Frenzone Challenge, Wujud Kokreasi Un1ty, Smartfren dan 'Dari Jendela SMP'

Hore, kabar gembira bagi para ‘Army’ (fans dari BTS, grup boy band asal Korea Selatan) kalau BTS atau yang dikenal sebagai Bangtan Boys berhasil memenangkan Penghargaan Musik Amerika (AMAs: American Music Awards) tahun ini sebagai “Artist of The Year” 2021. Tidak sia-sia perjuangan mereka merintis karis semenjak debut pertamanya di tahun 2013. Lebih dari 10 penghargaan sudah diraih BTS. Sebuah persahabatan dan perjuangan yang patut dicontoh. Ternyata Indonesia juga mempunyai grup boy band lho yang berprestasi, namanya Un1ty.


Smartfren


Tentang Un1ty 

Angkatan emak-emak pasti tahunya grup boy band negeri sendiri tahun 90an seperti Trio Libels, Kahitna, M.E, T-Five dan masih banyak lagi lainnya. Banyak kenangan dari lagu-lagu mereka yang terngiang senandungnya seperti lirik berikut dari sepenggal lagu M.E berjudul ‘Inikah Cinta’, “Inikah Namanya cinta, oh inikah cinta, cinta pada jumpa pertama”. Hayo siapa yang gak tahu lagunya, jangan ngaku anak 90an dech. 


Tahun berganti, grup boy band yang beranggotakan anak muda semakin banyak. Salah satunya ada Un1ty (dibaca: unity) yang debut di tahun 2019 dan memiliki anggota 8 orang, Fajri, Farhan, Fenly, Fiki, Gilang, Ricky, Shandy, dan Zweitson. Anggota Un1ty terpilih sebagai anggota dari 500 kandidat program kompetisi musik. Un1ty merupakan bentukan kolaborasi dari Patrick Effendy dan Famous All Stars Indonesia. Rentang usia anggota Un1ty sekitar 16 hingga 23 tahun. Usia muda, usia millenial berbakat yang jika dibimbing dan diarahkan dengan tepat bisa menjadi emas. 


Terbukti keberadaan Un1ty dengan single lagu ’Coba Cintaku’ dan ’Satu” berhasil sukses mencapai peringkat 43 di Billboard Indonesia Top 100 sebulan setelah lagu tersebut rilis. Lagu ’Coba Cintaku’ juga berhasil meraih peringkat 19 pada Top 50 ’Langit Musik’ di tahun 2020. Luar biasa kan prestasi Un1ty di awal debutnya. Bahkan lagu ’Satu’ menempati peringkat 4 di Indonesia Top 20 edisi i-radio Jakarta.


Smartfen


Total ada 8 lagu dari Uni1ty di awal debutnya dengan genre  dan warna musik yang berbeda yang seakan menggambarkan keunikan pribadi dari kedelapan anggota Un1ty dengan ciri musik yang mudah didengar (easy listening) ala musik pop Indonesia seperti para seniornya. Un1ty tidak ingin sedikit pun meniru gaya boy band Korea Selatan, tetapi untuk prestasi boleh dicontoh. Un1ty juga berhasil menjadi Top Requested artis di MTV Amerika pada 21 November 2020. Arti dari top requested tersebut adalah paling banyak diminta oleh pendengar dan penikmat musik lagu dari Un1ty untuk ditayangkan yaitu selama 11 minggu berturut-turut. 


Lagu ’Friendzone’

Un1ty sempat hadir menjadi bintang tamu dalam TV program sinetron berjudul ’Dari Jendela SMP’ yang merupakan sinetron paling top di tahun ini.  Kehadian Un1ty mengundang reaksi baik dari YouNIT (sebutan untuk penggemar Un1ty) dan dari penggemar sinetron ’Dari Jendela SMP’ itu sendiri. Kerjasama tersebut berlanjut, Un1ty dipercaya mengisi soundtrack terbaru ’Dari Jendela SMP’ dengan lagu berjudul ’Friendzone’.


Lagu ’Friendzone’ ini merupakan salah satu lagu ciptaan dari anggota Un1ty. Tercatat sudah ada tiga lagu ciptaan anggota Un1ty dari total 8 lagu yang sudah dirilis. Anggota Un1ty ini memang penuh talenta mulai dari menulis lagu, menyanyi, rap hingga dance.


Istilah ‘Friendzone’ yang menjadi judul lagu Un1ty ini memiliki arti zona pertemanan atau sering digunakan untuk menjelaskan hubungan pertemanan diantara dua orang dan menegaskan bahwa hubungan tersebut murni berteman saja meski salah satunya ada yang menjadi cinta beneran. Pernah mengalami di posisi tersebut sih, eh tapi aku bukan yang baper yah. Kalau inget ini jaman sekolah SMA kebanyakan gaulnya sama temen lawan jenis dan ada beberapa yang mengungkapkan perasaan tetapi aku memilih ‘friendzone’ saja. Sudah terlanjur nyaman menjadi teman.


Smartfren


Lirik lagu ‘Friendzone’ dari Un1ty ini lebih menggambarkan situasi dari posisi teman yang memiliki perasaan kepada temannya. Sekilas lirik lagu ‘Friendzone’ bagian chorus dan interludenya.

CHORUS 2 (2 KALI) 

karena hadirmu buatku bahagia di dekatmu dunia lebih indah no matter if you and me tidak sehati kau s'lalu punya tempat di hati! 

INTERLUDE 

WOO WOO Ooh you and me WOO WOO Ooh Friendzone WOO WOO We’ll be okay WOO WOO Love the way we are


Unity FrenZone Challenge

Smartfren sebagai brand yang selalu membuka peluang baru dalam industri kreatif, ingin mengajak masyarakat dan generasi muda Indonesia  untuk ikut serta mengembangkan musik dan acara televisi yang ada di Indonesia. Smartfren menghadirkan inovasi program terbarunya pada November ini dengan tema Un1ty Frenzone Challenge yang berkokreasi dengan Un1ty dan sinetron ’Dari Jendela SMP’ yang merupakan adaptasi dari novel karya Mira W.


Tema FrenZone menyimpan pesan mengenai pentingnya pertemanan yang sehat dan positif. Smartfren dan Un1ty menyampaikannya dengan sederhana dalam video musik spesial yang menghadirkan pemeran utama ”Dari Jendela SMP’ diantaranya Rey Bong (pemeran Joko) dan Sandrinna Michelle (pemeran tokoh Wulan). Video musik Friendzone Un1ty terlihat gaya kekinian dan menampilkan gerak tari yang dinamis khas Un1ty.


Program Un1ty FrenZone Challenge mengajak penggemar untuk menjadi bagian dari peluncuran OST (original soundtrack) sinetron ’Dari Jendela SMP’ yang berjudul Friendzone. Siapa pun bisa mengikuti Un1ty FrenZone Challenge ini, tidak ada batas usia. Caranya pun cukup mudah.


  • Pilih Duet Frenzone Challenge atau Dance Frenzone Challenge
  • Buatlah video sekreatif mungkin yang memperlihatkan kekompakan Frenzone dengan sahabat/teman terdekat
  • Gunakan OST ‘Dari Jendela SMP‘ yang berjudul Friendzone
  • Unggah video kreatif tersebut di Instagram Reels atau Tiktok
  • Share sebanyaknya video kreatifmu dan tunjukkan semangat pertemanan yang positif 

Smartfren



Pemenang video kreatif Un1ty Frenzone Challenge terbaik yang dinilai sukses menyampaikan semangat pertemanan positif akan mendapatkan kesempatan ikut serta dalam proses pembuatan sinetron ‘Dari Jendela SMP’ serta mendapatkan hadiah tambahan seperti DJI Osmo maupun gadget. Pemenang Un1ty Frenzone Challenge terbaik akan diumumkan melalui program WOW Talks Smartfren. Untuk lebih lengkapnya kamu bisa cek di Tiktok dan IG Smartfren. Mumpung masih ada waktu segera ikuti Un1ty Frenzone Challenge bareng bestiemu dan dapatkan hadiahnya. Mari kita dukung boy band dan sinetron Indonesia bersama Smartfren.










Comments

  1. Un1ty ini tipikal anak-anak muda yang kreatif dan pruduktif ya. Sekarang sudah digaet sebuah brand besar, itu luar biasa.

    ReplyDelete
  2. Un1ty FrenZone Challenge akan menambah kekompakan dan kreativitas anak muda. Karena ide anak muda tidak ada habisnya

    ReplyDelete
  3. Bagi yang suka duet, wah ini menyenangkan sekali. Saya bagian menonton aja karena ga suka dan ga berani.

    ReplyDelete
  4. Aduh kemana aja aku, smpai gak tau Unity 😂 tp klo ME dan triolibels itu tau.
    Mgkin krena skrg udh g pernah liat TV ya, aq jd kudet

    ReplyDelete
  5. Haduduh, Un1ty mah bikin baper karena buat lagu yang Frenzone ini hiksss.
    Sebelumnya belum pernah tahu sih mbak, tapi pernah denger lagunya karena adikku juga sering dengerin

    ReplyDelete
  6. Wah iya?
    Hebat sekali kehadiran Unity ini yaa..jadi warna tersendiri di kancah musik Indonesia. Tidak meniru boyband Korea dan merupakan lagi adaptasi novel, aku yakin, anak muda zaman sekarang bisa berkembang dengan warna uniknya dan menjadi inspirasi bagi anak muda lainnya.

    Skuy ikutan Unity FrenZone Challenge.

    ReplyDelete
  7. Tema FrenZone ,everlasting ya ini mengenai pentingnya pertemanan yang sehat dan positif. Karena berlaku sampai kapanpun. Aku update ini dari anakku malah, maklum udah nggak terlalu ngikutin lagi nih perkembangan musik anak muda yang emang nggak ada matinya juga sih anak muda ini.

    ReplyDelete

Post a Comment