Terima Kasih 2021, Selamat Tinggal Nenek


Beberapa hari lagi kalender 2021 berganti menjadi kalender 2022. Alhamdulillah pandemi mereda perlahan. Banyak momen mengesankan terjadi selama 2021, baik suka maupun duka. Semuanya harus disyukuri karena masih diberi sehat hingga kini. Selama 2021 juga Smartfren terus setia mendampingi setiap aktivitas digitalku. Mulai dari perjalananku ke Bali, Semarang hingga kemanapun hati dan kakiku melangkah.

 

Smartfren

Momen Kontempelasi di Bali

Awal tahun 2021 sekitar bulan Maret tepatnya aku melakukan perjalanan ke Bali yang sudah menjadi rumah keduaku karena aku pernah tinggal di Bali sebelumnya beberapa tahun. Kebetulan aku memenangkan voucher menginap di salah satu hotel bintang 5 di kawasan Nusa Dua, Bali. Saat itu aku berencana ingin menikmati ‘me time’ku bersama teman-temanku di Bali dan aku memutuskan berangkat sendiri.

 

Bali sebuah tempat syahdu untuk menikmati alam dan segala kelebihannya yang menyatu dengan hatiku. Pantai Bali dan sunset always the best for me dengan ditemani segelas es teh leci serta seporsi nacos dan guacamole, tak lupa iringan musiknya. Melupakan sesaat hiruk pikuk dan segala intrik di kota Jakarta, perasaan yang sama ketika kala itu jiwa mudaku berkelana tinggal di Bali tanpa rencana. Kunamakan itu masa muda masa’ lupa. Hanya pantai pelipur laraku setiap ke Bali.

 

Smartfren

Kebetulan hotel yang kutempati memiliki akses private beach langsung menyatu dengan area hotel. Puas rasanya bisa menikmati pantai. Hidupku selama di Bali hanya pantai, pantai dan pantai. Meski masa berlaku tinggal di hotel voucher telah habis aku melanjutkan menginap di hotel juga yang lokasinya tak jauh dari pantai Kuta. Hotel yang kedua ini bahkan memiliki kolam pribadi di dalam kamar. Seru banget pokoknya. Aku mengajak temanku dan putrinya untuk menemaniku. Canda dan tawa melepas rindu.

 

Sejujurnya aku bukan tiper orang yang suka ke destinasi wisata. Aku jarang sekali bepergian ke destinasi wisata kalau ke Bali. Alhamdulilahnya sebagai seorang freelance pekerjaanku bisa remote dari manapun selama ada koneksi internet. Yang kini digaungkan ”work from bali”. Selama disana aku menikmati waktu bersama teman-temanku, saling berbagi cerita bagaimana bertahan selama pandemi. Banyak kesukaran yang dihadapi sebagian besar teman di Bali saat itu. Mulai dari pemecatan, pemotongan gaji, maupun beralih wirausaha.

 

Smartfren

Aku sebagai penggiat media sosial dan blogger akhirnya perlahan membagikan pandangan dan pengalamanku mendapat pemasukan juga di dunia media sosial. Dimana dunia online digital sedang marak berkembang menjadi sebuah peluang baru bagi siapapun termasuk bagi mereka yang akhirnya menjadi wirausahawan.

 

Dibutuhkan tekad, konsisten, dan internet di era sekarang untuk berjualan online. Betul apa betul. Penjualan online meningkat selama pandemi berkaitan dengan adanya tuntutan dari pemerintah untuk mengurangi aktivitas luar, berkerumun, maupun perihal social distancing hingga pembatasan pelayanan gerai-gerai bahkan jumlah penggiat media sosial juga meningkat.Kehadiran Smartfren sangat berarti selama ini.

 

#TemanBukaPeluangmu Bersamaku

Seperti yang sudah kuinformasikan di awal bahwa aku adalah pemakai setia Smartfren dan sudah banyak sekali programnya yang sangat jempolan dalam mendukung anak muda dan usaha mikro kecil menengah (umkm). Salah satunya adalah program Smartfren Teman Kreasi yang membuktikan bahwa Smartfren selalu konsisten menjadi teman buka peluang untuk masyarakat luas dalam mengembangkan umkm.

 

Program Teman Kreasi ada sejak 2015 dan terbentuk sejak organik berkat sebuah inisiatif. Visi yang dibawa adalah menumbuhkan jiwa kewirausahaan di dalam masyarakat. Teman Kreasi sebenarnya sudah ada di Bali. Ini menjadi kesempatan juga bagiku untuk mengajak teman-temanku di Bali untuk bergabung dan sdapat saling mendukung diantara wirausahawan.

 

Dengan bergabung menjadi Teman Kreasi #TemanBukaPeluangmu bisa mendapatkan manfaat dukungan koneksi internet yang kencang bahkan modal usaha dengan beberapa persyaratan yang harus dilengkapi. Teman-teman juga bisa mendapatkan beragam pelatihan online gratis untuk mendukung usahanya. Daebak kan. Kapan lagi ada operator yang loyal begini. Jangan berhenti di kamu informasinya. Kayak aku donk woro-woro informasi yang berfaedah ini.

 

Update Informasi Berkat Unlimited SF

Di tahun 2021 aku juga sempat melakukan perjalanan ke Bandung, Semarang dan kota Blora, tanah kelahiranku. Perjalanan ke Bandung kulakukan bersama mamah mertua, kakak ipar dan ibu-ibu PKK Pondok Kopi., Jakarta Timur. Meski aku kini tinggal di Pondok Kelapa (masih di Jakarta Timur) kebetulan kartu pendudukku masih Pondok Kopi. Alhamdulillah lagi aku diberikan mamah mertua yang baik hati. Dari awal pernikahanku aku sering kali menemani aktivitas mamah mertuaku yang sangat aktif di lingkungan Pondok Kopi (rw 05).


Smartfren

 

Seperti halnya ke Bandung ini didaftarkan dan difasilitasi oleh mamah mertuaku, maklum anak mantu kesayangan. Kamu jangan iri yach, bagi yang jomblo kudoakan semoga berjodoh dengan keluarga suami yang baik juga kayak aku. Aamiin.

 

Di Bandung kami mengunjungi Kawah Putih dan kapal Phinisi, hanya perjalanan sehari saja tapi berkesan. Penuh canda tawa bersama mamah mertua dan kami mengabadikan banyak foto.Otomatis langsung donk aku share di status.

 

Aku juga sempat melakukan perjalanan ke kabupaten Semarang untuk memenuhi undangan field trip bersama Dispar (dinas pariwisata) bersama beberapa teman blogger dan vlogger. Kami mengunjungi banyak destinasi wisata selama di Kab. Semarang tentunya mulai dari Bukit Cinta Rawa Pening, Muncul river tubing, Goa Rong, Tlogo Resort, Banyumili, Umbul Songo Kopeng, Merbabu view, dan Bamboo resort.

 

Sudah menjadi tugas kami sebagai peserta field trip untuk mengabadikan setiap momennya dan mempromosikan destinasi wisata yang ada di Kab. Semarang. Dengan jaringan internet stabil dan kencang dari Smartfren Unlimited, aku bisa puas posting kapanpun.

 

Smartfren

Di tahun 2021 aku juga sempat mudik ke Blora bersama ibu dan kedua adikku. Saat itu kondisi nenekku (dari ibu) masih sehat. Momen itu menjadi momen terakhir kami berkumpul komplit. Allah memanggil nenekku pulang ke pangkuanNya pada Desember 2021. Sewaktu ke Semarang aku sempat mengunjungi nenekku sehari, dimana keadaan nenek saat itu menurun pasca operasi. Allah lebih sayang nenek, Al Fatihah.

 

Selama kondisi nenek kritis aku selalu mendapat info perkembangan nenek dari keluarga di Blora. Ibuku beberapa bulan di Blora menemani nenek dan keluarga besar berkumpul di saat terakhir nenek. Di jaman sekarang berkat adanya internet stabil dari Smartfren Unlimited aku bisa cepat juga mencari informasi tiket untuk perjalanan ke Blora saat berita duka sampai ke telingaku. Selama perjalananku ke Blora juga sedikit terhibur dengan tayangan streaming di gadgetku. Terima kasih 2021. Terima kasih Smartfren.

Semoga di tahun 2022 aku bisa lebih banyak menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman-teman yang kusayangi serta menyayangiku. Jadikan setiap momen berharga agar tiada penyesalan. Untuk resolusi 2022 juga aku ingin terus meningkatkan kemampuanku agar bisa menjadi pribadi yang bermanfaat untuk sesama. Semoga peluang yang baik lebih banyak. Aamiin.


Smartfren




Comments

  1. Penasaran banget euy sama hotel ke dua yang punya kolam dalam kamar. Lah kebayang serunya kan ini kak

    ReplyDelete
  2. Pekerjaan yang bisa remote dari mana aja itu menyenangkan ya kak, dan aku setuju bgt kalau Smartfren Unlimited sangat membantu bgt, aku jadi pengen jaln jalan ke Bali kak

    ReplyDelete
  3. Berbahagialah kita sebagai freelancer ya kak...tidak bergantung pada rutinitas jam kerja dan modal internet kencang dari Smartfren kerjaan beres..Bisa dikerjakan dari mana saja..

    ReplyDelete
  4. Sepanjang tahun 2021 banyak hal yang telah dijalani ya kak, bisa berkunjung ke beberapa kota duh senangnya...
    Tapi ada kesedihan juga yaa karena nenek telah tiada...
    Namun tetap semangat bekerja darimanapun karena ada smartfren

    ReplyDelete
  5. Tahun 2021 menyimpan banyak sekali kejadian luar biasa buat saya dan keluarga mbak. Turut berduka cita ya atas kepergian neneknya.

    ReplyDelete
  6. Deuh.. Tahun 2021 emang something banget, ya.. Dari covid, WFH balik WFO. Belum lagi perkara hati. Semoga ditempatkan ditempat terbaik disisinya buat neneknya ya, Kak. Semangat terus kak..

    ReplyDelete

Post a Comment