Meriahnya Festival Pasar Malam Jepang Menyambut 3 Tahun AEON Mall BSD City


AEON Mall BSD City di bulan Mei ini merayakan hari jadinya yang ketiga. Semarak perayaan terasa di main atrium AEON Mall BSD City dengan berbagai acara sepanjang 3 -13 Mei 2018 dengan tema festival pasar malam Jepang yang lengkap dengan dekorasi pohon sakura, lentera dan Yagura (Menara Bon Odori). 




Menari Yosakoi dan Menulis Shodo
Di akhir pekan tanggal 5 Mei 2018 aku turut serta perayaan dengan mengikuti workshop menari Yosakoi dan menulis Shodo.  Yosakoi adalah seni tari khas kota Kochi, perfektur Kochi di Jepang. Tarian Yosakoi terus berevolusi seiring perkembangan jaman. Hadir untuk memberikan pertunjukan dan mengajarkan teknik seni tari Yosakoi ada Yosakoi Naruko Odori "Hyakka Ryouran" yang ditunjuk langsung oleh Perfektur Kochi, Jepang sebagai Duta Yosakoi untuk Indonesia pada Agustus 2017 lalu.  
 
Menari Yosakoi - dok. kataresi
Blogger yang hadir dalam undangan sangat antusias mempelajari seni tari Yosakoi langsung dari ahlinya. Menari Yosakoi dilengkapi dengan kecrekan atau Naruko yang terbuat dari kayu dan dipegang satu di setiap tangan. Naruko berbunyi crek, crek ketika digerakkan seirama musik tari Yosakoi. Gerakan tari Yosakoi terbilang energik namun elegan. Menari Yosakoi bersama bisa membuat hati senang. Mungkin banyak filosofi didalam setiap gerakannya. Gerakan Yosakoi sangat sederhana, kekiri, kekanan dan memutar dengan membunyikan Naruko.  

Blogger juga beruntung mendapatkan workshop menulis seni kaligrafi Jepang bernama Shodo langsung dari ahlinya Sensei Nachu. Nachu adalah mantan personil SDN48 sebuah sister group dari AKB48 dan JKT48 yang sudah tidak asing di Jepang dan Indonesia. Nachu memegang sertifikasi menulis Shodo sehingga mampu mengajarkan menulis Shodo di acara ulang tahun AEON Mall BSD City yang spesial. 

Nachu Menulis Shodo - dok. kataresi

Seni menulis Shodo sebenarnya menulis kaligrafi Jepang di atas kertas berukuran 5 meter dengan kuas Shodo yang sangat besar.   Nachu memperlihatkan kemampuannya menulis Shodo diatas panggung. Diperlukan waktu bertahun-tahun bagi Nachu untuk bisa semahir sekarang. Nachu membimbing blogger dalam workshop Shodo secara perlahan dan dengan gayanya yang riang.   Aku sangat senang mengikuti workshop Shodo ini bersama blogger lainnya. Kami menulis kata Jepang atau NIHON dalam huruf kanji Jepang di selembar kertas A4 untuk permulaan. Kata NIHON terdiri dari 2 huruf kanji Jepang, Ni dan Hon. Nachu mengajarkan kami secara perlahan.

Setiap blogger dipinjami ukuran kuas yang berbeda dari panitia, aku kebagian kuas yang besar.  Teknik pertama adalah melemaskan bulu kuas yang masih baru pasti kaku. Lemaskan bulu kuas dengan air atau dengan memijatnya. Posisi menulis Shodo berbeda dengan menulis tangan, posisi kuas tegak berdiri dan jari kelingking searah dengan jari lainnya. Celupkan kuas dengan tinta secukupnya. Lalu mulailah menulis dengan kuas bertinta tersebut. 

Nachu melihat hasil Shodo - dok. kataresi

Menulis Shodo bersama Nachu - dok. kataresi
Menulis Shodo harus seimbang antara garis satu dengan yang lainnya. Shodo adalah tentang keseimbangan pikiran dan jiwa kalau menurut Nachu. Aku pun mulai menorehkan tinta dengan bentuk huruf kanji sesuai dengan yang dicontohkan. Selesa menulis Nihon semua hasil menulis Shodo diperiksa satu persatu oleh Nachu. Senangnya tulisan Shodoku dipuji mahir seperti menulis surat dalam kanji Jepang.

Meriahnya 3 Tahun AEON Mall BSD City
Tema festival pasar malam Jepang yang dihadirkan AEON Mall BSD City sangat meriah. Ada kehadiran Eisa Taiko, pertunjukan tabuhan drum tradisional asal Okinawa persembahan dari U-maku Eisa Shinka Indonesia yang akan berkolaborasi dengan pop culture Jepang seperti cosplay, lokal idol dan lokal J-pop band. Kehadiran cosplay internasional asal Malaysia, Ying Tze juga dinantikan para pengemarnya. Ada juga booth aneka permainan tradisional Jepang mulai dari Yoyo Tsuri, Ningyo, dan Origami workshop yang bisa dinikmati oleh keluarga.
 
Ying Tze bersama Fans

Cosplay

Cosplay




Untuk yang gemar foto selfie, AEON Mall BSD City juga memiliki photo corner yang dilengkapi dengan pakaian Yukata (pakaian tradisional Jepang). Untuk penggemar superheroes, AEON Mall BSD City juga menghadirkan meet and greet superheroes mulai dari Power Rangers, tokoh super hero Marvel dan gundam. Untuk pertunjukan musik ada dari, Ministry of Idol, Lusca, Black Paper Moon, Honey Beat dan Wibi & Friends.


Andien juga hadir meramaikan hari spesial AEON Mall BSD City . Andien sering sekali mengunjungi Jepang di sela kesibukannya dan sempat menjadi duta persahabatan hubungan diplomasi ke-60 tahun antara Indonesia dengan Jepang. Teater Enjuku yang menampilkan seni teater Jepang melengkapi kemeriahan dan juga merayakan 60 tahun hubungan persahabatan Jepang dengan Indonesia. Namanya ulang tahun mall pastilah ada Special Sale, diskon hingga 70% di lebih dari 60 tenant yang ada di AEON Mall BSD City. Pengunjung setia juga bisa mendapatkan promo cashback hingga Rp 225.0000 dengan minimal belanja Rp 600.000 dalam program Shopping Vaganza. -RGP-

0 komentar:

Post a Comment

kataresi.com 2018. Powered by Blogger.