Wujudkan 5 Bali Baru bersama Transmate dan Kemenhub untuk Wisata Super Prioritas

Hobi traveling kini sudah menjadi trademark hampir setiap orang. Tak perlu keluar negeri, Indonesia mempunyai cukup banyak kota, pulau, dan daerah yang bisa dieksplor. Sayang sekali untuk dilewatkan keberagaman dan keindahan alam yang ada di 34 provinsi Indonesia kita ini. Memang sangat perlu peranan pemerintah dalam memberikan akses menuju destinasi wisata yang biasanya pemandangan alam terbaik ada di pelosok. Pemerintah dalam peranannya tahun ini berupaya menambahkan dan memperbaiki fasilitas akses wisata.
 
Transmate
5 Bali Baru
5 Bali Baru
Indonesia kini memiliki Kawasan destinasi wisata super prioritas 5 Bali Baru yang sudah ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wapres Maruf Amin sebagai kawasan strategis pariwisata nasional (PSN) yang merupakan program berskala super prioritas. Ketetapan 5 Bali Baru menggunakan dasar hukum Mandat Presiden Jokowi melalui Surat Sekretariat Kabinet no. B652/Seskab/Maritim/11/2015 tanggal 6 November 2015 tentang pariwisata dan arahan Presiden pada Rapat Kabinet tahun awal.

Lima (5) Bali Baru itu antara lain Borobudur, Mandalika, Danau Toba, Likupang, dan Labuan Bajo. Kelima destinasi wisata tersebut bukan tanpa sebab terpilih sebagai Bali Baru. Sebut saja Borobudur memiliki Candi Borobudur dengan monumen Budha terbesar di dunia dengan 2.637 reliefnya. Candi Borobudur ini juga sempat masuk dalam Tujuh Keajaiban Dunia pada tahun 1991.

Lalu ada Danau Toba yang terletak di Sumatra Utara mempunyai danau vulkanik terbesar kedua di dunia setelah Danau Victoria di Afrika. Danau Toba juga dinobatkan sebagai Global Geopark dari UNESCO (United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization) tahun 2019. 

Kemudian ada Mandalika terletak di Nusa Tenggara Barat ini memenangkan The Best Destination Halal dan The Best Honeymoon Destination dari Halal Travel pada tahun 2015.  Jujur aku sangat penasaran banget sama  pastinya sangat indah ya dan asri sampai bisa memenangkan penghargaan. 

Nama Labuan Bajo kini sedang hits karena pemandangan alamnya yang luar biasa dan terdapat Taman Nasional Komodo yang ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia pada tahun 1986 dan 1991 serta sebagai Cagar Biosfer pada tahun 1986. Labuan Bajo dijuluki sebagai Kota Seribu Sunset. 

Yang terakhir ada Likupang, yang ini mungkin masih asing namanya bagi sebagian orang. Likupang adalah lokasi wisata bahari yang menawan dengan adanya Desa Ekowisata Bahoi, Pantai Gangga dan Pulau Lihaga. Tak ketinggalan ada Savana di Bukit Larata dan Pantai Pulisan.

5 Bali Baru mempunyai tantangan mulai dari membenahi fasilitas, sumber daya manusianya, jenis produk-produk yang dipasarkan, pengaturan tata ruang yang belum selesai dan akses konektivitas infrastruktur untuk menuju destinasi 5 Bali Baru.

Connectivity Make Travelling Easy
Akses yang mampu menghubungkan satu destinasi ke destinasi lainnya terbukti akan sangat memudahkan para wisatawan domestik maupun internasional untuk mengunjungi destinasi wisata di Indonesia. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sesuai tugasnya alhamdulilah perlahan mulai menghubungkan destinasi keindahan alam Indonesia melalui akses dan transportasi yang siap melayani. Untuk terus meningkatkan pariwisata, pemerintah terus menambah sarana dan prasana akses wisata.

Kemenhub
Kementerian Perhubungan

Saat ini pemerintah bersemangat untuk meningkatkan infrastruktur transportasi di destinasi 5 Bali Baru. Tercatat Danau Toba memiliki anggaran untuk membangun 12 dermaga, satu kapal penyebrangan Ro-Ro dan satu unit bus air serta fasilitas lainnya. Untuk Borobudur, akan dibangun jalur kereta api Solo Balapan menuju Bandara Adi Soemarmo dan membangun kereta api Bandara Yogyakarta Internasional airport  - Kulonprogo. 

Untuk Mandalika, pemerintah akan merehabilitasi Pelabuhan Pamenang dan melanjutkan pembangunan Pelabuhan Faspel Gili Terawangan. Untuk Labuan Bajo sedang membangun satu pelabuhan untuk kapal cruise, pengadaan 2 unit kapl bottom glass serta melakukan pembebasan lahan bandara. 

Untuk Likupang sedang proses membangun Kapal Bottom Glass Bunaken untuk menambah daya Tarik wisata Likupang. Selama proses penambahan akses dan fasilitas destinasi juga perlu memperhatikan kondisi lingkungan dan masyarakat sekitar. Sinergi dengan pemerintah daerah juga diperlukan.

Dengan target tahun 2020 selesai diharapkan pada 2021 wisatawan akan meningkat semakin banyak yang datang. Pemerintah khususnya Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi juga mempunyai harapan bisa menambah lapangan pekerjaan serta pendapatan masing-masing daerah yang mempunyai destinasi wisata. 

Faktor kunci pembangunan akses transportasi adalah dengan saling mendukung dan mengembangkan semua yang ada pada 5 Bali Baru.  Khususnya dalam memberikan respon cepat untuk menikmati 5 Bali Baru.

TransMate
Transmate adalah komunitas khusus digital influencer di lingkungan perhubungan (Kementerian Perhubungan). Trans berarti transportasi dan Mate berarti parner atau teman. Transmate lebih tepatnya adalah teman/sahabat transportasi. Transmate mempunyai peran dalam menyebarkan informasi seputar 5 Bali Baru Super Prioritas. Dirjen Perhubungan mempersiapkan kegiatan yang akan mendukung destinasi 5 Bali Baru melalui peran Transmate agar destinasi 5 Bali Baru lebih berkembang potensinya. 
 
kemenhub
Transmate
Bersama kita akan mewujudkan destinasi pariwisata yang mudah diakses siapapun bahkan untuk masyarakat Indonesia. Menambah pengalaman, menikmati keindahan alam Indonesia dan merasakan sensasi saat berkunjung ke destinasi 5 Bali Baru. -RGP-

13 komentar:

  1. Dari dulu penasaran banget sama danau toba dan labuan bajo. Moga dengan inovasi ini aku bisa makin lancar ke sana ya

    ReplyDelete
  2. Wah ada dukungan dari Transmate ya untuk suport wisata ini, selamat Kak Resi udah jadi Transmate. Ajakin aku dong kalo ada kunjungan ke tempat yang udah dijadikan 5 Bali baru ini

    ReplyDelete
  3. Semoga dengan adanya Transmate,akan semakin banyak objek wisata kita dikenal banyak orang, karena dunia luar wajib tau bahwa Indonesia sangat indah

    ReplyDelete
  4. aku penasaran deh mau berkunjung ke 5 Bali baru ini, apalagi sudah banyak dapat penghargaan Halal Trip.. makin asyik deh jalan2nya..

    ReplyDelete
  5. Baru bbrp nih mba daftar Bali Baru yg di Indonesia aku kunjungi mudah2an bisa explore semuanya, semoga smkin maju nih wisata Indonesia

    ReplyDelete
  6. semoga aku bisa mengunjungi 5 bali baru min. hehehe pengen plesiran ama kesayangan dong ya.
    Seru kalian bisa ikut acaranya.

    ReplyDelete
  7. Aku pengen ke bali jadinya kak resi udah lama banget aku enggak ke bali kemarin tu galau antara milih bali atau belitung gitu

    ReplyDelete
  8. Waaaaah ada 5 bali baru, pengen banget ih bisa traveling ke 5 bali baru. yuk kak

    ReplyDelete
  9. Saya pengen banget tahun depan bisa kunjungi 5 destinasi wisata bali baru super prioritas.

    ReplyDelete
  10. Prioritas destinasi Bali Baru ini kian terus ditingkatkan mulai dari pariwisata hingga infrastruktur. Semoga saja keindahan Indonesia lebih dikenal kancah Dunia tentu saja dengan akomodasi transportasi yang lebih bersahabat mungkin dari segi biayanya

    ReplyDelete
  11. Mandalika,aku udah ke sana....penasaran sama Labuan Bajo sih. Mudah²an someday beneran bisa ke sana

    ReplyDelete
  12. Baru banget dengar mandalika dan pengen banget kesana buat liburan

    ReplyDelete
  13. Jadi pengen liburan lagi ke Bali. Resolusi tahun ini juga mau ke labuan bajo. Mudah-mudahan terwujud.

    ReplyDelete

kataresi.com 2019. Powered by Blogger.