Kelas Blogger 19 feat Kaskus: Tiga Teknik Dasar Mengolah Foto untuk Menambah Kualitas Konten

Sudah lama aku ingin sekali mengikuti Kelas Blogger tepatnya sejak tahun lalu (2017) dan baru pada Kelas Blogger 19 aku mendapatkan kesempatan itu. Yes, kelas blogger perdana di tahun 2018. Sengaja mendaftar karena tertarik dengan tema Kelas Blogger 19 kali ini yaitu kelas praktik menggunakan aplikasi Photoshop untuk mengolah foto. Sebagai blogger memang setidaknya kita harus bisa menguasai teknik dasar mengolah foto untuk melengkapi konten pada blog yang kita miliki. Foto yang bagus menggugah pembaca untuk semakin berlama-lama membaca blog kita.
 
doc. kelas blogger

Kelas Blogger 19 diadakan di hari Minggu yang cerah di 21 Januari 2018 dan mengambil tempat di Kaskus Playground, Menara Palma – Kuningan. Yup Kelas Blogger kali ini berkolaborasi dengan Kaskus karena ingin mengajak lebih banyak peserta daripada sebelumnya dan Kaskus Playground milik Kaskus pas banget untuk jadi wadah Kelas Blogger 19 kali ini. Siapa yang tidak mengenal Kaskus? Sedikit sejarahnya, Kaskus yang berdiri sejak 1999 ini aseli buatan dan milik putra bangsa Indonesia. Yang sudah jadi member lama alias udah jadi Kaskuser pasti sudah tidak asing dengan 4 nama Andrew Darwis, Ronald

doc. Kaskus
Tergambar bagaimana kreatifnya para founder Kaskus tersebut hingga bisa membesarkan Kaskus sampai saat ini. Hal ini juga terlihat dari nuansa Kaskus Playground, penuh warna dan desain furniture yang unik yang mampu membuat betah yang berkunjung. Agil sebagai pembawa acara memulai kelas dan menginformasikan adanya lomba foto instagram dengan background Kaskus Playground selama Kelas Blogger 19 dengan hastag KaskusxKelasBlogger dan akan terpilih 5 pemenang di akhir acara.

Kelas Blogger dibuka oleh mas Radja dari Kaskus dan Kang Arul dari Kelas Blogger. Yang memandu ada Mas Hafiez Ahmad Agam dari Komunitas Tukang Foto Indonesia yang akan mengajarkan teknik dasar mengolah foto. Peserta sudah siap menyimak dan mempraktekan langsung di laptopnya masing-masing dan sudah memasang aplikasi Photoshop Portable bagi yang belum ada di laptopnya. Kebetulan Photoshop CS 3 milikku eror dan menggunakan Photoshop Portable yang disediakan ternyata lebih ringan serta cukup mudah untuk latihan mengedit foto. 

Hafiez Agam - doc. kataresi




Histogram - doc. kataresi
Teknik Pewarnaan
Teknik pertama yang diajarkan oleh mas Hafiez dalam mengolah foto adalah teknik pewarnaan. Untuk melihat kualitas awal foto asli sebelum diolah bisa dilihat pada bar histogram. Bar histogram bisa digunakan sebagai indikator dalam mempertahankan kualitas foto. Jika ada tanda seru pada histogram memiliki arti bahwa kualitas foto itu over eksposure, terlalu terang atau sebaliknya.



Kamu bisa memulai mengolah foto tersebut dengan dua cara.
      1. Di bagian image (kiri atas)-> adjusment
doc. kataresi
  • Curves digunakan untuk mengontrol gelap dan terang pada foto
  • Hue saturation untuk mengeluarkan warna. Ini yang cocok diterapkan untuk mengolah foto produk.
  • Color balance berisi CMYK (cyan,magenta,yellow)
  • Selective color untuk fokus warna
      2. Di bagian tools palet (kanan bawah)
         Serupa dengan nomer 1 hanya saja tergantung kebiasaan kamu nantinya.
doc. kataresi
Ini hasilnya before dan after setelah dilakukan pewarnaan. Warna aslinya lebih keluar.
before - doc. kataresi

after - doc kataresi
Mengolah foto itu sesuai kebutuhan dan selera. Dengan dua cara tersebut bisa langsung dipraktekkan dengan photoshop. Jangan lupa saat mengolah foto jangan sampai pixel pada foto rusak karena terlalu asyik sendiri mgolah foto. Tanda pixel rusak bisa dilihat di histogram yang sudah berbentuk seperti barcode (batang pecah/terpisah)

Teknik Masking
Kedua yang diajarkan adalah teknik masking, karena kebetulan ada peserta yang bertanya. Teknik masking itu seperti menggabungkan dua layer yang berbeda dalam satu foto sehingga menghasilkan kondisi yang berbeda antara latar dengan obyek. Bokeh yang fenomenal juga bisa dihasilkan dengan masking, menggabungkan layer blur dengan obyek yang jelas.

Yang diajarkan di kelas teknik masking untuk warna BW (blackwhite) dengan warna asli pada objek atau sebaliknya. Awalnya cukup rumit tapi perlahan jika dipraktekkan langsung bisa berhasil. Begini caranya dan perlahan praktekkan.
  • Foto yang sudah diberi pewarnaan dibuat dengan layer baru, rumus cepatnya Ctrl+Alt+Shift+E makan akan terbentuk layer baru
  • Kemudian duplicate layer dengan mengklik kanan dan akan muncul layer baru dengan nama background copy
  • Ubah background copy layer menjadi warna hitamputih dengan teknik pewarnaan
  • Layer hitamputih dan layer baru (no.1) di add masking menggunakan tombol kanan bawah yang berbentuk seperti kamera bertuliskan add layer mask
  • Setelah disatukan layernya set foreground color (kiri bawa yang ada dua warna) ke warna hitam dan putih
  • Arahkan brush tool ke area yang ingin dijadikan hitamputih. Besar brush tool bisa disesuaikan kemauan
  • Zoom gambar ketika ngebrush agar lebih rapi
Ini hasilnya, kelihatan kan langitnya menjadi bw. Mudah bukan. Pelan-pelan belajar pasti bisa kok.
before - doc. kataresi

after - doc. kataresi
Teknik Add Teks
Kita juga bisa menambahkan teks pada gambar. Perhatikan di sebelah kiri ada simbol T untuk menambahkan teks. Bentuk dan warna huruf (font) bisa disesuaikan dengan selera. Shadow (bayangan), stroke dan opsi lain juga bisa ditambahkan pada teks dengan cara klik kanan pada layer teks dan klik blending option. Coba pilih-pilih yang sesuai dengan selera kamu. Di sudut atas histori layer terdapat tulisan fill untuk membuat huruf menjadi transaparan dan opacity yang cocok untuk membuat watermark pada foto kita. Jangan biasakan menghilangkan watermark pada foto milik orang lain ya sama saja melanggar hak cipta.

Teknik Tambah Teks - doc. kataresi
Pak Dian Kelana yang turut mengikuti kelas juga mengingatkan untuk rajin menyimpan file (save as) sesuai kebutuhan agar tidak hilang file olahan foto yang asli dalam bentuk psd. Untuk blog biasanya disimpan sebagai save for web & devices dalam bentuk jpg dan disimpan dalam ukuran maksimal jika ingin dicetak. Itu tadi 3 teknik sederhana untuk mengolah foto dan mempercantik konten blog kita. Saking antusiasnya semua aku catet di buku kecil dan habis 4 halaman sendiri. Enggak sabar untuk bisa ikut kelas photoshop tingkat intermediate berikutnya, berharap terpilih. Aminin aja yuk.

suasana kelas - doc. kelas blogger

Kaskus Creator
Sesi belajar photoshopnya sudah selesai. Selang tidak lama mas Radja dari Kaskus memperkenalkan Yudha dan Doni yang memberikan informasi mengenai Kaskus Creator dan konten thread yang menarik untuk di Kaskus. Kaskus Creator cocok untuk blogger yang suka menulis dan ingin memiliki penghasilan tambahan karena slogannya rangkai kata menjadi karya.
 
tentang kaskus creator - doc. kataresi
Caranya cukup mudah, cukup daftar di Kaskus Creator, buat thread atau postingan tulisan sebanyaknya. Oiya, thread harus original, unik dan menarik ya tidak boleh plagiat tentunya. “Buat kaskuser gatal untuk memberikan komentar”, kata Yudha. Semakin banyak viewer (pembaca) maka akan semakin banyak poin yang terkumpul dan menjadi Saldo Kaspay yang bisa langsung dicairkan ke rekening kamu, kapan saja. Kaskus memastikan bahwa tidak ada thread yang tidak ada viewer di Kaskus.
doc. kataresi
doc. kataresi
Kaskus Creator juga mengadakan Kaskus Creator #SFTHChallenge dari 22 Januari hingga 9 Februari 2018 dengan bonus poin 3000 poin untuk setiap thread yang memenuhi ketentuan. Di Minggu ini juga akan ada Kopdar Kaskus Creator vol. 5. Tempat berkumpulnya para Kaskus Creator untuk saling berbagi cerita dan pengalamannya selama ini. Kalau berminat bisa langsung cek dan daftar ke situs Kaskus.  Kelas ditutup dengan pengumuman lima pemenang instagram dan diakhiri dengan makan bersama potluck yang sudah dibawa. Makanan melimpah dan semua bersyukur sudah mendapatkan ilmu baru hari itu. –RGP-





8 komentar:

  1. Mudah2an bisa ini bikin gambar makin kece

    ReplyDelete
  2. Wah makasih infonya mbak. Makin kece nih bisa ngedit foto dengan photoshop.

    ReplyDelete
  3. Wah, iya, foto yang bagus itu sebetulnya nilai plus juga ya untuk blog...

    ReplyDelete
  4. Nice infoooo...segera download ini. Di lepti cuma trial dan nggak bs ngesave gambar dan photoshop sangat membantu bgt ya mbk

    ReplyDelete
  5. Waaaaw..berguna banget niih infonya buat aku yg lagi belajar photoshop dan coreldraw. Doain aku ttp semangat belajar y mbak ;)

    Thx infonyaa

    ameliorate_01

    #kataresiga
    #kataresixocha

    ReplyDelete
  6. Keren banget ya ilmunya jadi tambah kece dong jepret-jepret.

    ReplyDelete
  7. Saya ikut belajar dengan membaca disini. Menyerap ilmu nya deh :)

    ReplyDelete
  8. Jadi ikutan belajar nih wlpn gak dtg workshopnya. Jadi refresh lagi soal photoshop, khususnya soal histogram.
    And selamat ya Resi, jadi salah satu pemenang.

    ReplyDelete

kataresi.com 2018. Powered by Blogger.