Transformasi Digital dengan Addventures SCG Menuju Industri 4.0


Pada tanggal 3 Oktober 2018 lalu aku berkesempatan menghadiri pertemuan SCG Investment Forum 2018 di Hotel Ritz Carlton, Jakarta. SCG (Siam Cement Group) ingin menunjukkan komitmennya dalam beberapa aspek transformasi digital termasuk dalam hal investasi bisnis dan peningkatan operasi melalui anak perusahaannya yaitu AddVentures by SCG. Pertemuan SCG dihadiri oleh perwakilan kementerian, banyak perusahaan dan pengusaha.
 
Suasana Investment Forum 2018
Transformasi Digital dan Strategi Investasi Menuju Industri 4.0
Pertemuan Investment Forum 2018 SCG ini dibuka oleh Nantapong Chantrakul, SCG Country Director Indonesia, ‘SCG akan selalu berkembang dan beradaptasi terhadap evolusi dan tren selama lebih dari 100 tahun dan akan terus tumbuh untuk memberikan nilai yang lebih tinggi kepada pelanggan dan mitra”.

Investment Forum 2018 yang juga dihadiri oleh H.E. Songpol Sukchan, Duta Besar Thailand untuk Indonesia mengambil tema #DigitalPassion: Transformations that Change You. SCG memperkenalkan AddVentures untuk memperluas bisnis dalam sektor teknologi digital serta membagikan rencana ekspansi masa depan dalam industri bisnis digital di ASEAN (Association South East Asian Nation), khususnya di Indonesia. SCG menyakini bahwa digitalisasi adalah kunci untuk masa depan pembangunan berkelanjutan dari operasi SCG di Indonesia. Yang saat ini menduduki Top 5 di dunia startup dunia dan no.1 di Asia.

Addventures SCG “You innovate, We scale”

SCG juga berinovasi secara digital dan fokus untuk membuka peluang mendukung startup yang berpotensi mendorong pertumbuhan 4.0. Prinsip from zero to one pada sebuah startup diharapkan bisa menghasilkan sesuatu dari nol dengan berakselerasi mengikuti perubahan. Aku mencatat adanya energi untuk tetap selalu optimis akan perubahan dan tidak boleh takut dengan kegagalan saat proses penyesuaian.

Addventures SCG atau perusahaan venture capital SCG sudah diluncurkan tahun lalu tepatnya pada Juni 2017 dan menyediakan tiga cara kerjasama dengan startup mulai dari kemitraan ekosistem, venture capital fund dan investasi partnership. “Passion for better” menjadi fondasi SCG dalam setiap operasi bisnisnya sehingga membangun hubungan dengan relasi (relationship) sangat perlu.

Selama 3 tahun terakhir SCG telah fokus pada 5 bidang utama untuk transformasi digital yang diharapkan dapat meningkatkan daya saing dari tiga unit bisnis utama SCG di Indonesia.
1.      Pasar untuk bahan bangunan
2.      Platform pembayaran untuk B2B e-commerce
3.      Platform logistik
4.      Platform pencocokan kontraktor
5.      Otomisasi bisnis dan proses manufaktur

Investment Forum 2018 SCG juga mengundang Justin Choi, Head of Corporate Development Go-jek, Dimas Harry Priawan, Chef Executive Officer Dekoruma, dan Teddy Oetomo, Chef Strategy Officer Bukalapak untuk berbagi seputar kesuksesan startup digital mereka. Dalam membangun startup ada baiknya untuk merasakan kegagalan, bertemu banyak orang dan menikmati setiap prosesnya menurut Justin Choi.

“Don’t replacing the desaigner but provide the platform”

Start up pada dasarnya dihasilkan dari sebuah ide yang kemudian dibangun menjadi sebuah platform untuk menjalankan ide awal tanpa melupakan penciptanya, itu yang disebut transformasi digital dari mereka yang sudah sukses membangun startupnya. Dalam membangun platform juga harus fleksibel mengikuti kebutuhan pasar dan konsumen.
 
Blogger yang hadir dalam Investment Forum 2018 SCG
Tentang SCG
Masyarakat biasa awam dengan SCG dan lebih mengenal SCG dengan kata semen. Namun di dunia bisnis nama SCG sudah tidak asing lagi. SCG disebutkan sebagai salah satu konglomerat terkemuka di ASEAN dan sudah mempunyai lebih dari 200 perusahaan dan 53.000 karyawan. SCG sendiri sudah ada di Indonesia sejak 1995 dalam industri material semen, kimia dan kemasan. SCG sudah berkembang di Indonesia dengan total 28 perusahaan dan 7.000 karyawannya. Untuk lebih lengkapnya kamu bisa lihat website resmi PT SCG Indonesia dan mendapatkan informasi perkembangan bisnis dan kemitraan mereka. SCG Indonesia diharapkan bisa membantu Indonesia berkembang di 2020 menjadi digital country for south east asia. -RGP-


4 komentar:

  1. Mengaminkan bagian terakhir dari tulisan ini:

    SCG Indonesia diharapkan bisa membantu Indonesia berkembang di 2020 menjadi digital country for south east asia.

    Aamiin

    ReplyDelete
  2. Aku belum pernah ikutan even SCG, semoga kalo ada saya juga bisa ikutan menyebarkan pesan yang setidaknya turut membantu Indonesia berkembang di 2020

    ReplyDelete
  3. Mudah2an membantu Indonesia menuju 2020 yaa

    ReplyDelete
  4. Membaca ini jadi terpikirkan untuk Indonesia makin maju di 2020. Event SGM ini pasti banyak informasinya ya

    ReplyDelete

kataresi.com 2018. Powered by Blogger.