Konsultasi Pola Asuh Gizi Anak Ala Halodoc


Pengalaman sebagai ibu pasti dirasakan sekali dalam merawat tumbuh kembang dan kesehatan buah hati. Apalagi jika buah hati adalah anak pertama dalam keluarga. Merawat anak menjadi proses belajar sebagai seorang ibu ketika anak sakit, susah bab ataupun rewel. Ada tipikal ibu yang bisa dibilang panikan ketika anaknya mendadak demam dan bingung harus bagaimana andaikata hanya tinggal berdua dengan buah hati. Beruntung sekarang eranya digital, semua menjadi serba mudah.
 
dok.kataresi

Aplikasi Halodoc, Aplikasi Kesehatan dalam Genggaman
Di ulang tahunnya yang kedua aplikasi Halodoc kembali merayakannya bersama blogger yang tergabung dalam Moms Blogger Community (MBC) pekan lalu 13 April 2018 untuk lebih mengenal kembali aplikasi Halodoc. Aku sendiripun baru tahu adanya aplikasi ini dari acara ini. Jadi teringat beberapa kali teman yang sudah mempunyai anak menanyakan saran obat atau informasi penyakit kepadaku yang tidak ada keahlian ilmu dokter sekalipun. Entah mungkin karena temanku itu panik atau kebingungan dan mungkin belum sempat ke dokter untuk konsultasi.

Kehadiran aplikasi Halodoc pas banget untuk para ibu yang tidak sempat membawa anaknya ke dokter untuk memeriksakan kesehatan buah hati. Hadir saat acara Blessy, Manager Offline Marketing Halodoc mengingatkan para mom blogger untuk tidak mudah percaya informasi kesehatan yang belum jelas kebenarannya. Fitur-fitur dalam aplikasi Halodoc berisi informasi tentang kesehatan, penyakit dan dokter langsung dari ahlinya. Apa saja fitur yang ada dalam aplikasi Halodoc?

Konsultasi Dokter (Contact Doctor)
Didalam aplikasi Halodoc terdapat layanan konsultasi online yang tersedia 24 jam. Ada banyak pilihan dokter yang bisa kita minta konsultasinya dengan tarif yang murah bahkan ada yang gratis. Mulai dari dokter umum, spesialis penyakit dalam, penyakit mata, hingga dokter spesialis anak. Kamu bisa dengan mudah konsultasi dokter melalui chatting, voice call maupun video call. Tanya dan berikan sedetail mungkin gejala yang kamu atau buah hatimu alami dan rasakan agar dokter mudah mendiagnosa dengan benar dan memberikan resep yang tepat. Kapanpun dan dimanapun kamu bisa konsultasi dokter dengan Halodoc.


Konsultasi Video Call Halodoc

Halodoc Hemat (Official Store)
Toko obat yang hemat dengan ragam promo hingga diskon 50%.  Selain obat juga tersedia vitamin dengan harga terjangkau.   menjamin obat dan vitamin yang dijual adalah yang termurah seIndonesia. Bahkan Halodoc memberikan diskon hingga 25% saat hari ulang tahunnya dengn kode promo HALODOC2TAHUN. 




Apotik Antar (Pharmacy Delivery)
Fitur dalam Halodoc berupa layanan apotek dalam aplikasi yang dapat mengantarkan obat sesuai hasil konsultasi dokter sebelumnya. Cukup berikan resepnya, cek harga, dan layanan apotik antar membantu membelikannya di apotik terdekat. Pihak apotik antar akan memberikan bukti pembayaran dari pembelian obat. Cukup menunggu pesanan obat kita sampai, tidak perlu antri, dan menghemat tenaga serta waktu. Pesanan akan diantar dalam satu jam dan bebas ongkos kirim. Sangat memudahkan kamu untuk fokus merawat anggota keluarga yang sakit. 


Layanan Laboratorium (Lab Service)
Buat kamu yang malu untuk cek laboratorium kesehatan dengan bantuan Halodoc  . Tidak perlu repot ke rumah sakit untuk cek laboratorium. Cek kesehatan kebutuh laboratorium bisa dilakukan dirumah. Cukup pilih paket pemeriksaan laboratorium yang dibutuhkan, tentukan tanggal dan phlebotomist (petugas lab) akan langsung datang ke rumah. Halodoc menggandeng Prodia untuk layanan laboratorium.


Kebayang kan mudah banget pakai Halodoc semua dalam genggaman tinggal klik, klik, dan klik mulai dari konsultasi, beli obat, cek lab semua ada dan tinggal duduk manis dirumah. Halodoc bisa diunduh di Play Store pada android dengan besar 21MB saja. Bahkan bagus juga untuk orang seperti aku yang sangat susah sekali diajak ke dokter atau rumah sakit untuk memeriksakan diri #sehatlebihmudah.



Pola Pengasuhan Anak Ala Halodoc
Halodoc juga mempunyai dokter spesialis anak yang bisa membantu para ibu mengetahui informasi seputar kesehatan anak maupun asupan gizi dan pola asuh yang baik untuk anak. Dokter spesialis anak di Halodoc selalu siap memberikan saran dan menjawab pertanyaan ibu seputar pengasuhan anak. Penting banget kan dokter spesialis anak itu untuk standby. Para ibu tidak perlu lagi menebak dan berasumsi sendiri makanan apa saja yang boleh dan tidak boleh diberikan kepada anak.


Gizi anak yang baik itu ternyata sangat bergantung dari pola pengasuhan, khususnya pada pola pengasuhan anak ketika usianya masih dibawah 5 tahun. Pertumbuhan dan perkembangan anak yang akhirnya juga bergantung pada asupan gizi anak. Semua saling berkaitan.
dok. kataresi

Menurut dr. Herlina, Sp.A #katadokterHalodoc selama ini banyak ibu yang sering keliru dalam menerapkan pola asuh gizi untuk anak. Sebagai salah satu contoh tidak membiasakan mengajak anak bermain saat masuk waktu makan atau ketika anak rewel. Sikap seperti itu hanya akan membuat anak semakin manja dan hanya akan fokus pada mainan. Ada 5 kesalahan pola asuh gizi ala Halodoc:

1.      Memaksa anak untuk makan
Saat anak tidak mau makan ada baiknya jangan memaksakan anak untuk makan agar anak tidak merasa terpaksa untuk makan. Makan seharusnya menjadi kegiatan yang menyenangkan bagi ibu dan anak.  Usahakan tidak merubah jam makan anak dan jika jam makan terlewat maka anak harus menunggu jam makan berikutnya. Sembari mengajarkan disiplin pada anak.
2.      Memberikan makanan yang tidak sesuai usia anak
Terkadang orang tua lupa memberikan makanan dewasa kepada anak-anak. Padahal makanan atau camilan untuk anak sangatlah berbeda. Seperti memberi makan pisang atau air putih kepada bayi sangatlah tidak boleh. Kalaupun ingin sekali memberikan camilan buah atau jus kepada anak ada porsinya yaitu maksimal setengah gelas jus buah saja dalam sehari. Buah, sayur, protein, gandum, dan produk susu disarankan sebagai camilan dengan nutrisi seimbang untuk anak.

3.      MPASI sebelum 6 bulan
Sudah menjadi pengetahuan umum untuk memberikan ASI (Air Susu Ibu) eksklusif dan bukan MPASI karena jika usia belum ada 6 bulan sistem pencernaan anak belum sempurna. Dengan memberikan MPASI bisa menimbulkan gangguan pencernaan seperti konstipasi dan membahayakan anak.

4.      Memberikan terlalu banyak makanan manis
Sebagai catatan bersama dari WHO (Badan Kesehatan Dunia) bahwa kebutuhan gula harian kepada anak tidak boleh melebihi 10% dari total energi yang dikonsumsi. Besaran 10% untuk anak usia 1-3 tahun adalah 4-5 sendok teh gula dan untuk anak usia sama dengan 5-8 sendok teh gula. Memberikan terlalu banyak makanan atau minuman manis pada anak bisa berdampak obesitas, kerusakan gigi, dan kehilangan nafsu makan.

5.      Pemakaian dot terlalu lama
Biasanya setelah selesai masa menyusui ASI atau menggunakan susu bubuk dengan botol anak menjadi terbiasa menggunakan dot atau empeng. Anak yang terlalu sering menggunakan dot dapat berpengaruh pada perkembangan struktur rahang yang menjadi lebih maju atau rahang bawah terlalu mundur. Jangan biasakan anak menggunakan dot setelah 6 bulan. Bisa kelihatan kok anak yng tumbuh dewasa dengan terlalu lama ngedot dan yang tidak.
 
Instagram Halodoc - dok.kataresi
Jadi bertambah pengetahuan dengan mengenal Halodoc. Sudah pasti aku akan menyarankan para ibu untuk menginstal aplikasi Halodoc. Kamu juga bisa follow Instagram Halodoc dan website Halodoc di www.halodoc.com . Aku berharap kedepannya Halodoc bisa banyak bekerjasama dengan apotik dan laboratorium di daerah di seluruh Indonesia dan bukan hanya di Jakarta. Akan sangat membantu keluarga yang berada jauh dari pusat layanan kesehatan. Hanya dengan aplikasi di genggaman Halodoc banyak keluarga terbantu dan keluarga sehat menjadi lebih banyak untuk kemajuan bangsa. -RGP-








1 komentar:

  1. Serba gampang ya sekarang ada aplikasi kesehatan kayak Halodoc gini. Ibu jadi nggak gampang panik buat tanya-tanya ke dokter tentang tumbuh kembang anak.

    ReplyDelete

kataresi.com 2018. Powered by Blogger.