Gunpla Expo 2018, Momen Paling Ditunggu Fans Gundam


Pekan lalu (21/7) bersama komunitas Blogger Mungil berkesempatan hadir dalam acara Gunpla Expo. Nama Gunpla di beberapa kalangan mungkin masih asing di telinga ya. Beda hal mungkin kalau dengar nama Gundam yang lebih familiar. Gunpla mempunyai kepanjangan Gundam Plamodel Exposition. Gundam adalah mainan karakter yang diciptakan dari sebuah animasi Jepang. Gundam lebih banyak yang berbentuk robot dan untuk mendapatkan bentuk yang utuh kamu harus sabar dalam merangkainya. Aku boleh terhitung pemula dalam mengkoleksi mainan Gunpla ini, hanya sekedar merakitnya sesuai panduan tanpa modifikasi macam-macam seperti kolektor lainnya.



Keseruan Gunpla Expo 2018
Gunpla sering mengadakan expo yang berskala internasional, yang dinamakan Gunpla Expo. Sebelumnya Gunpla Expo pernah diadakan di Malaysia, Filipina, Thailand, Singapura, Taiwan dan lainnya. Gunpla Expo 2018 di Indonesia kali ini berlangsung di Mall Of Indonesia mulai dari 20 Juli hingga 5 Agustus 2018. Gunpla aneka model dan ukuran ada disini. Banyak Gunpla model terbaru juga yang akan segera rilis.. Kamu juga bisa mendapatkan 20 Gunpla edisi terbatas di Gunpla Expo ini. 


Pengunjung terpesona dengan Gunpla

Keseluruhan Gundam yang ada mencapai total seribu varian karakter yang berbeda sejauh ini. Karakter yang ada sesuai dengan serial televisi Gundam yang diputar di Jepang. Di Indonesia, mainan Gunpla dipegang oleh Multi Toys & Games yang juga menjadi distributor resmi dari berbagai perusahaan mainan besar lainnya, seperti Hot Toys, Bandai, Good Smile, Kotobukiya, Square Enix dan Beast Kingdom. 

Mr. Tomizawa dari Bandai Co.Ltd dari Jepang hadir langsung menunjukkan apresiasinya untuk Gunpla Expo oleh Multitoys terlihat lebih semarak serbuannya dari penggemar Gundam dibandingkan tahun lalu. Mr. Tomizawa juga kolektor Gundam dan termasuk kelas berat dalam hal merakit Gundam level MG (master grade) hanya dalam waktu 20-30 menit saja. Mr. Yohannes sebagai Direktur Multi Toys juga termasuk kolektor dan kenal dengan Derby Romero sedari Derby masih duduk di bangku sekolah sering membeli gundam di tokonya hingga kini Derby menjadi pelanggan setia.
 
Konferensi Pers Gunpla Expo 2018
Marcelino Lefrandt juga hadir meramaikan karena termasuk kolektor sedari kecil. Marcelino sudah mengincar beberapa Gundam yang ada di Expo. Berbeda dengan Derby dalam hal mengoleksi dan membeli lebuh puas jika membelinya perlahan dibandingkan membeli sekaligus. Marcelino dan Derby mempunyai lemari khusus koleksi Gundamnya. Merakit Gundam menjadi kepuasan dan pelepas penat bagi banyak orang termasuk aku.


Kunjungan Anak Sekolah ke Gunpla Expo 2018

Di Gunpla Expo kita juga bisa melihat kehadiran kunjungan anak-anak sekolah dasar bersama gurunya dan bersama merakit Gunpla. Kunjungan anak-anak sekolah ternyata menjadi program dari Bandai di seluruh dunia. Tujuannya untuk melatih kreatifitas dan daya imajinasi anak dengan merakit Gunpla dan melihat berbagai bentuk Gunpla.

Aku dan Gunpla
Aku termasuk orang yang masih menyukai mainan di usiakuyang sudah kepala tiga ini. Melihat mainan, memainkannya bersama keluarga atau merakitnya menjadi pelepas stres buatku. Tertawa bersama ketika bermain dengan mainan dan membuat cerita dari mainan itu sungguh menyenangkan. Sebelum datang ke Gunpla Expo 2018 ini aku memiliki dua mainan Gunpla dirumah, model Petit Guy SD dan SD Gundam. Biasalah suka karena bentuknya imut di mataku dan merakitnya bersama pasangan menjadi momen bersama kami.


Gunpla Seri Petit Guy

Gunpla Seri SD

Sebelum mengikuti konferensi pers Gunpla Expo aku menyempatkan beli Gunpla seri Petit Guy warna hijau yang aku suka karena bentuknya beruang dan SD Rx 772 Guncannon untuk koleksi. Semakin senang ketika mendapat dua gunpla terbaru yaitu Gundam oo Diver dan Haro Diva Red untuk apresiasi media dan blogger yang hadir. Di Gunpla Expo setiap satu orang boleh melakukan satu kali pembelian Gunpla edisi terbatas yang ada pilihannya dan aku pun membeli Gunpla Petit Guy yang Unicorn White saat itu. Setiap pembelian minimal 250 ribu kamu bisa mendapatkan kesempatan Lucky Draw dan kupon dengan nomer untuk diundi di website gundam.info sebagai bentuk kampanye Gunpla 2018. Program kampanye diikuti oleh pembeli Gunpla di Asia dan berkesempatan memenangkan berbagai macam merchandise ataupun Gunpla khusus. Aku mendapatkan tiga nomer undian saat pembelian di hari kelima Expo. Aku membeli seri Gundam Operation V, Bear Guy Pretty dan Gundam Barbatos Clear Color seri terbatas. Kampanye berlangsung hingga akhir September 2018.


Aku pun sempat berkenalan dengan beberapa penjaga di Gunpla Expo yang ternyata beberapa diantaranya berasal dari Komunitas Gundam. Mereka diperbantukan oleh pihak Multi Toys untuk merakit dan mendampingi. Dari obrolan kami sangat terlihat fanatiknya mereka dengan Gundam ini dari mulai film-filmnya, level Gunpla bahkan cara merakit yang baik aku dapat ilmunya dari mereka. Merakit Gunpla juga ada tekniknya sendiri untuk mendapatkan bentuk dan body yang mulus pada Gunpla.

Gunpla ternyata ada tingkatan berdasarkan bentuk dan kerumitan rangkanya. Mulai dari SD (standar grade) yang kecil, HG, RG, MG hingga Perfect Grade. Yang paling mahal harganya ada di Perfect Grade (PG), tingkat kerumitannya pun lebih tinggi, ada rangka body dalamnya dan bentuknya lebih besar daripada lainnya. Coba kamu merakit Gunpla sekali, dijamin ketagihan.
-RGP-



0 komentar:

Post a Comment

kataresi.com 2018. Powered by Blogger.