Ilmu Bersosial Media dari 3Speakers di Seminar One Day Indosat

Pada 16 Agustus 2016 lalu, aku berkesempatan mengikuti Seminar One Day Women Masterclass tentang Leadership & Public Speaking dari Indosat. Aku mendapatkan undangannya karena memenangkan kuis dari akun twitterku @resi_san beruntung terpilih. Berangkat pagi hari ke Kantor Pusat  Indosat Ooredoo di Jalan Medan Merdeka Barat, Gambir Jakarta Pusat.

doc.pribadi



Ripi Mangkusubroto - doc.pribadi

 Awalnya acara ini direncanakan untuk tanggal 11 Agustus 2016, entah kenapa menjadi mundur pada tanggal 16 Agustus 2016. Aku tetap antusias meski diganti harinya. Pada hari Senin, sesampainya di lokasi sudah banyak peserta yang hadir diantaranya dari Hijabers Mom Community (HMC), Mojang Bogor, komunitas digital Karawang dan undangan. Ternyata yang antusias tidak hanya aku sendiri. Awalnya hanya bisa menduga-duga akan seperti apa ya seminarnya dari Indosat ini. Sewaktu registrasi dibagikan name tag dan notes.


Di awal acara aku menyimak sambutan dari Ibu Ripi Mangkusubroto yang juga antusias dengan terselenggaranya seminar ini. Seminar ini ternyata bagian dari kampanye women connected to broadband internet yang didukung dengan jaringan lancar dari Indosat dan melalui seminar ini diharapkan bisa membangun image positif perempuan melalui media digital.

Yang tidak terduga adalah pembicara yang khusus dihadirkan untuk seminar Leadership & Public Speaking, tiga orang public figure alias artis yang sudah terkenal karena kepiawaiannya membawakan acara. Pembicaranya ada tiga (3) orang, Uli Herdinansyah, Bayu Oktara dan Hilbram Dunar. Pasti udah gak asing lagi kan nama itu bisa kita lihat wajah mereka di televisi atau kita dengar suaranya di radio. Mereka menyebut dirinya dengan 3speakers.

Ilmu Bersosial Media
Feelingku berkata akan menarik sepertinya materi yang akan dibawakan oleh 3 speakers ini. 3 speakers membawakan materi secara bergantian dan dengan gayanya masing-masing, untuk menghilangkan kejenuhan peserta. Di awal materi dibawakan oleh Bayu Oktara yang menyampaikan arti, perbedaan, macam dan peminat sosial media dan aplikasi chat yang ada sekarang. Kemudian Uli Herdinansyah, yang sepertinya masih single sendiri diantara 3 speakers karena selalu diledekin oleh Bayu dan Hilbram untuk dijodohin.

doc.pribadi
Keberadaan sosial media dan aplikasi chat kini sangat berperan dalam kehidupan sehari-hari, untuk branding, jual beli, menambah jejaring, berbagi informasi, mengekspresikan pendapat atau pekerjaan. Uli Herdinansyah menyarankan untuk memilih menggunakan tiga (3) kata dan warna yang benar-benar mewakili kepribadian atau kemampuan kita sebagai individu untuk ditunjukkan melalui sosial media. Selain itu sebaiknya kita menggunakan foto profil yang sama di setiap sosial media. Selfie dari depan menandakan kepercayaan diri, selfie dari bawah menandakan orang itu kuat dan lebih berwibawa, dan selfie dari atas menandakan seseorang itu butuh perlindungan dan lemah.  Uli pun mengajak peserta seminar untuk selfie saat itu juga, seru ya.
 
Suasana Selfie Bersamaan - doc.pribadi
Tips foto dari Uli lainnya adalah bagi Uli foto yang menarik bisa terlihat komposisinya ketika dibagi menjadi 9 bagian pada satu foto, fokus pada tiap titik tengahnya dan jangan foto dengan jumlah obyek genap. Berfoto dengan jumlah obyek ganjil lebih baik sehingga ada fokus pandang dalam foto.  
 
doc.pribadi
Untuk video baiknya berdurasi 6 detik karena 6 detik adalah format terbaik yang bisa menghubungkan penonton dengan isi video dan bisa menyampaikan pesan yang kuat. Kalau durasi videonya terlalu lama akan membuat bosan duluan yang melihat.  Hilbram juga mengingatkan bahwa audience atau follower itu  mempunyai berbgai macam karakter mulai dari karismatik, thinkers, skeptics, followers atau controllers.
 
Bayu Oktara menikmati musik di gerai Indosat dan selfie bersama peserta - doc.pribadi
Ditengah hari peserta seminar diajak melihat ruang-ruang di Indosat dengan membagi kelompok peserta, kebetulan kelompokku dapat pendamping Bayu Oktara. Peserta mengunjungi gerai Indosat yang berisi customer service, pameran bundling hp dengan Indosat, music spotify dan browsing stand bahkan booth untuk selfie.
 
Kantin dan Kapsul Indosat - doc.pribadi
Setelah ke gerai Indosat, kami naik mengunjungi kantin untuk karyawan Indosat. Suasana kantin belum begitu ramai saat itu. Nuansa cafe  dengan berbagai menu. Yang unik adalah adanya kapsul merah untuk karyawan mempunyai ruang pribadi untuk bermain internet.

Ruang Indosat Command Center - doc.pribadi
Terakhir peserta dibawa ke ruang Indosat Command Center yaitu ruang kontrol dan monitoring Indosat yang menerima keluhan dari berbagai daerah pengguna Indosat di Indonesia. Terjawab juga bahwa nomor handphone yang kita gunakan itu sudah diatur oleh pemerintah.
doc.pribadi
Kembali ke ruang seminar setelah istirahat, dilanjutkan dengan permainan yang dipandu oleh 3speakers dan materi lagi terkait sosial media. Kali ini tentang hastag, Uli menceritakan awal mula penggunaan hastag oleh Chris Messina pada Agustus 2007 yang akhirnya menjadi syarat utama branding. Hastag diibaratkan seperti lemari yang memudahkan kita mencari apapun di sosial media dan hastag juga ternyata ada aturannya, yaitu
  • Jangan gunakan hastag terlalu banyak
  • Buatlah hastag sependek mungkin
  • Hastag kita juga bisa dicatatkan artinya
  • Jangan menggunakan spasi atau tandabaca pada hastag
  • Temukan definisi hastag pada website #tagdef
Aksi 3speakers - doc.pribadi
Fakta menarik lainnya yang bisa diserap dalam seminar ini adalah berapa lama audiens menghabiskan waktu untuk bermain sosmed dan terlama adalah instagram sekitar 3-4 jam per harinya. Selain itu juga ada hari dan jam terbaik untuk posting di sosmed, ini dia:

Sosial Media
Hari Baik Posting
Jam Terbaik Posting
Facebook
Kamis dan Jumat
13.00 dan 15.00
Instagram
Senin dan Rabu
14.00,17.00 dan 22.00
Twitter
Senin – Jumat
12.00,17.00 dan 18.00
Linkedin
Selasa, Rabu dan Kamis
09.00 dan 13.00
Untuk Linkedin biasanya diisi oleh profesional karir usia diatas 30 tahun
 
Do's & Don't dalam Sosial Media - doc.pribadi
Di akhir acara 3speakers mendatangkan  Adetya H. Hutami yang mempunyai produk makanan dan minuman sehat the real food dengan brand trfhomemadeindonesia. Adetya menceritakan kisah berjualan di sosial media yang akhirnya bisa membuka gerainya sendiri. Tips dari Adetya adalah untuk menciptakan variasi produk baru setiap bulannya agar menarik pelanggan, jika produknya unik pasti akan dicari orang, tidak perlu mengeluarkan biaya untuk endorse dan yang paling utama adalah pelayanan yang perlu cepat tanggap (fast respon) kepada pelanggan. 

Buku Hilbram - doc.pribadi

Dalam seminar ini selama keliling melihat ruang di Indosat diadakan lomba foto di sosial media dengan hastag  digital super woman dan alhamdullilah aku beruntung terpilih. Hadiahnya buku My Public Speaking dari Hilbram Dunar.  -RGP-

1 komentar:

kataresi.com 2018. Powered by Blogger.