Superqurban, Solusi Kurban ala Rumah Zakat


Alhamdulillah Setelah hari raya idul fitri telah berlalu, tak lama lagi kita akan merasakan kembali maraknya suasana hari raya Idul Adha atau yang lebih dikenal dengan sebutan lebaran haji. Bersama Rumah Zakat yang kini sudah berusia 20 tahun mengajak kita untuk lebih semangat dalam berkurban. Aku berkesempatan hadir dalam perayaan 20 tahun Rumah Zakat bersama Komunitas Emak Blogger (KEB) di Gelora Bung  Karno, Jakarta.


Yah... ada permintaan pasti ada penawaran bukan...?! Ganjaran pahala besar membuat mereka yang berada dalam kategori mampu saling berlomba untuk berkurban di hari raya nanti, dan karena mereka (baca: orang mampu) lebih banyak berada di perkotaan besar, maka tak heran jika ‘kemeriahan’ hari raya idul Adha dengan banyaknya para penjaja hewan kurban ini lebih ‘terasa’ dibanding pelosok daerah. Mendukung perayaan Rumah Zakat dan semarak Idul Adha hadir Ketua MPR Zulkifli Hasan yang diberikan anugerah sebagai tokoh peduli zakat dan pemberdayaan Ekonomi dari Rumah Zakat.  Hadir juga Eko Putro Sandjojo sebagai Menteri Desa Pengembangan Daerah Tertinggal/PDTT dan Transmigrasi yang juga mengingatkan kita keutamaan berzakat.
 
Ketua MPR Zulkifli Hasan
Penerima Penghargaan dari Rumah Zakat

Padahal seperti kita ketahui bersama, masyarakat dalam kategori kurang mampu yang notabene banyak berasal dari pelosok daerah tersebut lah yang seharusnya lebih layak menerima daging kurban tersebut. Pada akhirnya tanpa disadari, setiap tahun selalu terjadi semacam ketimpangan sosial di masyarakat kita. Ada begitu banyak daging kurban yang sampai disimpan begitu lama dalam freezer di daerah perkotaan, namun sebaliknya ada juga pelosok-pelosok daerah yang sampai kurang merasakan ‘suasana’ hari raya idul adha tersebut saking tidak ada yang berkurban di desanya tersebut.


Perkedel Daging ala Superqurban


Tak hanya itu saja, ada data yang menunjukan kalau tingkat konsumsi masyarakat Indonesia dalam mengkonsumsi daging amat rendah. Mengingat pentingnya kandungan gizi pada daging tersebut tentu membuat pernyataan ini amat disayangkan. Mau tidak mau harus kita akui kalau apa yang kita konsumsi sehari-hari juga akan mempengaruhi masa depan bangsa Indonesia secara keseluruhan.

Kurang lebih itulah yang melatar belakangi Rumah Zakat yang dulu lebih dikenal dengan sebutan Dompet Sosial Ummul Quro (DSUQ) untuk mencoba bersinergi dalam mengatasi masalah sosial yang terjadi pada masyarakat tersebut melalui optimalisasi program ibadah kurban. Salah satu caranya adalah dengan mengolah daging kurban itu menjadi makanan olahan yang lebih tahan lama.

Kemasan Super Qurban

Risoles Kornet Kambing ala Superqurban

Superqurban, begitu nama yang disematkan pada produk olahan daging kurban dari Rumah Zakat ini. Superqurban yang berupa kornet dan rendang dalam kemasan ini diharapkan dapat menjadi cadangan makanan yang dapat dimanfaatkan lebih lama dan berkelanjutan serta memudahkan alokasi penyebaran daging kurban tersebut ke pelosok-pelosok daerah di Indonesia tanpa terkendala waktu.

Hingga saat ini sudah ada 4,2 jt kaleng Superqurban yang didistribusikan di Indonesia dan mancanegara, dengan total penerima manfaat lebih dari 2 juta. Ternyata selain disebarkan ke 34 provinsi yang ada di Indonesia, Superqurban ini juga disalurkan pada saudara-saudara kita yang berada di Palestina, Filipina, Nepal, Myanmar, Bangladesh, Somalia dan Syria. Superqurban siaga bencana, siaga gizi dan penyerahan langsung kepada peserta dan yang berhak menerima qurban.  

Sekilas tentang Rumah Zakat, ternyata mereka tak hanya mengelola Superqurban itu saja, tapi juga ikut menyalurkan amanah zakat, infak, shadaqah (ZIS) para donatur kepada lebih dari 27 juta penerima layanan manfaat (PLM) yang terdiri dari 9.268.338 PLM di bidang kesehatan, 5.933.392 PLM di bidang pendidikan,4.159.233 PLM di bidang ekonomi, dan 8.049.985 PLM di bidang pendidikan yang tersebar dari Aceh hingga Papua.

Angka-angka tersebut jelas menunjukan tingkat kepercayaan masyarakat yang begitu besar terhadap Rumah zakat. Jadi, buat kalian yang juga ingin ikut andil dalam program Superqurban tadi tidak perlu ragu lagi ya. -RGP-

Rumah Zakat
Sms center : 0815 7300 1555
CS              : 0804 100 1000
Email         : welcome@rumahzakat.org




7 komentar:

  1. Semoga tahun ini kita juga bisa ikut berqurban ya mba. Aamiin.

    ReplyDelete
  2. Salut dengan Rumah Zakat yg mendukung pemerintah memberdayakan desa tertinggal. Semoga penyaluran qurban ini tepat sasaran.

    ReplyDelete
  3. Mantap udh 20 tahun usia Rumah Zakat. Terus juga ada pemberdayaan masyarakat di desa tertinggal. Keren!

    ReplyDelete
  4. Rumah zakat berinovasi lewat produk superqurban uang bisa didistribusikan ke selurih daerah pelosok Indonesia dan mancanegara yang sedang membutuhkan :)

    ReplyDelete
  5. Ini solusi Qurban paling kreatif menurutku. Inovatif Dan sudah terpikir sejak 12 tahun lalu. Keren banget RZ mah

    ReplyDelete
  6. program dari RZ bagus banget ya mbak dengan superqurbann nya karna bisa menjangkau sampai ke pelosok-pelosok Indonesia bahkan ke luar negri pun bisaa..

    ReplyDelete
  7. Setau saya qurban di rumah zakat itu lebih terjangkau harganya. Bisa jadi solusi nih buat kita yg pingin qurban, tapi uangnya masih kurang buat beli hewan qurban di daerah sendiri...

    ReplyDelete

kataresi.com 2018. Powered by Blogger.