Memasak dan Memotret Bersama Di Hari Kartini


Bertepatan dengan Hari Kartini pekan lalu pada 21 April 2018, Tabloid Wanita Indonesia bersama Best Western Premier The Hive (BWP The Hive) mengundang blogger dari Blogger Crony berpartisipasi dalam acara yang bertema The Hive Cook & Snap Class. Selain blogger juga hadir tamu undangan dari BWP The Hive dan dari komunitas Tabloid Wanita Indonesia. Suasana semakin semarak dengan tema pakaian yang sesuai dengan Kartini yaitu kebaya atau batik dengan perpaduan jin yang kekinian.


Melek Digital: Ilmu Memotret Makanan dengan HP
Di perayaan yang ketiga untuk Hari Kartini, Tabloid Wanita Indonesia dan BWP The Hive ingin mengajak perempuan sebagai Kartini masa kini untuk melek digital. Salah satunya memberikan ilmu memotret makanan hanya dengan menggunakan smartphone. Pas banget untuk kebutuhan para blogger. Foto yang bagus sangat menunjang isi tulisan blog itu sendiri.


Zulham fotografer dari Tabloid Wanita Indonesia yang sudah berpengalaman dalam memotret obyek makanan atau minuman hadir membagikan beberapa ilmunya tentang memotret dengan menggunakan smartphone yang hasilnya juga tidak kalah bagus dengan menggunakan kamera profesional.  Hal yang perlu dilakukan dan diperhatikan untuk menghasilkan foto yang bagus adalah:

1.      Komposisi
Perhatikan komposisi obyek yang ada dalam satu frame. Obyek utama terlihat menjadi lebih bagus dengan bantuan obyek lainnya. Usahakan obyek lainnya yang ada harus berhubungan temanya dengan obyek utama.
2.      Angle, angle yang baik adalah angle terdekat dengan obyek dan yang paling pas angle bawah yang membuat obyek lebih terlihat menggugah selera. Jangan membiasakan memotret dari atas (flat lay) khususnya untuk potret minuman dari gelas karena hanya akan menimbulkan distorsi.
3.      Pencahayaan
Pencahayaan alami dari sinar matahari lebih bagus dalam menghasilkan cerah foto. Sinar matahari yang bagus dipakai saat memotret adalah sinar matahari jam 10 pagi karena cahayanya belum terlalu kuning. Hindari memotret dengan sinar alami jam 12 siang karena posisi matahari tepat diatas. Penting banget untuk diingat untuk tidak menggunakan lampu flash saat memotret makanan hanya akan memperburuk warna asli makanan.
4.      Background
Latar belakang (background) yang baik dan dapat mengeluarkan warna asli serta fokus obyek adalah hitam. Background warna putih juga bisa digunakan dan lebih netral, bisa masuk ke jenis obyek makanan apapun. Sekarang background lipat sudah beragam, bisa dibeli dengan mudah di toko online.
5.      Perbanyak warna dalam satu foto atau frame untuk lebih menarik perhatian mata.
6.      Yang terakhir bisa dilakukan adalah pengeditan. Pengeditan biasanya dilakukan untuk membuat foto menjadi lebih baik dan sesuai ciri khas masing-masing.  Pastikan kan kamu punya ciri khas fotomu sendiri.



Zulham menyarankan ada baiknya membuat mini studio dirumah dan belajar menggunakan reflektor cahaya dengan berbagai angle. Atasi cahaya yang overlight dari reflektor dengan menggunakan kertas minyak sebagai pembatas. Semakin sering membuat foto sendiri maka kamu akan semakin tahu cara yang nyaman buat kamu dan menghasilkan foto yang bagus.

Belajar Memasak Menu Unggulan BWP THe Hive
Setelah ilmu memotret didapat Chef Mulyadi memasak menu unggulan BWP The Hive untuk nantinya dipotret. BWP The Hive yang mempunyai promo buka puasa bersama dalam rangka menyambut Ramadhan ini mempunyai beberapa menu unggulannya mulai dari Tomato Cream Soup, Seared Salmon with Cream Soup, Chicken Roasty with Baked Potato, dan Special Fried Ice Cream  (es krim goreng ala BWP The Hive).
 
Chef Mulyadi - kataresi
Rahasia dari resep tomato cream soup (krim sup tomat) Chef Mulyadi adalah menambahkan kentang untuk menetralisir rasa kecut yang berlebih dari tomat dan juga bisa menambah kekentalan sup. Selama memasak chef ditemani oleh peserta yang semangat belajar memasak ala BWP The Hive. Hampir semua bahan yang ada di resep Chef Mulyadi sangat mudah didapatkan. Sebenarnya memasak itu mudah dan cepat, yang lama adalah mempersiapkan bahan-bahannya. Keempat resep yang sudah jadi dimasak kemudian menjadi obyek praktek memotret para peserta untuk dilombakan.




Acara juga diramaikan dengan fashion show peserta untuk memilih busana terbaik sesuai Hari Kartini yaitu perpaduan kebaya dan bawahan jins. Pemenang busana terbaik, live tweet competition dan doorprize mendapatkan voucher menginap dan voucher makan di BWP The Hive. The Hive yang memiliki makna sebagai sarang lebah ini mempunyai filosofi untuk menyatukan pelayanan, kenyamanan dan kepuasan untuk pelanggan sebaik mungkin dari segala sisi. Lokasi BWP The  Hive yang berbintang 5 ini terbilang strategis, sangat dekat dengan bandara Halim Perdanakusuma, tol keluar kota dan Taman Mini Indonesia Indah sebuah wisata yang berisi ragam budaya dari seluruh Indonesia. Puas banget gathering bareng BWP The Hive dan Tabloid Wanita Indonesia, pulang bawa ilmu dan kenangan Hari Kartini 2018. -RGP-

Best Western Premier The Hive
Jl. DI. Panjaitan Kav. 3-4
Jakarta Timur, DKI Jakarta 13340

Reservasi         : 021-29821888
Website           : www.bwpremierthehive.com
Facebook         : BWPREMIERTheHive
Instagram        : @bwpthehive
Twitter            : @bwpthehive
Youtube           : youtube.com/c/bwpthehive
Blog                 : infothehive.blogspot.com

0 komentar:

Post a Comment

kataresi.com 2018. Powered by Blogger.