat berpengaruh dalam menunjang aktifitas dan membuat diri menjadi lebih produktif.

Aku sendiri termasuk yang mengalami sakit mata hingga mata terasa tidak nyaman karena terlalu lama beraktifitas di bawah cahaya lampu yang tidak sesuai dan juga terlalu lama bekerja dengan di depan layar monitor gadget. Ngeri banget membayangkan jika kesehatan mataku terganggu. Kekhawatiran itu juga dirasakan oleh 50% responden di Indonesia yang khawatir kehilangan fungsi indera penglihatan. Yakin banget kalau penglihatan dan kesehatan mata terganggu itu sangat tidak enak.

Ilmuwan Signify mengembangkan parameter berupa delapan (8) kriteria EyeComfort yaitu:
1.       Tidak terlihat kedip (flicker)
2.       Kemampuan untuk mengubah terang lampu (dimmable)
3.       Kemampuan untuk mengubah temperatur warna (tuneable)
4.       Kemampuan untuk menampilkan warna yang dihasilkan dibandingkan sumber warna
5.       Efek Stroboskopik yang mampu membuat objek dobel atau sebaliknya
6.       Keamanan cahaya biru (fotobiologis)
7.       Refleksi benda yang menyebabkan warna berubah (color rendering)
8.       Tidak ada suara yang timbul dari lampu (noise)

Rami Hajjar selaku Country Leader Signify Indonesia menegaskan komitmen Signify dalam menghadirkan pencahayaan LED yang berkualitas tinggi. “Kriteria EyeComfort memungkinkan kami untuk memastikan bahwa kami menjawab kebutuhan konsumen, “ Rami Hajjar.
Dengan hadirnya pencahayaan yang EyeComfort diharapkan mampu meningkatkan produktifitas untuk meraih impian. Bohlam Philips LED MyCare yang diluncurkan tahun lalu dilengkapi dengan paten teknologi Interlaced Optics yang terinspirasi dari biji bunga matahari yang mampu menyebarkan dan memantulkan cahaya dengan lebih luas dan merata. Dengan cahaya yang lebih merata memungkinkan cahaya menjadi tidak terlalu silau dan tidak menganggu aktifitas.

rami hajjar signify
Rami Hajjar dan Narasumber


Yang Baru dari Philips LED EyeComfort
Dalam kesempatannya 31 Oktober lalu di Hotel Fairmont-Senayan, Signify juga memperkenalkan Philips MyCare LEDStick dengan teknologi penerangan hingga 70% lebih sedikit tingkat kesilauannya dan ramah lingkungan dengan jejak karbon yang rendah serta tidak mengandung merkuri. Lampu Philips MyCare LEDStick ini hadir dalam dua pilihan warna yaitu putih (cool daylight) dan kuning (warm white) dengan daya mulai dari 5,5 Watt hingga 9,5 Watt.

Philips LED MyCare EyeComfort

Signify juga menghadirkan Philips LED Downlight Meson dalam bentuk bundar dan persegi. Philips LED Downlight ini dapat dipasanga di permukaan langit dengan mudah dan tersedia daya mulai dari 3,5 Watt hingga 24 Watt. Kelebihan lainnya dari lampu ini memiliki berbagai ukuran yang dapat disesuaikan dengan ruang.

Tips Kesehatan Mata
Untuk menjaga kesehatan mata juga perlu didukung dari dalam tubuh. Penuhi kebutuhan nutrisi mata dengan vitamin A melalui wortel maupun sayuran yang berwarna orange maupun hijau yang banyak mengandung karoten. Asupan vitamin A harus disertai protein untuk mengantarkan sampai ke mata. Jangan lupa juga lengkapi asupan zinc untuk kesehatan mata. Zinc bisa kamu dapatkan dari kacang-kacangan dan makanan laut.

Life Juice


Gunakan Rumus 20-20:  20 menit mata untuk melihat dan 20 detik untuk mengistirahatkan mata

Kenali juga gejala mata lelah pada diri kamu. Jangan sampai kejadian seperti aku yang menyebabkan mata kering, susah berkedip dan serasa ada yang mengganjal di kelopak mata.

Gejala Mata Lelah:
1.       Refleks kedip berkurang
2.       Memaksa mata untuk melihat dalam penglihatan redup
3.       Mata sakit terkena paparan cahaya yang terlalu terang
4.       Mulai terjadi gangguan refraksi yang menyebabkan perlunya penggunaan kacamata
Mari kita dukung World Vision 2020 bersama World Health Organization (WHO) untuk tumpaskan gangguan penglihatan agar tidak lagi menjadi masalah besar. Mari bersama menjaga kesehatan mata sebelum terlambat. Rutin periksakan mata setiap 2 tahun sekali dan anak anda setiap 6 bulan sekali. Kenali gejalanya dan gunakan lampu yang tepat untuk aktifitas kamu.

14 komentar:

  1. Kujadi bertanya-tanya, sepertinya lampu yang punya 8 kriteria EyeComfort itu harganya mahal ya? Eh saya baru ngeh dengan aturan 20 menit - 20 detik untuk kesehatan mata itu. Wah pantesan mataku cepat berasa kering

    ReplyDelete
  2. Penggunaan lampu EyeComfort itu seperti lampu LED biasakah? Jadi penasaran pencahayaannya seperti apa, ya? Aku kayak baru sadar juga kalau sebagian besar aktivitas memang melibatkan cahaya lampu.

    Selain itu, aku jadi merasa bersalah nih sama mataku, belum pernah lho aku memeriksakan kondisi mata secara rutin ke dokter. Wah, sudah harus ada self awarenss nih, ya. Baik dari sisi kesehatan mata, nutrisi, sekaligus peralatan yang digunakan.

    ReplyDelete
  3. Betul juga. Penting nih tau cahaya yang sehat buat mata. Aku kayaknya belum tau varian ini

    ReplyDelete
  4. Philips produknya emang keren-keren euy. Kualitas memamng yang terbaik di Indonesia.

    ReplyDelete
  5. Ku baru tau teknologi dari Bohlam Philips LED MyCare, besok saatnya berganti ke Philips deh kalau ternyata bagus banget.

    ReplyDelete
  6. Aku sudah pakai Philips LED EyeComfort, pas untuk belajar anak-anak dan cocok dipasang diruang keluarga

    ReplyDelete
  7. Iya banget min aku kalo ngeliat cahaya yang padang banget misalnya lampu motor itu silau dan ga bisa liat apa2. Aku belum make LED philips nih wajib ganti

    ReplyDelete
  8. Sip pakai rumus 20-20 ya, kak? Jadi ga mudah lelah matanya. Bener banget itu. Kadang kalau lagi asyik nulis suka lupa dengan rumus 20-20 itu.

    ReplyDelete
  9. Produk Philips emang bagus yah kak, mulai dari bohlam nya sekarang ada namanya Led Eye comfort khusus buat belajar yah

    ReplyDelete
  10. Aku dirumah pakai philips LED memang bikin mata sehat dan gak bikin malas baca jadinya.

    ReplyDelete
  11. Acaranya seru banget dan bergizi yaa... Mana ada. Jus buat mata juga...dan menurutku keren banget si Philips ini karena concern sama kesehatan mata juga...krn mata mrpk aset penting yg kudu dijaga

    ReplyDelete
  12. sekitar pagi tadi daku juga lihat tips kesehatan mata yang 20-20 ini, apalagi buat kita yang nggak jauh dari gawai ya penting banget ini

    ReplyDelete
  13. Memang kebanyakan orang kurang peduli ya dengan kesehatan mata. Sering banget tuh main hape di kamar pas mau tidur dan lampu dimatiin. Pantes aja minusku tambah

    ReplyDelete
  14. Mata adalah nikmat terbesar yang diberikan Allah yaa, kak Resi.
    Aku yang uda minus dari kecil terasa sekali gak enaknya memiliki mata minus. Jadi mesti ikut saran dari tulisan kak Res niih... 20-20 dan makan makanan yang bagus untuk kesehatan mata.

    ReplyDelete

kataresi.com 2019. Powered by Blogger.