Onggy Hianata, Terbang Menembus Langit Menggapai Impian


Siapakah Onggy Hianata? Pertanyaan pertama di kepalaku ketika pertama kali mendapat undangan gathering bersama Onggy Hianata minggu lalu. Lebih tepatnya motivator, predikat motivator melekat pada diri Onggy karena kepiawaiannya dalam memberikan motivasi hidup tentunya. Tapi tahukah kamu sebelum menjadi sukses seperti sekarang ini, Onggy yang lahir pada 6 Maret 1962 banyak mengalami jatuh bangun kehidupan.

Onggy Hianata - dok. kataresi


Mengenal Onggy Hianata

Anak kedelapan dari sembilan bersaudara dan dengan kondisi keluarga Onggy yang pas-pasan bahkan nyaris tidak cukup membuat Onggy baru masuk sekolah kelas 3 SD. Onggy belajar bekerja keras untuk hidupnya. Dari kecil sudah terbiasa bekerjasama dengan seluruh anggota keluarganya mulai dari beternak, bercocok tanam hingga membersihkan rumah. Sang ayah sangat disiplin mengajarkan anak-anaknya bersama tinggal di Kampung Bugis, Kelurahan Karang Anyar, Tarakan Barat yang menjadi tanah kelahiran Onggy.



”Saya pernah miskin. Jangan pernah mencoba menjadi orang miskin,” Onggy Hianata



Onggy tekun belajar hingga akhirnya lulus SMA. Onggy bertekad merantau ke Surabaya seperti kebanyakan temannya. Keluarganya sempat tidak mendukung keinginan Onggy awal mulanya. Onggy bersikeras berangkat dan keluarganya mendukung. Kehidupan Onggy di Surabaya hanya sesaat mendapat dukungan finansial keluarganya dan mulai dari situlah Onggy bekerja keras untuk bertahan hidup. Mewujudkan impiannya untuk mengumpulkan banyak uang dan bisa membahagiakan keluarganya.



Mulai dari berjualan kerupuk, jagung bakar, hingga berjualan lotre sempat dilakoni Onggy. Rugi dan ditipu berulang kali dirasakan Onggy. Sedikit demi sedikit terkumpul untuk bertahan hidup dan membiayai kuliahnya hingga akhirnya berhasil lulus dari Universitas Satya Widya Surabaya dan mendapatkan tambatan hatinya. Onggypun mulai memberanikan diri merantau ke Jakarta dengan tekad merubah nasib. Di Jakarta rejeki usahanya mulai memperlihatkan hasil hingga akhirnya sukses memiliki 60.000 jaringan tersebar di 36 negara.


A Life Changing Bootcamp

Dengan kesuksesannya tersebut Onggy tidak lupa diri. Hatinya tergerak untuk membagi kembali pengalaman dirinya dengan memotivasi orang lain. Menjadi motivator bagi diri Onggy bukan sebuah profesi melainkan panggilan Tuhan untuk berkontribusi lebih terhadap masyarakat. Agar orang lain bisa menjadi sukses dengan mempunyai impian.



“Mempunyai impian adalah kunci pertama untuk sukses,” Onggy Hianata



Onggy berkontribusi kepada masyarakat dengan memberikan motivasi a life changing bootcamp dibawah naungan Edunet Global. Sebuah program pembinaan mental untuk memotivasi, menggali potensi dan mengembangkan karakter pada diri. Program bootcamp sudah berlangsung sejak 2003 hingga sekarang dan diikuti oleh peserta dari berbagai negara. 
 
Onggy Hianata dan lulusan bootcamp - dok. kataresi

Banyak peserta yang sudah merasakan manfaat bootcamp, diantaranya hadir memberikan testimoni yaitu Dra. Ary Hellya Kurniati, Apt dan Ir. Sudarmono Djoko Nugroho; Dr.Erry Gautama dan Dr.dr.Anggraini Dwi S dan Yulianto, SE. Bootcamp menyadarkan mereka untuk bangkit, untuk tidak egois, untuk lebih iklas dengan masa lalu dan menjadi lebih sabar dengan kehidupan. Energi positif didapatkan dari hasil bootcamp dan lebih termotivasi untuk hidup menjadi pribadi yang lebih baik.



Blogger yang hadirpun terkesima dan tersentuh dengan testimoni para peserta. Bahkan antusias ingin coba mengikuti bootcamp a value of life. Onggy berbaik hati memberikan kami bootcamp khusus untuk blogger pada Mei nanti. Kami pun bersyukur dan berharap bisa menjadi pribadi yang lebih baik seperti peserta bootcamp yang sudah lulus. 


 “Yang dirubah adalah mindset kita bukan impian kita. Saat itulah kita berani menjalani segala tantangan,” Onggy Hianata


Untuk menjadi peserta bootcamp minimal usia 17 tahun dan siapapun boleh mengikutinya, sehat fisik ataupun memiliki keterbatasan fisik dan dari profesi apapun. Bootcamp biasanya berlangsung selama 3 hari 2 malam di suatu tempat tidak jauh dari Jakarta. Faktanya banyak peserta dari luar negeri yang rela datang jauh-jauh untuk menjadi peserta bootcamp. Sepertinya Indonesia boleh bangga mempunyai bootcamp inspiratif yang sudah dikenal di mancanegara.

           

Film Terbang Menembus langit

Kalau kamu juga ingin mengenal sosok Onggy kamu bisa melihatnya melalui film Terbang Menembus Langit yang akan tayang pada 19 April 2018. Film sosok inspiratif tersebut digarap oleh Fajar Nugros dari Demi Istri Production.  Pengambilan gambar film memakan waktu dua bulan di Tarakan, Surabaya dan Jakarta. "Ini film periodik pertama saya. Kalau biasanya latar setting film saya sesuai dengan keadaan sekarang, nah disini setting berada di tahun 60-an akhir sampai dengan tahun 2000. Yang susah adalah bagaimana merangkai momen-momen itu karena periode kisah sepanjang 32 tahun mesti dimampatkan menjadi dua jam," ungkap Fajar Nugros.



Beberapa artis yang akan mengisi film Terbang Menembus Langit adalah Dion Wiyoko sebagai Onggy, Laura Basuki, Chew Kin Wah, Aline Adita, Baim Wong, Melisa Karim, Dinda Hauw, Marcel Darwin, Dayu Wijanto, Delon Thamrin, Indra Jegel, Mamat Alkatiri, dan Erick Estrada. Semoga dengan melihat film ini juga akan mengugah hatimu untuk tidak mudah menyerah seperti Onggy. -RGP-



0 komentar:

Post a Comment

kataresi.com 2018. Powered by Blogger.