Menuju Indonesia Maju Bersama Netizen dalam Lomba Media Sosial Sekretariat Kabinet


Tahukah kamu kalau pemerintahan yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla atau lebih dikenal dengan Jokowi-JK saat ini berada di tahun keempat. Sudah cukup banyak program pemerintah yang terealisasi selama ini melalui peran kementerian dan lembaga yang bergerak mewujudkannya. Banyak kementerian dan lembaga yang sudah mempublikasikan kinerja program pemerintah, salah satunya terdapat sekretariat kabinet yang turut berperan aktif dalam menyebarluaskan informasi seputar kinerja pemerintah dan merupakan bentuk dukungan pengelolaan manajemen kabinet Presiden dan Wakil Presiden dalam proses penyelenggaraan pemerintahan.

Sekilas tentang apa itu Sekretariat Kabinet kita harus tahu bahwa Sekretariat Kabinet adalah Lembaga Pemerintah yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Presiden. Sekretariat Kabinet dipimpin oleh Sekretaris Kabinet berdasarkan Peraturan Sekretaris Kabinet Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja Sekretariat Kabinet.

Lomba Media Sosial Sekretariat Kabinet
Dengan mengusung tema menggunakan hastag #MenujuIndonesiaMaju, Sekretariat Kabinet (setkab) merilis berbagai lomba media sosial pada 26 Maret 2018 lalu yang diresmikan oleh DR.Ir.Pramono Anung, M.M sebagai sekretaris kabinet di aula Gedung III Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta. Acara launching media sosial juga dihadiri oleh Wakil Sekretaris Kabinet (Waseskab) Ratih Nurdiati, Direktur Utama Bank Mandiri, Kartika Wirjoatmodjo, Wakil Dirut Bank Mandiri Sulaiman Arif A, Deputi Seskab Bidang Polhukam Fadlansyah Lubis, Deputi Seskab Bidang PMK Surat Indijarso, Deputi Seskab Bidang Dukungan Kerja Kabinet Yuli Harsono dan Staf Ahli. Bank Mandiri hadir untuk mendukung penuh penyelenggaraan lomba.

Mengapa media sosial? Media sosial dianggap memiliki peran yang sangat dahsyat dalam menyebarkan informasi. Netizen tinggal memilih untuk menjadi seorang haters atau lovers, as easy as it. Suara netizen terbilang jujur dalam menyuarakan pendapat di media sosial dan itu sangat berharga bagi pemerintah. “Netizen menyampaikan pesan mengenai apa yang dilakukan oleh pemerintah apa adanya itu diperlukan, tidak perlu ditambah-tambah,” lugas Pramono Anung mengenai pendapat netizen di media sosial. Pramono Anung juga menegaskan peran netizen sangat penting dalam mengedukasi publik.


Sekretariat kabinet mengadakan lomba media sosial untuk #MenujuIndonesiaMaju di lima platform media sosial, Facebook, Instagram, Twitter, Youtube dan Blog. Lomba media sosial sekretariat kabinet terselenggara selama 9 bulan lamanya, mulai dari Maret hingga November 2018. Setiap bulannya ada tiga jenis melalui medsos sekretariat kabinet. Untuk yang belum follow medsos setkab yuk difollow.

Media Sosial Sekretariat Kabinet
Twitter @setkabgoid
Instagram @sekretariat.kabinet
Fanpage FB @setkabgoid.

Mekanisme Lomba Media Sosial Sekretariat Kabinet
Untuk platform Twitter berupa lomba membuat moments/kultweet/chirpstory yang berhubungan dengan seberapa jauh dampak kebijakan yang telah dilakukan oleh pemerintah terkait program prioritas dan lomba TTS (Teka Teki Silang) dengan periode lomba April – November 2018.



Untuk platform Instagram berupa lomba membuat vlog atau video pendek berdurasi 1 menit dengan tema yang sudah ditentukan dan lomba menemukan kata dalam kotak.



Untuk platform Facebook berupa lomba TTS (Teka Teki Silang) seperti di twitter dan lomba mengisi kata yang hilang dari pidato Presiden ataupun pidato sekretaris kabinet.


Untuk Blogger juga tak ketinggalan ada Lomba Blog Setkab juga dengan ketentuan menulis blog dengan tema #MenujuIndonesiaMaju di blog pribadi sebanyak 500 – 1500 kata lalu share tulisan blog di twitter dan gunakan hastag yang sama dan mention @setkabgoid. Periode lomba blog sudah berakhir di bulan September lalu.


Untuk platform Youtube berupa lomba membuat vlog dengan durasi video maksimal 5 menit dengan tema pembangunan infrastruktur di Indonesia beserta manfaat dari pembangunan tersebut untuk masyarakat. Boleh juga membuat film pendek dengan tema program prioritas pemerintah di bidang maritim, energi, pangan dan wisata. Satu orang peserta hanya boleh mengirimkan satu vlog atau film pendek untuk dilombakan. Periode lomba di Youtube ada dua di Mei – Juli 2018 dan Oktober – Desember 2018. Jadi masih ada kesempatan nih untuk yang berminat. Jangan lupa upload video kamu ke Youtube dengan format judul [#MenujuIndonesiaMaju – Judul Vlog/Film Pendek] #MenujuIndonesiaMaju dan #PembangunanMaju.

Para Pemenang Lomba Media Sosial Setkab
Selamat ya untuk para pemenang lomba media sosial Sekretariat Kabinet yang sudah berhasil mendapatkan tabungan dari Bank Mandiri dengan nominal mulai dari 1 juta. Total hadiah untuk lomba medsos ini senilai Rp 107 juta, dibagi untuk pemenang lomba Youtube sebanyak Rp 29 juta, pemenang lomba blog sebanyak Rp 6 juta, pemenang lomba twitter, facebook dan instagram masing-masing total Rp 24 juta. Semoga di tahun 2019 mendatang Sekretariat Kabinet juga mengadakan lomba lagi untuk yang belum berhasil jangan patah semangat.

Pemenang Lomba Medsos Setkab April 2018



Pemenang Lomba Medsos Setkab Mei 2018



Pemenang Lomba Medsos Setkab Juni 2018



Pemenang Lomba Medsos Setkab Juli 2018



Pemenang Lomba Medsos Setkab November 2018




11 komentar:

  1. Lombanya keren ya, mengundang kreatifitas. Waktu itu sempat pengen ikut, kayanya lupa deh, hehe

    ReplyDelete
  2. Huaaaa telat banget yes tau lombanya ,,btw selamat deh buat para pemenang diatas semoga rejekinya nular.

    ReplyDelete
  3. Selamat ya para pemenang, coba tahu lebih awal, bisa ikut meramaikan nih.

    ReplyDelete
  4. Selamat ya buat teman teman yang menang. Insya Allah sampai pesannya ke segala penjuru negeri melalui lomba medsos ya

    ReplyDelete
  5. Wah keren lomba nya dan sdh pengumuman , selamat ya untuk para pemenang semoga sampai pada sasarannya

    ReplyDelete
  6. Wuih sebenernya lombanya hampang gampang ya jawabannya. Nyesel gabikutan deh

    ReplyDelete
  7. Wuih sebenernya lombanya hampang gampang ya jawabannya. Nyesel gabikutan deh

    ReplyDelete
  8. Inovasi yang kreatif dengan menyertakan masyarakat/netizen menyampaikan aspirasinya lewat lomba

    ReplyDelete
  9. wah banyak juga lombanya..sering sering deh ngdaian lomba di sesmed..siapa tahu next bisa ikutan

    ReplyDelete
  10. Lombanya cukup lama periodenya dan hadiahnya belimpah ya mbak :D
    Sayang kmrn gak sempet ikutan.
    Salut buat Setkab bikin lomba2 kyk gini supaya lbh deket ma rakyat :D

    ReplyDelete
  11. Selamat untuk para pemenang lombanya, sayang banget kemarin nggak ikutan lomba ini

    ReplyDelete

kataresi.com 2018. Powered by Blogger.