Mengisi Ramadan dengan Kegiatan Extra Faedah

Bulan ramadan adalah bulan spesial bagi umat Muslim. Aku sebagai salah satu umat muslim di Indonesia turut menantikan bulan baik penuh rahmat ini, bulan penuh kesempatan untuk berladang pahala yang akan dipanen kelak. Meski masih menjalani aktifitas dengan setia kepada protokol kesehatan tidak melemahkanku untuk mengisi ramadan ini dengan kegiatan yang insyallah extra faedah.

Kegiatan Extra Faedah Bersamaku


Faedah menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) memiliki arti manfaat atau guna. Mau tahu kegiatan apa saja yang kulakukan selama ramadan yang menurutku extra faedah? Extra faedah karena dilakukan di bulan ramadan dan dalam kondisi berpuasa yang kita tahu puasa selain menahan lapar dan haus juga bisa menahan emosi dan godaan untuk melakukan hal tidak baik.

1. Mengurus bank sampah

Di tempat hunian yang kutinggali ada bank sampah unit dimana aku berpartisipasi menjadi pengurus. Bank Sampah buka setiap akhir pekan di hari Sabtu dan Minggu, mulai dari jam 9 pagi hingga jam 12 siang menerima warga untuk menjual sampahnya. Warga membawa sampah yang sudah dipilah sesuai jenis yang bisa dilihat di aplikasi Jakone Artri. Proses pengecekan sampah hingga transaksi dilakukan di lantai dasar.

Pengurus memiliki tanggung jawab masing-masing saat pelaksanaan. Aku sebagai humas terkadang standby untuk membantu input jenis sampah di aplikasi. Membutuhkan sinyal yang bagus untuk mempercepat proses input. Selain itu juga aku membantu mempersiapkan sampah untuk dibawa ke Bank Sampah Induk pada jadwal berikutnya. Sampah yang sudah terkumpul di bank sampah unit dipisahkan sesuai jenis, dilepas label, dan digeprek. Semua harus dalam keadaan bersih untuk dibawa ke Bank Sampah Induk. Warga dan pengurus sangat antusias dalam mengelola sampah untuk lingkungan yang lebih sehat.

Kegiatan Bank Sampah

2. Mempersiapkan takjil warga


Kebetulan aku tinggal di area hunian bertingkat. Di bulan ramadan kali ini warga hunian sepakat untuk mempersiapkan takjil atau bukaan untuk buka puasa dengan jadwal yang sudah ditetapkan. Kebetulan aku tinggal di lantai 6 dan mendapatkan jadwal pada 17 April lalu. Warga di lantai 6 sukarela memberikan takjil untuk disatukan dan dipersiapkan di meja takjil di bawah. Suamiku semangat sekali membuat burjo (bubur kacang hijau) untuk takjil.

Tepat jam 5 takjil dari warga lantai 6 dikumpulkan di rumahku untuk dirapikan sebelum dibawa ke lobi. Alhamdulilah melimpah ruah takjilnya mulai dari lontong, donat, gorengan, es susu kelapa hingga kopi. Bapak-bapak lantai 6 kompak membawa takjil ke lobi. Sesampainya di lobi dan teras kami rapikan takjil sambil menunggu adzan magrib berkumandang. Warga antusias untuk mengambil takjil dan sebagian besar berbuka bersama dengan takjil yang sudah disiapkan.

Suasana Buka Puasa Bersama

3. Menjalankan program donasi bulanan 20K Bplus

Program donasi blogger plus sudah terlaksana lebih dari setahun. Alhamdullilah berkat dukungan dari blogger yang tersebar di beberapa kota. Untuk bulan penuh berkah kali ini donasi diturunkan di Bali. Kordinasi dengan teman di Bali berjalan lancar. Jaringan komunikasi yang bagus sangat diperlukan saat turun donasi untuk kebutuhan dokumentasi kepada para donatur. Sebanyak 15 paket donasi sudah disampaikan ke pedagang lansia di Bali sesuai dengan target program 20k.


4. Mendukung webinar program pemerintah

Di bulan ramadan ini aku berpartisipasi dalam kegiatan webinar milik kementerian dalam mendukung program BKKBN (Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional) yaitu generasi bersih sehat sadar stunting. Tugasku mengumpulkan dan memberi arahan kepada peserta agar webinar bisa berjalan lancar, tujuan webinar tercapai dan materi tersampaikan. Peserta harus mengikuti webinar dari awal hingga akhir serta harus mempersiapkan jaringan yang stabil. Webinar ini berisi sekitar 120 peserta dengan usia muda sekitar 17 – 28 tahun. Webinar ini juga diselenggarakan secara langsung di beberapa kota di Jawa Barat.

Ramadan Extra Faedah Bersama Smartfren

Itu tadi beberapa kegiatanku selama ramadan yang menurutku extra faedah, insyallah. Ternyata Smartfren juga tidak mau kalah untuk menuai pahala saat ramadan ini dengan #RamadanExtraFaedah. Pada tanggal 7 April lalu, Smartfren mengadakan virtual konferensi pers untuk menghadirkan kembali Extra Unlimited Malam Full Speed. #RamadanExtraFaedah memanfaatkan teknologi untuk menyebarkan konten berfaedah dan menginsipirasi dalam kebaikan.


Arief Muhammad (content creator), Anya Geraldine (artis/influencer) dan Hana Madness (visual artist) hadir meramaikan virtual konferensi pers Smartfren. Mereka menyambut baik program terbaru dari Smartfren. Antusias menyebarkan kebaikan dan membuat konten berfaedah juga digaungkan bersama. Smartfren mengajak semuauntuk bersama untuk Ngonten Extra Faedah dan berkesempatan memenangkan hadiah menarik setiap minggunya. Mulai dari sepeda edisi terbatas, Sony PS 5, iphone 12, kamera, laptopdan banyak lainnya.

Cukup dengan membuat konten berfaedah dalam bentuk video maupun foto, posting di media sosial yang kamu punya dan mention @smartfrenworld, lalu tag dua teman kamu dan gunakan hastag pagar #RamadanExtraFaedah dan #UnlimitedBisaSemua. Untuk lebih jelasnya kamu bisa cek disini.

Kokreasi positif juga tercipta oleh Hana Madness dan produsen fashion lokal, Koolastuffa tercipta berupa merchandise edisi ramadan yaitu baju koko dan scarf. Hasil penjualan dari merchandise ini akan disalurkan kepada Yayasan Benih Baik Indonesia untuk mendukung kegiatan UMKM milik penyandang disabilitas berupa peralatan pendukung penyandang disabilitas.


Beberapa kegiatan #RamadanExtraFaedah aku selama didukung jaringan internet yang stabil 24 jam, mulai dari keperluan webinar, kordinasi dengan peserta, kordinasi dengan warga, membantu memasukan data sampah ke aplikasi. Dengan Extra Unlimited Malam bisa internetan 24 jam di semua aplikasi, di mana saja dan kapan saja dengan dukungan jaringan 4GLTE. Semua pelanggan Smartfren dapat menikmati sahur dengan Extra Unlimited Malam Full Speed setiap harinya mulai pukul 01.00 wib hingga 05.00 wib. Bener-bener daebak. –RGP-

Comments

  1. Extra banget aktifitas selama Ramadhannya mba, sama halnya dengan Smartfren #RamadanExtraFaedah dengan akses internet 24 jam stabil. Gak henti-henti, mantap! 👍

    ReplyDelete
  2. Wah, mantab sekali kegiatannya kak. Inspiratif. Biar bisa kerja cepet providernya juga harus kilat yak

    ReplyDelete
  3. Saat bulan Ramadhan memang saatnya memperbanyak kegiatan yang bermanfaat untuk orang lain ya ka agar pahala kebajikan bisa didapatkan dan untuk itu semua harus didukung dengan jaringan internet yang bgus seperti SmartFren

    ReplyDelete
  4. Alhamdulillah semoga apa yang dilakukan saat bulan Ramadan menjadi jembatan kita menuju ke surga. aamiin

    ReplyDelete
  5. Masyaallah. Benar-benar seru dan extra faedah ya kegiatan selama ramadan tahun ini

    ReplyDelete
  6. Dengan kitanya melakukan kegiatan Ramadhan yang ekstra berfaedah bisa memberikan feedback positif kepada kitanya juga

    ReplyDelete
  7. Ramadhan kali ini emang bersamaan dengan pandemi. Tapi pokok e tetep kudu produktif untuk menjalan aktivitas produktif. Semangat Kak :)

    ReplyDelete
  8. Alhamdulillah, barakallah kegiatannya di Bulan Ramadhan makin extra dan tak kenal lelah. InsyaAllah semua menjadi amalan yang berlimpah pahala. Termasuk program donasi blogger plus tersebut, sudah menjadi agenda rutin pula, semoga kegiatan program donasi plus ini cakupannya semakin luas di masa mendatang.

    ReplyDelete
  9. Mba Resi Alhamdulillah tetap aktif selama Ramadan ini yaaa
    MasyaAllah TabarokAllah.
    seneng bgt SmartFren selalu support kegiatan kita, yeayyy!

    ReplyDelete
  10. Wah ka resi keren bgt aktif sekali yah selama Ramadhan ini
    Semoga selalu sehat ya kak 🥰 paketnya Eny baru tau mau coba aktifin sh

    ReplyDelete
  11. banyak banget kegiatan yang bisa kita lakukan dan dukung, Apalagi saat ramadhan biasanya pekerjaan utama agak sedikit kendor nih

    ReplyDelete
  12. Keren kak Resi Ramadan serta pan demi malah makin produktif ya. Emang kudu gtu, kitanya kudu bergerak supaya tidak stagnan di tempat, khususnya dalam berbuat kebaikan dan berkarya ya

    ReplyDelete
  13. Wah.. banyak nih kegiatanku unfaedah di ramadan.. penggemukan juga mumpung msh di Indo dalam waktu bbrp bulan ini hihi.. goler goler di rumah jalan2 ama bocils n bukber diluar haha. Nah tp ada nih nomer 4 aku lakukan.. wihh berfaedah juga ya ternyata

    ReplyDelete
  14. Kak Resii...
    Meski Ramadan tetap aktif membantu sekitarnya dan ikut serta dalam kegiatan berfaedah.
    Senang sekali melihat Smartfren pun mendukung kegiatan-kegiatan berfaedah anak muda Indonesia.

    ReplyDelete
  15. Hadiahnya lumayan banget kak ada Sony PS 5, iphone 12, kamera juga.
    Kepoin S&K kak, siapa tau saya beruntung. Doain iya..

    ReplyDelete

Post a Comment