Teman Kreasi Indonesia, Berkomunitas Untuk Bersinergi Membangun Negeri

 

Kabar gembira bagi pengguna Smartfren dan wirausahawan hingga kreator lokal. Di bulan Maret 2021 ini, Smartfren meluncurkan program Teman Kreasi Indonesia yang bertujuan untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan masyarakat Indonesia. Smartfren terus berupaya menunjukkan dukungannya terhadap kreator dan wirausaha produk lokal melalui program-programnya. Aku sendiri juga turut senang melihat ada provider yang terus menerus peduli dengan produk lokal. Aku termasuk pecinta produk lokal.

 

Teman Kreasi Indonesia

Peluncuran Teman Kreasi Indonesia

Peluncuran program Teman Kreasi Indonesia oleh Smartfren diadakan melalui channel youtube Smartfren dan zoom meeting pada 25 Maret lalu. Pengguna Smartfren antusias menyambut baik program ini, termasuk aku. Teman Kreasi Indonesia merupakan wadah untuk mengembangkan kokreasi dan kewirausahaan sosial bagi generasi muda dengan membuka peluang bagi UKM (usaha kecil dan menengah) yang kreatif. 

Program ini juga merupakan sarana pemberdayaan berkelanjutan berdasarkan pengembangan dan penguatan komunitas. Dengan bangga Djoko Tata Ibrahim, Deputy CEO Smartfren mengutarakan peran serta dari Smartfren Community yang sudah ada di 100 kota ini cukup besar dan berpengaruh dalam setiap program Smartfren khususnya dalam program terbaru ini, Teman Kreasi Indonesia. Smartfren Community adalah komunitas pelanggan Smartfren.

 

Teman Kreasi Indonesia

Smartfren sebelumnya telah meluncurkan WOWLabs sebagai platform kokreasi untuk generasi konten dengan melahirkan produk edisi terbatas. Kehadiran Evan dari ‘Show The Monster’ dan Handy dari ‘Common Spot’ yang menjadi mitra kokreasi WOWLabs menunjukkan dukungannya terhadap program Teman Kreasi Indonesia. Untuk terus menunjukkan komitmennya dalam mendukung semua kreatifitas di Indonesia, Smartfren tak henti membuat wadah kokreasi.

 

Semangat kreatifitas dan kokreasi membuka peluang baru untuk kreator muda Indonesia termasuk peluang usaha. Untuk itu dalam peluncuran hadir juga Sahroful Aska dari Pasar Sayur dan Didik Jatmiko sebagai leader Smartfren Community Bojonegoro. Keduanya membagikan ceritanya seputar kondisi di kotanya masing-masing. Aska menceritakan kondisi pertanian di Pekalongan yang tidak sehat yang merugikan petani. Aska membuat Pasar Sayur untuk memutus rantai tersebut. 

Sebagai blogger, Didik mulai mengenalkan produk lokal Bojonegoro melalui internet, diupload ke sosial media & blog. Pertemuannya dengan Teman Kreasi ini berawal dari SF Community. Saat itu 31 Maret 2017, Didik menghadiri Gathering SF Community Surabaya. Bertekad datang dari Bojonegoro untuk silaturahmi dengan SF Community Surabaya dan sahabat blogger Jawa Timur. Dua tahun kemudian, tepatnya 17 Agustus 2019, Didik dikukuhkan sebagai Leader SF Community Bojonegoro, hingga akhirnya tercetus Teman Kreasi Bojonegoro pada tahun 2020 dan pada 25 Maret 2021 Teman Kreasi Indonesia  diresmikan secara nasional oleh Smartfren.

 

Teman Kreasi ‘Buka Peluang Tanpa Batas’

Teman Kreasi Indonesia berawal dari sebuah inisiatif sebagai pergerakan sosial bersama SF Community yang terbentuk secara organik. Di tahun 2015 SF Community mulai dibina langsung oleh Smarfren. Dengan visi menumbuhkan jiwa kewirausahaan di masyarakat, Anggota SF Community menuangkannya dalam buku Buka Peluang Bersama Teman Kreasi yang berisi 30 cerita inspiratif.

 

Logo Teman Kreasi Indonesia memiliki filosofi makna mengartikan bersama saling membantu dan menopang, bersama menjadi kuat. Bersama menjadi penggerak agar UKM bisa maju dengan pendampingan. Semua melalui proses berjalan dan berpikir bersama. Ide yang muncul bersama untuk menjadi teman yang mendukung kreasi sesama.

 

Program Teman Kreasi Indonesia berjalan melalui dukungan yang sinergi. Lima (5) poin utama tentang Teman Kreasi Indonesia:

1.      Membuka peluang seluasnya bagi generasi muda

2.      Semangat kokreasi dari WOWLabs yang menginspirasi yang akhirnya diterapkan

3.      Social digital interpreneur yang memanfaatkan teknologi digital untuk digunakan di kota masing-masing

4.      Local heroes yang menginspirasi untuk menumbuhkan daerahnya

5.      Suistanable community development, program yang berkelanjutan dengan motvasi mandiri dan berbagi

 

Keunggulan Teman Kreasi Indonesia

Saat ini Teman Kreasi Indonesia telah hadir di 24 kota. Mulai dari kota Depok, Tegal, Lampung, Tangerang, Tangerang Selatan, Lebak, Cilegon, Serang, Bekasi, Bandung, Garut, Cibungur, Pekalongan, Kuningan, Cilacapm Blitar, Bojonegoro, Pati, Mojokerto, Surabaya, Bali hingga Natuna. Kedepannya akan menjangkau kota lainnya.

 

Teman Kreasi Indonesia


Teman Kreasi Indonesia


Ada beberapa keunggulan dan manfaat yang bisa didapatkan dengan bergabung menjadi Teman Kreasi Indonesia. Mulai dari dukungan jaringan stabil dan koneksi internet kencang ’daebak’ 4G LTE,  bantuan infrastruktur usaha dengan beberapa syarat tertentu. Bantuan tersebut bisa digunakan juga untuk modal usaha hingga berjalan merintis. Anggota Teman Kreasi Indonesia juga mendapatkan dukungan capacity building berupa kelas pelatihan secara online yang bisa diikuti gratis. Jaringan potensi pasar dari Smartfren Community di banyak kota menjadi dukungan spesial agar program ini bisa menghasilkan jaringan wirausaha dan kreator baru yang 100% lokal sehingga memperkuat ketahanan ekonomi masyarakat.

 

Sejauh ini Teman Kreasi Indonesia sudah menghasilkan produk kuliner lokal seperti keripik usus goreng Jumain, ledre dari Bojonegoro, keripik jantung pisang, kopi robusta, keripik daun. Bagi pelaku wirausaha dan ingin mengembangkan usaha dengan basis digital dan sosial media dapat mengikuti akun resmi di instagram @SmartfrenCommunity, @TemanKreasi_id atau menghubungi melalui email info@temankreasi.id   -RGP-




 

 

 

 

Comments

  1. Alhamdulillah udah ada di 24 kota ya programnya, semoga Teman Kreasi bisa menjelajah lebih banyak kota dari yang sebelumnya

    ReplyDelete
  2. SmartFren sangat support UMKM dengan adanya program teman kreasi Indonesia sangat membantu UMKM kita untuk mengembangkan usaha mereka di tengah pandemi apalagi dengan adanya pelatihan2 pastinya akan sangat membantu skill pelaku usaha

    ReplyDelete
  3. Oo teman kreasi ini dari smartfren ya, wah beruntung banget pengguna smartfren. Dirumah untuk internet pakai smartfren juga sih. Di bogor lum ada kayaknya nih, smoga bs menjangkau bogor juga ya krn depok udah.

    ReplyDelete
  4. Wow program Teman Kreasi Indonesia ini keren sekali bantu para UKM buat memasarkan produknya. Pas pandemi aku jadi beralih dong sekarang belinya produk lokal terus. Selain membantu perekonomian, sekarang produk lokal bagus-bagus ya kak.

    ReplyDelete
  5. Makin banyak yang support UMKM ya, bahkan SmartFren pun ikut berperan. Mantab.

    ReplyDelete
  6. wah program yang bagus untuk mendorong UKM dan anak muda berkreasi dengan dukungan Smartfren

    ReplyDelete
  7. Wah keren ya Ka programnya Smartfren. Semoga UKM makin berdaya, makin semangat mengasah kreativitas. Aku juga cinta banget sama produk lokal. Bagus-bagus & harganya terjangkau dong. Luvvv!

    ReplyDelete
  8. Aku yakin, semakin banyak kegiatan semacam ini, makin banyak juga anak muda yang terinspirasi untuk berwirausaha. Bagus sih, Smartfren mampu mendukung bibit2 kewirausahaan :)

    ReplyDelete
  9. Sebagai pengguna setia Smartfren rasanya bangga melihat apa yang sudah dilakukan Smartfren untuk masyarakat Indonesia. Kolaborasi demi kebaikan bersama. Bukan sekadar provider yang menyediakan akses komunikasi saja.

    ReplyDelete
  10. Wah Depok masuk salah satu trman kreasi smartfren ya. Memang banyak sih ini peluang usaha di Depok. Keren deh programnya nih.

    ReplyDelete
  11. Keren emang ya Smartfren ini.. bukan hanya berfokus pada bisnis providernya..tapi dukungan thd komunitas juga

    ReplyDelete
  12. Wah aku baru tahu ada Teman Kreasi, bagus juga ide mas Didik mempromosikan hasil dari Banjarnegara secara online, sehingga jadi banyak yang tahu ya. Makasih Smartfren sudah mendukung UMKM Indonesia.

    ReplyDelete
  13. Yang punya usaha alias pelaku UMKM makin terbantu nih berkat Teman Kreasi Indonesia sehingga banyak peluang lagi buat bisnisnya

    ReplyDelete
  14. Smartfren selalu bagus inovasinya, yg ini bisa membantu UKM banget, mana udah tersebar merata

    ReplyDelete
  15. Teman Kreasi membuat anak muda semakin bersemangat dalam membuat inovasi dan saling bersinergi agar lebih sukses.
    Sukses terus, Teman Kreasi dan UMKM.

    ReplyDelete
  16. Wah asik nih kak. Saya juga pengguna setia Smartfren, dan senang banget dengan program ini.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

[INSPIRASI] Kisah Inspirasi: Erikar - Food Combining Merubah Hidupku

Pengiriman Lebih Mudah dengan Alfatrex, Baru dari Grup Alfamart

[HERBA INFO] Peluang Usaha Tanaman Buah Tin Potensi Cerah dan Baik Untuk Kesehatan