The White Tiger: Kisah Bertahan Hidup Seorang Anak di India yang Keras

Film ini berkisah tentang seorang anak bernama Balram Halwai, seorang anak dari Desa Laxmangarh di India yang digambarkan sebagai desa miskin. Faktanya Laxmangarh adalah sebuah kota kecil di distrik Sikar, India. Balram tumbuh seperti macan putih karena memiliki kecerdasan lebih daripada anak-anak seusianya di desanya. Di India dipercaya bahwa hewan paling langka yang muncul sekali dalam satu generasi di hutan adalah Macan Putih (The White Tiger).

 

the white tiger
The White Tiger

Pesan Sang Sosialis Besar India

“Anak miskin di desa terlupakan bisa menjadi perdana menteri India. Kita tinggal di negeri hebat. Tuan Budha menerima pencerahan di negeri ini. Kita bersyukur kepada Tuhan karena terlahir di negeri ini.”

 

Tentang Balram

Dengan kemampuan membacanya, pesan sang sosialis besar itulah yang memotivasi Balram. Keluarga Balram tidak mampu membayar utang kepada rentenir desa yang rutin datang tiap bulannya. Balram terpaksa berhenti sekolah dan harus bekerja. Balram merasa jika terus berada di desa dirinya tidak akan berkembang. Balram menekadkan diri untuk bisa bekerja menjadi sopir rentenir desa yang tinggalnya di kota. Dengan tekad kuat dan berbekal uang pinjaman dari sang nenek akhirnya Balram berangkat ke kota untuk belajar mengendarai mobil.

 

Perjuangan Balram sesungguhnya, Balram harus mendapatkan kepercayaan keluarga tuan Stork (rentenir). Balram ingin sekali menjadi supir pribadi dari anak kedua tuan Stork yang bernama Ashok yang diperankan oleh Rajkummar Rao . Ashok berwawasan luas, berpikiran terbuka dan baru menyelesaikan sekolahnya di Amerika. Ashok juga tertarik dengan kecerdasan Balram. Balram mengadukan identitas supir utama keluarga tuan Stork yang sudah bekerja belasan tahun dan ternyata seorang Muslim, keluarga tuan Stork tidak menyukai Muslim. Cara licik itu Balram lakukan untuk mewujudkan keinginannya.

 

Balram menjadi supir pribadi Ashok. Ashok mempunyai istri bernama Pinky yang diperankan oleh Priyanka Chopra Jonas. Pinky adalah seorang wanita idealis yang berpikiran modern dan terbuka. Hari demi hari banyak hal dipelajari Balram dan memiliki pengalaman baru.  Balram merasa menjadi bagian dari keluarga Ashok hingga akhirnya terjadi peristiwa yang menjadikan Balram kambing hitam.


the white tiger

 

Balram sangat merasa kecewa, karena kerja keras dan kesetiaannya diperalat untuk menutupi kesalahan Pinky. Balram yang semula penurut akhirnya berubah total. Dengan menyimpan amarah yang sangat besar, Balram membalaskan dendamnya. Balram memulai hidupnya kembali dan berhasil menjadi pengusaha sukses berkat pengalamannya.

 

Tentang The White Tiger

Film yang dibuat berdasarkan adaptasi buku penjualan terbaik versi New York Times karya Aravind Adiga yang berjudul sama ini mengandung banyak nilai. Buku The White Tiger terbit tahun 2008 dan pada akhir tahun 2010 diadaptasi film. Hingga akhirnya tayang Januari 2021 ini.  Film ini berhasil menggambarkan situasi perekonomian di India dengan sangat jelas. Tidak mudah menjadi seorang anak dengan kecerdasan dan ambisi yang tinggi jika tanpa dukungan. Bersyukur Balram bisa menjadi sukses dengan kecerdasannya.

 

the white tiger

Tidak mudah juga menjadi cerdas tanpa bimbingan yang bisa menyebabkan salah arah. Balram sempat mengalami hal itu sesaat. Emosi dan amarah yang mengendalikannya sehingga melupakan akal sehatnya. Balram kembali bangkit dengan mengingat keluarganya di desa dan mengingat kembali perjuangan hingga sejauh ini.

 

Banyak pengalaman lain yang dirasakan para pemain selama di India. Mulai dari kulinernya hingga transportasi unik di India berkesan. Sebagai negara kedua terpadat di dunia, India memang memiliki daya tariknya sendiri. India juga merupakan negara pengguna bahasa Inggris terbanyak kedua di dunia. Film ini sangat realistis, akting para pemain juga sangat natural, dan layak untuk ditonton. Tak heran film ini mendapat banyak pujian dan sudah dinominasikan untuk beberapa penghargaan di tahun ini –RGP-






Comments

  1. Ini film keren..
    Must watch..
    Mengisahkan sisi lain India bukan seperti film bollywood..

    ReplyDelete
  2. Wahh aku uda lama buangetttt gak nonton india-india, kisah inj jadi bikin melek lagi, bahwa kisah india jaman now juga banyak yg keren

    ReplyDelete
  3. waah menarik nih, film india. sudah lama ngga baca review film indiahe nih. Sepertinya filmnya cocok dijadikan tontonan akhir minggu deh

    ReplyDelete
  4. Baguuusss bgt ya jalan ceritanya
    Banyak yg rekomen ini pilem
    Kerennn!!

    ReplyDelete
  5. India memang selalu menampilkan sineas yang luar biasa.
    Setting dan jalan ceritanya memukau. Terasa nyata, kecuali di bagian menari ((kalau ada scene ini, heheh)).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penasaran kalau nonton film India ini banyak lika-liku permasalahannya. Pasti super menegangkan saat menontonnya.

      Delete
  6. Karena ada "white", aku pikir balram itu peran yg menginspirasi, ternyata dia antagonis ya, atau nanti ada perubahan sifat dari Balram? Kayaknya ini bakalan menguras emosi, ada fitnah dan kambing hitam 😅

    ReplyDelete
  7. Sudah nonton ini... Cuman pas scene saat Bahram jahatin partner sesama supir itu, serius kesal kali huhu

    Tyt supir yang selama ini kerja di keluarga Stork islam

    ReplyDelete
  8. Aku udah nonton nih k resi filmnyaa bagus cuma sayangnya lama2 bossnya yang baik jadi jahat juga sama supirnya akhirnya dibunuh juga m dia...seru cma rada gimna gitu nontonnyaa

    ReplyDelete
  9. sepertinya ini film bagus dan mengedukasi ya Kak? perjuangan seseorang meraih sukses yg tak lepas dati rasa dendam. ah, jadi penasaran..

    ReplyDelete
  10. Seneng banget nih klo ada film biografi orang sukses. India ternyata banyak film bermutu yang ngga hanya joget2 an loh. Aku tandain nih filmnya buat nonton nanti.

    ReplyDelete
  11. Karena penasaran, saya sampai nonton trailernya juga. Hihihi.
    Menarik. Bisa jadi tontonan saat senggang

    ReplyDelete
  12. Wah film Netflix ya kak.. Kebayang serunya film ini.. India kehidupannya keras juga ya.. Tapi tidak sedikit juga orang2 besar berasal dari India.

    ReplyDelete
  13. Film ini emang keren kak, udah nonton berulang kali masih ga bosen, banyak pelajaran yg bisa kita ambil

    ReplyDelete
  14. Film ini seakan mengangkat real life negara2 berkembang, akan lebih sulit untuk berkembang bagi mereka yang memiliki kecerdasan dan ambisi jika tidak bergerak dari daerah asalnya. Ceritanya cukup menarik, bisa masuk list tontonan aku

    ReplyDelete
  15. Sempet lihat ini preview-nya di Netflix. Alur ceritanya menarik. Apalagi ngeliat real life di India yang keras banget gitu. Seru banget keknya.

    ReplyDelete
  16. Mau nonton ini juga tapi terus kelupaan melulu, baca ini langsung cuss ahh mau ikut petualangannya white tiger, biasanya film2 India tuh full of surprise

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

[INSPIRASI] Kisah Inspirasi: Erikar - Food Combining Merubah Hidupku

Pengiriman Lebih Mudah dengan Alfatrex, Baru dari Grup Alfamart

[HERBA INFO] Peluang Usaha Tanaman Buah Tin Potensi Cerah dan Baik Untuk Kesehatan