Seruput Kopi Nineteen, Semangat UMKM dalam Teman Kreasi

IDX (Bursa Efek Indonesia) Channel yang merupakan satu-satunya bursa efek di Indonesia, kembali menggelar acara IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia (ICAII) 2021 dengan tema Accelerating Economic Recovery During Covid 19. ICAII 2021 telah dilaksanakan pada 19 Agustus 2021 dan diikuti ratusan perusahaan, dari perusahaan BUMN (Badan Usaha Milik Negara ) hingga perusahaan swasta. Kabar baiknya PT Smartfren Telecom Tbk menjadi salah satu pemenang ICAII 2021 untuk kategori khusus, yaitu  kategori Sustainable Innovative SME Development atas inovasi Teman Kreasi Indonesia

 

Smartfren

Teman Kreasi Indonesia

Teman Kreasi Indonesia mempunyai misi utama untuk mengembangkan semangat kokreasi dan kewirausahaan sosial bagi generasi muda. Teman Kreasi merupakan bagian dari Smartfren Community yang terbentuk sejak 2015 dan tersebar di 102 kota. Dalam sejarahnya, SF Community mendirikan Rumah Kreatif pertama yang merupakan awal mula dari Teman Kreasi Indonesia (TKI) yang berlokasi di kabupaten Bandung Barat pada Januari 2020. Beberapa waktu lalu aku sudah pernah menuliskan sekilas tentang peluncuran Teman Kreasi Indonesia disini.

 

Teman Kreasi
Momen Peluncuran Teman Kreasi

Boleh dibilang Smartfren menjadi pelopor perusahaan telekomunikasi yang menjalankan program CSR (Corporate Social Responsibility) bidang UMKM dengan basis komunitas organik. Inovasi Teman Kreasi yang bersifat bottom up dan organik mendapat dukungan penuh dari SF Community. Inilah yang menjadi kunci dari Sustainable CSR dari Smartfren. Tak ayal Smartfren dua kali mendapatkan penghargaan atas inovasi dalam pelaksanaan program CSR yang mengukuhkan SF sebagai operator telekomunikasi terbaik dalam memberikan dampak sosial di masyarakat.

 

TK Kopi Nineteen Tangerang Selatan

Sejalan dengan misi Teman Kreasi Indonesia, peserta merasakan manfaat profit dari usaha yang dijalankan serta mampu memberikan manfaat untuk orang lain maupun lingkungan sekitarnya. Inovasi menjadi salah satu kunci utama kesuksesan perusahaan di era sekarang. Perusahaan yang mampu beradatasi dengan inovasi dapat mempertahankan kapabilitas yang dinamis.

 

Smartfren
Penghargaan IDX untuk Smartfren

Saat ini terdapat 32 Teman Kreasi Indonesia yang tersebar di 30 kota, mulai dari Teman Kreasi Pekalongan ada Pasar Sayoor Online, Teman Kreasi Depok, Teman Kreasi Tangerang, Teman Kreasi Bali, Teman Kreasi Gowa, Teman Kreasi Lampung, Teman Kreasi Pekanbaru, Teman Kreasi Bandung, Teman Kreasi Kuningan, Teman Kreasi Bekasi, Teman Kreasi Pati hingga Teman Kreasi Natuna.

 

Kebetulan rumah orangtuaku di daerah Pamulang, Tangerang Selatan (Tangsel). Di Tangsel terdapat Teman Kreasi juga bernama Kopi Nineteen (Kopi19) yang berlokasi di Ciputat, Tangsel. Searah perjalananku jika hendak kerumah ortuku pasti melalui Ciputat. Kopi Nineteen ada sejak September 2020 hingga akhirnya bergabung dalam program Teman Kreasi. Selidik punya selidik, misi dari Teman Kreasi menjadi alasan utama Kopi Nineteen bergabung. Menurut M. Nur Rajab, pemilik Kopi Nineteen menyampaikan tujuannya ingin memperluas jejaring relasi di dunia usaha melalui Teman Kreasi sekaligus membangkitkan kembali semangat UMKM.

 

Teman Kreas
Kopi Nineteen Tangsel

Manfaat besar dirasakan Kopi Nineteen setelah bergabung bersama Teman Kreasi, diantaranya jejaring yang dimiliki kopi Nineteen semakin luas dan dukungan dari sesama Teman Kreasi  dari berbagai kota terasa dengan saling bantu mempromosikan. Setiap bulan sesama Teman Kreasi saling mendukung kegiatan pemberdayaan dan pendampingan UMKM di masyarakat.

 

Inovasi juga tercipta setelah bergabung Teman Kreasi Indonesia, khususnya dalam hal pemahaman nilai bisnis dan profit saja. Tersadar bahwa nilai dalam berbisnis bukan hanya bicara mengenai profit pribadi namun juga kebermanfaatan bagi masyarakat sekitar. Untuk itu, Teman Kreasi Kopi Nineteen melakukan kontribusi sosial kepada masyarakat yang terdampak pandemi dengan memberikan bantuan berupa sembako (9 bahan pokok) dari hasil menyisihkan penjualan yang didapat. Sungguh luar biasa ya, sebuah kegiatan yang patut dicontoh. Wajar saja jika akhirnya Kopi Nineteen mendapatkan penghargaan best sosial impact dalam ajang Nasional Unilever Entrepreneurship Bootcamp beberapa minggu lalu.

 

Pemilik Kopi Nineteen menitipkan pesannya untuk UMKM dimanapun untuk segera bergabung dengan Teman Kreasi Indonesia,milik Smartfren. “Banyak hal yang bisa didapatkan mulai dari relasi dan juga pendidikan usaha yang berkelanjutan. Sudahi dulu kompetesi, mari berkolaborasi melalui Teman Kreasi Indonesia,” M. Nur Rajab (Kopi Nineteen) dalam wawancaranya bersamaku via whatsapp. Tidak sabarnya rasanya ingin mencoba langsung menyeruput Kopi Nineteen yang penuh cita rasa lokal ini.

 

Teman Kreasi
Promo Kopi Nineteen

Ayo kita dukung selalu produk lokal tanah air kita. Majukan negeri kita ini dengan semangat umkm, dengan tak lupa memberikan manfaat kembali kepada masyarakat. Kalau bukan kita anak negeri yang bangga maka siapa lagi. Kebetulan lagi ada promo gratis ongkos kirim lho di Kopi Nineteen setiap pembelian 3 botol (bisa mix rasa). Yuk diorder Kopi Nineteennya atau mau ngopi bareng sama aku nanti tunggu aku ke Pamulang ya.-RGP-

Comments

  1. Keren banget ya Teman Kreasi Indonesia. Jaman sekarang CSR nggak hanya pembangunan fisik ya. Justru yang longlast dan selalu bisa menghasilkan sesuatu yang baru ya seperti Teman Kreasi Indonesia ini.

    ReplyDelete
  2. Taman Kreasi ini gimana ya konsepnya, membantu UMKM gitu yak. Keren nih. Bahkan mitranya si kopi19 bisa jadi most social impact gitu ya. Jadi bener2 bukan kaleng2 nih.

    ReplyDelete
  3. Baru tahu Kak Resi, ternyata di Pekalongan juga ada teman kreasi ya. Coba deh ntar aku kepo2 sepertinya emang menarik utk memberdayakan anak muda. Mantap Smartfren

    ReplyDelete
  4. Di masa pandemi ini Smartfren melalui Teman Kreasi tetap aktif melakukan CSR dengan memberdayakan para UMKM lokal ya. Selamat untuk Smratfren atas penghargaan IDX Awardnya

    ReplyDelete
  5. Kak Resi selalu menuliskan hal-hal yang inspiratif.
    Keren sekali.
    Dan semoga produk lokal UMKM bisa semakin maju, meski di saat pandemi. Karena kini ada Samrtfren.

    ReplyDelete
  6. Entrepreneur perlu banget memperluas jejaring untuk mengembangkan bisnis. Lewat Teman Kreasi, jadi enggak merasa sendiri, bisa saling bantu, dan semakin memajukan UMKM. Bagus banget programnya Smartfren

    ReplyDelete

Post a Comment