Pilihan Kerja Nyaman dan Pasti di Danone


Selasa lalu aku terpilih mengikuti Danone Talent Management untuk mengenal Danone lebih dekat mulai dari seluk beluk perusahaannya, pekerjanya sampai ke suasana kerja yang ada di Danone Indonesia, Gedung Cyber 2 Kuningan. Bekerja di Danone menjadi incaran lulusan jaman sekarang yang didominasi angkatan milenial. Kita harus mengetahui pastinya perusahaan seperti apa yang akan menjadi tempat kita bekerja sebelum melamar meski tawarannya menggiurkan. Itu sudah menjadi kebiasaanku.

Lingkungan Kerja Nyaman di Danone


Seluk Beluk Danone          
Nama Danone mungkin tidak asing lagi, tapi siapa yag sangka ya kalau merek Aqua yang tersohor sebagai minuman air mineral itu juga salah satu produk dari Danone. Jangan salah, ternyata produk Danone selain Aqua juga banyak. Sejarahnya tentang Aqua sendiri sudah ada di Indonesia dari tahun 1973, tepatnya sudah berusia 45 tahun di tahun 2018 ini.

Arif Mujahidin, Corporate Communication Danone perlahan membuka seluk beluk Danone kepada kami. Danone selama ini mempunyai visi untuk memberikan produk berkualitas dan sehat aman untuk dikonsumsi oleh semua. Bisa kita dari lihat dari produk-produk yang dikeluarkan oleh Danone selama ini. Bagi Gustavo HildenBrand, General Manager Nutricia Sarihusada & Integration Danone Indonesia nutrisi itu penting untuk tumbuh kembang anak. Melalui anak yang sehat sebagai masa depan bangsa dapat memberikan peluang untuk Indonesia lebih maju.

Gustavo Hildenbrand from Nutricia

Banyak program yang dikeluarkan oleh Danone untuk mendukung kesehatan anak dan keluarga. Mulai dari program Warung Anak Sehat yang sudah 124 tersebar di Indonesia sejak 2011, Kampanye Isi Piringku untuk mengedukasi anak usia 4-6 tahun untuk makan berimbang dan juga ada program Taman Pintar yang ada di Yogyakarta untuk memberikan edukasi seputar pendidikan dengan membantu merenovasi 4 fasilitas pendidikan di Yogyakarta. Kita tahu nutrisi anak sangat erat kaitannya dengan seribu hari pertama kehidupan dan Danone sangat memperhatikan hal yang sama dengan menciptakan kampus seribu hari pertama yang menghasilkan 158 oraang yang sudah terlatih dan 78 ambasadornya. 

Komitmen untuk menjaga lingkungan sangat diutamakan oleh Danone dalam memperhatikan kesehatan Bumi. Pembuangan limbah yang tidak merugikan masyarakat sekitar dan daur ulang tentunya menjadi perhatian. Sebagai wujud cinta Buminya, Danone memberdayakan 1.433 waste picker dan 399 pemulung untuk mengolah sampah produk Danone. Bahkan saat acara kami diperlihatkan langsung kaos yang diproduksi dari 8 botol Aqua bekas.

Bekerja di Danone
Setelah mengenal Danone dan betapa pedulinya Danone dengan sekitar dan khidupan ini, aku jadi penasaran juga bagaimana suasana kerja di Danone. Evan Indrawijaya, HR Director Cluster Talent, Learning, Rewards & ELNV memaparkan kalau Danone Indonesia sudah mempunyai karyawan sebanyak 15 ribu yang didominasi kaum laki-laki. Namun Danone tidak pernah menutup kemungkinan untuk karyawannya berkembang sesuai dengan passionnya.

Hadir di acara dua karyawan muda pilihan yang pernah mengikuti MT (management trainee) Danone dan satu dari jalur profesional. Dwinta Astarini sebagai senior brand manager Nutricia sangat antusias berbagi bahwa hanya dengan 4 tahun bekerja bisa mendapatkan kesempatan mencoba bekerja di Danone Cina selama 7 bulan dan itu sangat luar biasa baginya. Lain hal dengan Jovita Anggraeni sebagai bagian dari Supply Chain Network Optimization tidak menyangka bisa dipercaya untuk memegang dan menjalankan projek bernilai milyaran di usianya yang masih terbilang junior.

Memiliki bos dan rekan kerja yang bisa menerima pemikiran terbuka dan bisa menerima ide-ide bawahan seperti Danone itu sempat kurasakan ketika bekerja 3-4 tahun di Bali. Aku bekerja di perusahaan yang isinya didominasi oleh orang asing. Apapun ide kita bos tidak pernah mendiskreditkan pemikiran kita dan justru mendukung untuk mewujudkan ide kita ke dalam project yang harus kita jalani. Lebih senangnya lagi ketika mengalami kendala biasanya yang ada kesalahan kita dibombardir sedemikian rupa tetapi justru sebaliknya kesalahan sebisa mungkin secepatnya harus diatasi dengan solusi agar yang direncanakan bisa berjalan.
Karyawan Danone juga diperbolehkan memilih menjalankan apa yang menjadi passionnya dan berpindah divisi. Selain passion juga ada kesempatan untuk karyawan menyalurkan hobinya seperti Jovita yang gemar bermain sepakbola akhirnya ditunjuk sebagai perwakilan Danone Indonesia untuk mengikuti dan berkumpul di Danone Cup. Itu menjadi bukti kalau Danone menghargai talenta karyawannya.

Corine Tap from Danone

Turut hadir Corine Tap, President Director PT. Tirta Investama (Danone-AQUA) yang merupakan satu-satunya dan pertama perempuan yang menduduki jabatan Presdir di Danone. Karyawan perempuan di Danone Indonesia meski hanya berjumlah 15% dari total karyawan tapi sangat diperhatikan oleh perusahaannya. Danone Indonesia menerapkan program HeForShe  dari UN (United Nations) untuk karyawan perempuan bisa mendapatkan support dari karyawan laki-laki dan lebih memahami kondisi kaum perempuan yang bekerja. Yang lebih istimewanya lagi bisa mendapatkan cuti hamil 6 bulan dan 10 hari cuti untuk karyawan laki-laki yang istrinya melahirkan.
 
Ruang Meeting Lantai 12

Ruang Laktasi Lantai 15

Sofa santai




Danone juga mengadakan program Danone Volunteering Month berupa kegiatan 8 jam kerja volunteer sebagai upaya payback kepada masyarakat. Kami mendapatkan kesempatan office tour melihat ruang meeting di lantai 12 yang menjadi pusat pertemuan, ruang laktasi yang tidak dibatasi pemakaiannya di lantai 15 dan ruang santai karyawan yang dilengkapi sofa santai, alat musik , playstation, aneka jus yang bebas diambil untuk karyawan di lantai 16. Sangat menyenangkan melihat lingkugan kerja di Danone Indonesia. 

Waspada Rekrutmen Danone
 
Waspada Rekrutmen Danone

Waspada Rekrutmen Danone

Waspada Rekrutmen Danone


Bekerja di Danone sudah menjadi incaran kaum milenial, tapi kalau kamu mau juga bekerja juga di Danone bisa melalui jalur professional. Kamu bisa cek lowongan yang tersedia di DanoneCommunityID melalui website Danone Community Indonesia. Dewi Suryani, Management Trainer & Employer Branding Manager Danone Indonesia juga mengingatkan bahwa Danone tidak pernah memungut bayaran apapun. Karena sudah banyak kejadian orang tertipu dan datang dari luar kota untuk bekerja di Danone. -RGP-

#DanoneGreatPlaceToGrow
#DanoneGreatPlaceToWork
 #OnePlanetOneHealth

1 komentar:

  1. Ruang kerja kekinian yang membantu kita dalam urusan bisnis

    ReplyDelete

kataresi.com 2018. Powered by Blogger.