Cegah Obesitas dengan Camilan Sehat


Di bulan april ada dua hari besar yang bermakna bagi perempuan yaitu Hari Kartini dan Hari Diabetes Sedunia. Keduanya sangat berkaitan dengan bagaimana perempuan beremansipasi menjaga kesehatan untuk diri sendiri maupun untuk keluarga. Untuk itu SOYJOY menggandeng komunitas Blogger Perempuan dalam blogger gathering pekan lalu (20/4) di Aromanis Resto, Kebayoran Baru untuk mengenalkan Gerakan 4Jengkal dan Soyjoy varian baru.  Kita tahu bahwa hidup enak dan sehat sebenarnya sangat mudah jika diniatkan dan dijalani dengan baik. Hanya saja di era kini banyak sekali godaannya untuk makan enak dan cepat (fastfood) yang sangat menggoda iman. Perubahan gaya hidup dan kemudahan transportasi membuat orang semakin malas untuk “bergerak”  menjadi pengaruh meningkatnya obesitas. Indonesia menempati peringkat ketujuh dunia untuk jumlah obesitas pada perempuan.


Gerakan 4 Jengkal Bersama SOYJOY
Untuk mengukur seberapa gemuk kamu ada cara sudah yang diajarkan oleh Soyjoy yaitu dengan gerakan 4jengkal. Vania Ratnasari sebagai Brand Communication Executive Soyjoy mengajak blogger untuk melakukan Gerakan 4 jengkal yang setara dengan 80-90 cm sama dengan ukuran ideal lingkar perut perempuan. Jika lingkar perutmu melebihi 4jengkal sudah patut diwaspadai sebagai obesitas atau kegemukan. Caranya cukup buka jari jempol dan jari kelingking di satu tanganmu dihitung sebagai satu jengkal. Letakkan satu jengkal sejajar di perut dan mulai hitung dari perut kebelakang. Ada berapa jengkal lingkar pinggangmu keseluruhan depan dan belakang. Hayo sudah 4 jengkal belum? Kalau belum 4 jengkal optimis bisa merubahnya menjadi 4 jengkal agar badan lebih sehat.

Contoh Lingkar 4 Jengkal - dok.kataresi



Jangan remehkan obesitas karena obesitas bisa menjadi sumber segala penyakit yang tidak menular tetapi mematikan. Sebut saja penyakit jantung, darah tinggi, kolesterol yang itu semua berawal dari penyumbatan pembuluh darah karena terlalu banyaknya lemak. Obesitas juga berasal dari terlalu banyak konsumsi yang manis yang bisa menyebabkan diabetes. Kamu perlu juga cek riwayat penyakit di keluarga kamu apakah ada yang diabetes, karena diabetes bisa menurun. Apalagi kalau kamu sudah obesitas kemungkinan untuk terkena diabetes sangat tinggi.

Segera periksa gula darahmu jika merasa dirimu obesitas. Segera kurangi makan dan minum yang terlalu manis dan karbohidrat. Mulailah konsumsi nasi merah dengan kadar gula yang lebih rendah dibanding nasi putih. Nasi, kentang, roti juga dikonsumsi dengan batasan yang normalnya adalah 300 gram setiap harinya.



Bagi Seala Septiani, S.Gz, M.Gizi sebagai konsultan nutrisi menganggap perut buncitnya perempuan yang obesitas tidak hanya menganggu penampilan tetapi juga tidak sehat. Obesitas juga berbahaya untuk kehamilan, menyebabkan komplikasi pada ibu hamil dan berdampak pada janin yang bisa terlahir prematur.

Soyjoy Camilan Sehat
Ada siasat yang mudah untuk mengatasi obesitas sebenarnya. Aku sendiri juga menyadari diriku ini sepertinya sudah mengalami obesitas. Seala memang menganjurkan untuk mengatur pola makan yang sesuai jam makan. Aku baru tahu faktanya jika kita menunda makan dan hanya makan sekali dalam sehari justru salah. Cara yang benar adalah mengurangi porsi makannya bukan jam makannya.

Perbanyak makan yang mengandung serat seperti buah dan sayur. Soyjoy menjadi pilihan camilan sehat yang bisa dikonsumsi tanpa harus merasa bersalah. Soyjoy terbuat dari kedelai yang kaya serat dan protein yang sangat bagus untuk kesehatan.


Soyjoy cocok untuk dijadikan camilan sehat malam hari dan dinikmati saat menonton film di rumah bersama pasangan yang juga doyan banget makan camilan. Soyjoy rendah GI (glikemil indeks) sehingga kadar gula darah dalam tubuh kita tetap terjaga dan nafsu makan tetap terkendali. Soyjoy juga mengandung isoflafon yang tinggi sebanyak 14mg/g seperti anti oksidan untuk menangkal radikal bebas. Meski Soyjoy gluten free tidak perlu takut akan mudah lapar, makan Soyjoy kenyangnya tahan lama.

Awal tahun 2018 mengeluarkan varian barunya yaitu Soyjoy Crispy dengan rasa Vanilla yang memiliki sensasi renyah/krispy ketika dimakan. Sebagai penggemar berat coklat aku bersyukur dan lebih memilih Soyjoy rasa almond coklat. Tersedia kemasan Soyjoy80 yang cocok untuk camilan sehat mengurangi diabetes. -RGP-

1 komentar:

  1. Lingkar pinggang saya lebig dari 6 jari... Sudah tergolong obesitas :(
    Mesti memulai hidup sehat,, alhamdulillah ada SOYJOY ya mba.

    ReplyDelete

kataresi.com 2018. Powered by Blogger.