ISTC: Belajar Saham Menyenangkan Bersama Indosat Ooredo dan Ikuti Kompetisinya

Seminggu yang lalu tepatnya tanggal 13 Desember 2016, Indosat mengajak blogger untuk belajar saham dengan cara yang menyenangkan. Belajar saham dengan cara menyenangkan menjadi tagline dari ISTC (Indosat Stock Trading Contest) yang merupakan program tahunan dari Indosat Ooredoo. ISTC adalah program kompetisi virtual saham bagi generasi muda Indonesia. Di awal pertemuan yang bertempat di kantor pusat Indosat Ooredoo di Jakarta, blogger diajak memahami apa itu investasi dan memperkenalkan saham sebagai salah satu bentuk investasi. Bentuk investasi yang banyak dipahami selama ini adalah emas, properti, reksadana dan hanya beberapa blogger yang pernah mencicipi investasi saham.





Indosat Ooredoo memahami bahwa hanya sekitar 529 ribu orang Indonesia yang berinvestasi saham. Padahal, jumlah investor aktif di pasar modal akan membantu peningkatan perekonomian negara dan sampai saat ini rasio penduduk Indonesia yang mengenal pasar modal masih di bawah 4% dari total penduduk. Untuk itu melalui ISTC diharapkan akan lahir pemain baru dalam pasar saham dan memulainya melalui virtual saham.


Indosat Ooredoo bekerjasama dengan Bursa Efek Indonesia dan Trimegah Securities sebagai perusahaan yang bergerak di bidang perantara perdagangan efek dan penjamin emisi efek serta penyedia aplikasi simulasi online stock trading berbasis mobile (mobile apps) untuk ISTC ini. Indosat Ooredoo berkomitmen meningkatkan pemahaman (literasi) masyarakat umum khususnya membantu mempersiapkan generasi muda untuk menjadi investor handal serta meningkatkan jumlah investor di Pasar Modal Indonesia khususnya dari kalangan anak muda dengan memanfaatkan teknologi dan aplikasi digital. 

Dela dari divisi corporat strategic Trimegah Securities memandu blogger memulai belajar virtual saham. Pertama melakukan registrasi melalui website ISTC Indosat Ooredoo. Kemudian unduh aplikasi ISTC ke handphone yang menggunakan nomor Indosat. Prosesnya sedikit rumit ketika mulai mengaktivasi aplikasi dan sedikit memakan waktu. Ketika sudah berhasil aktivasi dan login, akan muncul tampilan My Market jika handphonenya menggunakan android




Banyak istilah yang perlu dipelajari ketika menggunakan aplikasi ISTC. Kita bisa memantau pergerakan saham virtual yang ada serta potensinya seperti apa. Setiap blogger register dibekali virtual money sebesar 50 juta rupiah dan membeli saham yang kita inginkan maupun menjualnya kembali.  Kita juga bisa memantau dan meneliti kembali apa yang sudah kita lakukan dalam transaksi saham dalam My Profile & Order List. Blogger yang hadir dan terdaftar otomatis menjadi peserta ISCT yang berlangsung hingga 31 Januari 2017.

Sebanyak 16 peserta terpilih (finalis) dari 2 kategori kompetisi yaitu Pelajar/Mahasiswa dan Umum akan diundang untuk mengikuti kegiatan bootcamp selama 3 hari 2 malam, sejak tanggal 20 – 22 Februari 2017. Dalam kegiatan bootcamp ini, para finalis akan mendapatkan edukasi mengenai pasar modal dengan lebih mendalam.

Para finalis nantinya akan mempresentasikan kesuksesannya selama mengikuti program ISTC dalam memilih saham terbaik dan menjaga profit saham sehingga mencapai nominal prosentase ROE tertinggi hingga akhir periode. Pemenang akan ditentukan pada akhir periode. Kriteria penilaian peserta yang mengikuti ISTC antara lain:
  1. Peserta dinilai berdasarkan performa portfolio tertinggi.
  2. Apabila terdapat nilai yang sama pada performa portfolio sampai pada 4 (empat) angka dibelakang koma, maka penentuan pemenang akan menggunakan parameter 2 (dua) layer. Jika pada layer pertama sudah ada yang lebih unggul maka penilaian tambahan ini akan berhenti. Jika nilai masih sama maka akan dilanjutkan ke layer kedua sampai ditemukan nilai lebih tinggi berdasarkan penilaian kedua.
  • Layer Pertama, pada tahap ini yang mendapatkan nilai tambah adalah yang sudah melakukan registrasi secara lengkap (registrasi tahap 2)
  • Layer Kedua, pada tahap ini dicari yang memiliki nilai terbesar berdasarkan kriteria:




Dela dari divisi corporat strategic Trimegah Securities memandu blogger memulai belajar virtual saham. Pertama melakukan registrasi melalui websitenya. Kemudian unduh aplikasi ISTC ke handphone yang menggunakan nomor Indosat. Prosesnya sedikit rumit ketika mulai mengaktivasi aplikasi dan sedikit memakan waktu. Ketika sudah berhasil aktivasi dan login, akan muncul tampilan My Market jika handphonenya menggunakan android.. -RGP-


Comments

  1. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai pasar modal
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis yang bisa anda kunjungi di
    pasar modal

    ReplyDelete

Post a Comment