Gejala Parkinson dan Penanganannya Bersama RS Premier Jatinegara


Penyakit Parkinson umumnya dikenal sebagai penyakit tua alias penyakit usia lanjut karena banyak dialami oleh orang yang berusia lebih dari 60 tahun. Pengetahuan seputar penyakit Parkinson masih awam di Indonesia. Beruntungnya aku mendapat kesempatan mengenal informasi penyakit Parkinson langsung dari ahlinya Dr. Sukono Djojoatmodjo, Sp.S, seorang dokter ahli syaraf RS. Premier Jatinegara pada acara Blogger Gathering – Mengenal Parkinson hari Kamis lalu 7 November 2019.

RS Premier Jatinegara
RS Premier Jatinegara

Parkinson dan Gejala
Menurut keterangan yang kuserap dari Dr. Sukono Djojoatmodjo, Sp.S penyakit Parkinson disebabkan oleh polusi dan. Polusi yang dimaksudkan di sini adalah exposure pestiside berupa paparan pestisida yang bukan hanya ada di polusi udara saja melainkan juga dari polusi makanan maupun yang tidak sehat. Udara, makanan maupun minuman yang tidak sehat itu bisa mengandung zat-zat radikal yang nantinya akan menumpuk di tubuh kita lalu terakumulasikan. Efek dari polusi itulah yang nantinya bisa menyebabkan timbulnya penyakit Parkinson.

Time is Brain, Setiap 2 menit sel saraf kita rusak. Segera periksakan jika terlihat gejala ke unit khusus  – Dr. Sukono Djojoatmodjo, Sp.S

dr. sukono djojoatmojo
Dr.Sukono Djojoatmodjo, SP.S

Bukan tidak mungkin juga jika penyakit Parkinson ada pada usia muda. Faktor genetik (turunan) juga bisa berpengaruh timbulnya penyakit Parkinson pada usia muda. Umumnya penyakit Parkinson genetik dominan terjadi pada kaum laki-laki dan menurun di anak laki-laki dengan jumlah 3 banding 2. Mungkin itu sebabnya juga dalam pernikahan Jawa harus melihat bibit, bebet, bobot pasangan ya.

Untuk itu kamu perlu ketahui gejala khas dari penyakit Parkinson. Mulai dari timbulnya tremor atau gemetaran setiap saat atau bahkan dalam kondisi diamnya seseorang. Kekakuan pada tubuh yang mungkin orang tidak ngeh dan terkadang diasumsikan hanya sebagai kelebihan kolesterol atau asam urat padahal itu salah satu gejala khas juga dari penyakit Parkinson. Gejala khas lainnya adalah kelambanan gerak gerik pada tubuh. Bisa terlihat nyata ketika berjalan. Seseorang dengan penyakit Parkinson sangat kesulitan untuk berjalan dengan baik terkadang hanya berupa langkah kecil bahkan untuk memutar balikkan badan atau arah ketika berjalan juga susah. Tidak semudah orang normal berjalan.
 
parkinson
Gejala khas Parkinson
Pada penyakit Parkinson ada gejala non motorik yang tak terlihat dan seharusnya bisa diwaspadain. Gejala Parkinson itu ibarat gunung es di lautan dimana gejala khasnya kecil saja terlihat di permukaan namun sesungguhnya gejala non motorik lainnya lebih besar daripada gejala khasnya.

Gejala Non Motorik Penyakit Parkinson:
1.      Gangguan Penghidu atau biasa diketahui sebagai gangguan indera penciuman. Seseorang dengan penyakit Parkinson akan sukar mengenali aroma atau bau
2.      Gangguan tidur yang rutin melanda mungkin hampir setiap hari yang terjadi bukan karena stress. Ini juga perlu diwaspadai sebagai gejala Parkinson
3.      Kesulitan membuang air besar
4.      Mudah mengantuk. Bisa dikategorikan sebagai gejala Parkinson jika disertai dengan gejala non motorik dari Parkinson dan bukan sebagai gejala diabetes.
5.      Saat berbicara artikulasinya tidak jelas, seperti orang menggumam saja
6.      Tekanan darah rendah
7.      Halusinasi seperti menganggap yang tiada menjadi ada atau hidup

Gejala lain dari Parkinson yang terlihat adalah ekspresi wajah kaku, tubuh cenderung membungkuk (bongkok), keseimbangan tubuh terganggu dan sering mudah jatuh. Lekas segera bawa ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan jika orang terdekat atau anggota keluargamu sudah terindikasi dengan penyakit Parkinson.

Penyakit Parkinson adalah penyakit degenaratif dan tidak bisa disembuhkan. Parkinson hanya bisa dihambat agar tidak terjadi terus menerus. Penyakit Parkinson sangat erat hubungannya dengan syaraf dalam tubuh kita, terjadi akibat protein berbakteri yang bisa menyebabkan gangguan di penghantar syaraf kita. Dokter ahli syaraf yang akan menangani penyakit Parkinson dan jenis pengobatan tergantung pada tingkat Parkinson. Pengobatan dimulai dari obat oral yang diresepkan (bukan obat bebas), lalu meningkat ke obat infus dan tindakan terakhir adalah operasi untuk Parkinson yang sudah tingkat lanjut. Operasi untuk Parkinson ini adalah DBS (Deep Brain Stimulation) yang akan memperbaik dan menstimulasi syaraf agar bisa bekerja dengan semestinya pada tubuh kita.

Klinik Parkinson RS. Premier Jatinegara
Tidak ada alat deteksi dini untuk penyakit Parkinson ini dan setiap tahunnya penderita Parkinson semakin bertambah. Dengan kondisi lingkungan seperti sekarang ini penyakit Parkinson menjadi kekhawatiran penyakit no.2 di dunia setelah Alzaimer. Dengan rendahnya pengetahuan masyarakat Indonesia tentang penyakit Parkinson di saat dunia atau negara lain sudah mulai peduli dan mempunyai klinik khusus Parkinson maka RS. Premier Jatinegara berinisiatif membuat klinik khusus Parkinson.
 
RS Premier Jatinegara
Gedung RS Premier Jatinegara

RS Premier Jatinegara
Pusat Informasi RS Premier Jatinegara

RS Premier Jatinegara
Poliklinik RS Premier Jatinegara
RS Premier Jatinegara memiliki empat (4) gedung layanan yaitu gedung rawat inap, poliklinik, utility yang berisi persediaan obat dan gedung parkir khusus. Untuk mengakses ke lokasi RS. Premier Jatinegara ini cukup mudah. Kamu bisa memilih naik KRL (commuter line) lalu turun di stasiun Jatinegara atau dengan bis transjakarta yang ke arah Kampung Melayu lalu turun tepat di depan RS. Premier Jatinegara.

Terima kasih RS Premier Jatinegara untuk ilmunya seputar penyakit Parkinson. Semoga terus ada kelas-kelas kecil atau gathering seperti ini agar informasi langsung dari ahlinya bisa diketahui oleh lainnya. Mari bersama lakukan pola hidup sehat, makanlah makan yang sehat, rutin berolahraga dan kenakan masker dalam perjalanan. Terima kasih juga untuk hadiah door prize voucher medical checkupnya. Bakalan segera kumanfaatkan untuk memeriksakan diri.

RS. Premier Jatinegara
Jl. Raya Jatinegara Timur no. 85-87
Jatinegara - Jaktim
Call Center 1500.908




9 komentar:

  1. Mantappp bebb,,, pokoknya kalau udah tau gini wajib bangt buat kita mengkonsumsi makanan sehat dan jgn lupa bnyakin minum air putih

    ReplyDelete
  2. Tremor ternyata salah satu gejala aWal parkinson ya.
    Duh..makanan yg ngga sehat banyak bertebaran d sekitar kita. Agak ngeri juga euy. Baiklaahh. Mari kita terapkan healthy lifestyle. Semangaattt

    ReplyDelete
  3. Aku malah baru kenal ini penyakit parkinson. Kirain tremor dan gemetaran itu tidak penyakit berbahaya. Keren ya rs. Premier jatinegara ada khusus ahli sarafnya

    ReplyDelete
  4. wah gejala non motoriknya harus diwaspadai banget nih kak.. kalo kita gak aware malah gak nyadar kalo itu parkinson yak

    ReplyDelete
  5. Wahjd enggak bisa disembuhkan tapi operasi bisa mengurangi sedikit beban gtu ya. Bener2 kudu harus diwaspadai gtu ya penyakit ini mbak. Btw RSnya apik dan lengkap ya teknologinya

    ReplyDelete
  6. Senangnya bisa mendapatkan langsung Ilmu kesehatan dari pakarnya ya Min. Alhamdulillah semoga kita semua selalu terjaga kesehatannya. Aamiin.

    ReplyDelete
  7. Asyik ya RS Premier buka klinik khusus untuk parkinson. Jadi bisa dapat penanganan yang tepat dan cepat ya kak

    ReplyDelete
  8. udah saaatnya kita mulai update dengan berbagai penyakit ya, supaya lebih tahu dan cepat penanganannya

    ReplyDelete
  9. Gemetar, kekakuan, kelambanan ... hm, 3 hal ini perlu diperhatikan ya jangan sampai datang sebagai gejala parkinson.

    ReplyDelete

kataresi.com 2019. Powered by Blogger.