Harbokir dan Inspirasi Local Hero Go International dalam HUT JNE 26 Tahun

November ini JNE merayakan hari jadinya yang ke-26 tahun. Untuk itu JNE mengundang Blogger dalam sebuah Gathering yang bertemakan “Local Hero Go International” di XXI Lounge Plaza Senayan, Jakarta. Dalam acara ini juga hadir media, dua narsum, dan host ternama Kemal yang masih bisa dengar siarannya di stasiun radio swasta (VJ Kemal). JNE Blogger gathering adalah wujud apresiasi JNE terhadap blogger yang sudah berkontribusi terhadap kemajuan industri pengiriman ekspress.




Sebelum acara dimulai, para tamu undangan disuguhkan pemutaran video layanan JNE terbaru yaitu JMT (JNE Motorcycle Transport) yaitu layanan jasa pengiriman motor anda dari satu lokasi ke lokasi lain dengan proses pemindahan yang aman dan terpercaya menggunakan kendaraan khusus. Tepat waktu, terbaik, aman, terpercaya dan JNE melakukan dengan Hati sebagai bukti Connecting Happines yang menjadi tagline JNE.
 
Iklan kartun JMT
Setelah selesai makan, tak lama terdengar suara VJ Kemal yang  berakting seperti kurir JNE mengantar kiriman khusus untuk satu orang blogger dan media terpilih yang kemudian dilanjutkan dengan pengumuman Top 3 Blogger dan Jurnalis yang mendapatkan jalan-jalan plus akomodasi ke Bali dari JNE. Meski beberapa blogger yang hadir sempat bingung itu bagian program yang mana karena ketinggalan info. Kepada yang Top 3 yang terpilih juga mendapatkan plakat dari JNE.

Top 3 Jurnalis versi JNE
Inspirasi Local Hero Go International dari Yuk Bisnis dan Cotton Ink
Jaya Setiabudi lebih dikenal karena bukunya The Power Of Kepepet, itu pengakuan Jaya sendiri tetapi ternyata Jaya termasuk pakar seseorang yang pakar di bidang pengembangan UKM dan e-commerce. E-commerce bagi Jaya adalah masa depan sayangnya e-commerce sekarang masih banyak dikuasai oleh asing karena Indonesia masih lemah di branding dan database (no branding, no database). E-commerce terbesar di Indonesia selama ini hanya memanfaatkan UKM seharusnya bisa membesarkan UKM. Banyak UKM dan banyak ide segar di Indonesia yang bisa maju jika dibantu.
 
VJ Kemal dan Jaya (kanan)
Untuk itu Yuk Bisnis hadir dan terintegrasi dengan UKM untuk membantu UKM masuk di ranah online. Dengan menjadi anggota Yuk Bisnis mendapatkan kelebihan mengembangkan UKMnya dengan branding melalui Rename, Repackage dan Repositioning yang inti untuk menguasai merek dan branding. Jika belum mempunyai sebuah produk maka beranilah menciptakannya sendiri. Aktivitas untuk membuat pelanggan loyal versi Jaya Setiabudi ya branding itu. Saling membantu dalam komunitas untuk saling membangun UKM, sehingga militansi tim menjadi kebanggaan dalam Yuk Bisnis. Yuk Bisnis mendapatkan pendapatannya dari Abodemen setiap bulan yang bertambah seiring progres member, Aplikasi, Konten edukasi, ebook,videobook dan pelatihan. Belajar, Praktek dan Berbagi adalah prinsip yang dipegang komunitas bersama Jaya S. Yuk Bisnis hanya menyediakan platform bisnis dan mendorong UKM untuk memperkuat brandnya sendiri.

Senada dengan Jaya S., Ria S. sebagai founder Cotton Ink juga ingin memajukan produk lokal kita "Jangan cuma jualin merk asing/import,tapi kita mesti create brand sendiri,” ujar Ria. Untuk bisa create brand sendiri yang utama adalah berani bergerak dan menjalankan, jangan terlalu muluk berkonsep. Mulai dari yang ada dulu dan disertai dengan riset tren yang sedang berlangsung. “Tren itu buatan manusia atau settingan, misalnya dalam dunia fashion trend summer. Itu semua semata hanya untuk mempermudah dan menjadi acuan dalam dunia fashion saja,” tegas Ria dan lebih memilih untuk localize the trend.



Diakui Ria, brand Cotton Ink bisa sampai sejauh ini karena layaknya pepatah Cina yang pertama berada di medan perang itu yang menang dan itu yang terjadi pada Cotton Ink yang tahun 2008 mempunyai produk ready to wear yang masih jarang di pasaran. Sepakat dengan Jaya S. bahwa e-commerce menjadi masa depan dunia bisnis sekarang. Dunia digital dan media sosial sangat membantu penjualan dan branding suatu produk.

Keduanya, Jaya S. dan Ria S. kompak untuk memajukan produk lokal dan UKM sendiri. “Tanamkan di benak kita, Nista memakai barang dari luar,” tegas Jaya. Ria pun memilih untuk memajukan brand Cotton Ink di Indonesia agar Cotton Ink dikenal sebagai produknya Indonesia. Patut menjadi inspirasi untuk toko online yang sedang membangun ataupun baru mau berencana untuk memulai sebuah usaha.

Harbokir Merayakan HUT JNE 26 Tahun
 Pencapaian JNE hingga saat ini salah satunya adalah karena kepercayaan pelanggan. Sebagai bentuk apresiasi kepada para pelanggan dan pengguna JNE, pada HUT 26 tahunnya mengadakan program Harbokir (Hari Bebas Ongkir) atau gratis biaya kirim untuk seluruh pelanggan, baik retail customer maupun corporate customer. Harbokir berlaku untuk semua produk layanan pengiriman mulai dari YES, Reguler dan OKE pada tanggal 26 dan 27 November 2016 untuk pengiriman intra wilayah Jabodetabek (dari tujuan Jabodetabek) serta intracity /dalam kota (dari dan tujuan paket di kota yang sama) di seluruh Indonesia dengan berat paket maksimum 2 kg. Detail 55 kota ada disini...
 
doc. JNE

Presiden Direktur JNE, M. Feriadi menyampaikan bahwa di setiap perayaan hari jadinya, tiap tahun JNE selalu mengadakan program acara untuk memberikan kebahagiaan dan manfaat kepada seluruh karyawan JNE. Pada perayaan puncak HUT JNE 26 Tahun ribuan karyawan JNE akan diundang ke Wisma Aldiron di Jl. Jendral Gatot Subroto, Jakarta. JNE akan membagikan berbagai macam dorprize kepada karyawan JNE. JNE juga memanjakan media dan blogger pada gathering dengan membagikan berbagai macam hadiah yang luar biasa banyaknya dan goodiebag yang sangat bermanfaat isinya. Semoga JNE bisa terus memperbaiki kekurangannya, meningkatkan layanannya dan banyak membantu UKM.-RGP-

0 komentar:

Post a Comment

kataresi.com 2018. Powered by Blogger.