SEO,SEM dan Konten Untuk Website yang Berkualitas


Sudah hampir dua tahun usia blogku kini. Berkat usulan pasangan halalku akhirnya blog kataresi ini tercipta. Awalnya menulis blog memang semata karena hobi menulis artikel. Kalau boleh jujur untuk menulis seputar pribadi diri belum berani. Sejauh ini hanya menulis artikel atau feature karena backgroundku yang terbiasa freelance menulis untuk majalah atau konten permintaan. Jujur iri membaca tulisan yang bisa terbuka dengan gayanya sendiri. Terlepas dari gaya penulisan dalam blog dibalik itu blog juga harus dikelola dengan baik agar bisa menciptakan sebuah nilai jual dan sebagai wadah karya kita sendiri.

Pekan lalu (10/12) bertempat di Plaza Festival Kuningan, CNI bersama komunitas ISB (Indonesian Social Blogpreneur) mengajak para blogger untuk menyerap ilmu tentang mengelola website/blog secara konten maupun sisi aktifitasnya sendiri. Ani Berta sebagai salah satu mengibaratkan menimba ilmu itu bagaikan gelas kosong yang akan terus terisi dengan ilmu baru jika memang kita berniat untuk menjadi lebih baik.





Narasumber yang hadir pastinya akan memberikan ilmu baru atau tepatnya ilmu tambahan bagi blogger yang hadir. Sebut saja soal SEO (search engine optimization) yang mungkin sering kita dengar bagi kita yang berkecimpungan di dunia media atau jasa online dan sejenisnya. Niko Riansyah hadir membagikan pengetahuannya tentang SEO berdasarkan pelatihan yang dijalaninya bersama Google Indonesia.


SEO dan SEM untuk Website/Blog
Pasti pengen banget kan kalau karya atau tulisan kita hadir di halaman pencarian Google. Itu ternyata ada jurusnya dan namanya jurus bakal lebih yahud kalau terus kita asah atau kelola. Untuk mengelola itu ada yang namanya SEO dan SEM (search engine marketing).  

Niko Riansyah - KataResi
Menurut Niko, SEO adalah perangkat penelusur informasi dari dokumen-dokumen tersedia. Hasil pencarian ditampilkan dalam bentuk daftar yang diurutkan menurut tingkat akurasi atau rasio pengunjung. SEM adalah bentuk pemasaran internet yang melibatkan promosi website. SEO adalah bagian SEM dan SEM mencakup taktik untuk SEO. Sebagai contoh di halaman pencarian google kita bisa melihat adanya SEO dan SEM, SEM berada di 3 baris terdaftar pada halaman pencarian karena SEM itu berbayar. SEM yang paling populer adalah Google Adwords. Semakin banyak jumlah pengunjung maka akan semakin besar kemungkinan website kita mucul pada halaman pertama pencarian Google.

Untuk memaksimalkan SEO bisa dilakukan secara on page (di website) atau off page (diluar website). Terdapat 5 langkah yang bisa dilakukan untuk on page aktifitas SEO:
1. Memperhatikan struktur website, pastikan memasukkan meta tag yang sesuai keyword, konten dan deskripsi.
2. Menyusun format URL halaman website
3. Mengoptimalkan kecepatan website, bisa dicek melalui google speed test. Usahakan agar bounce rate website kita rendah. Pada halaman home website lakukan pengaturan ulang agar pada tampilan tidak terlalu penuh list postingan, cukup 1 MB. Pilihlah yang benar-benar menjadi postingan favorit pembaca.
4. Update konten website. Usahakan mengupdate postingan minimal sehari sekali.
5. Isi dengan konten yang berkualitas. Buatlah isi konten yang informatif dan bersifat story telling (bercerita). Usahakan jangan membuat konten yang hard selling. Perbanyak wawasan dengan membaca untuk menambah kualitas konten.

Sedangkan untuk langkah off page salah satunya dengan memperbanyak berbagi url website kita dengan share ke media sosial, usahakan menggunakan link bit/ly yang ringkas dan mudah dihafal atau perbanyak backlink dan komen. Perpanjangan domain juga bisa menentukan kredibilitas blog/website juga.

Untuk mengecek kualitas dan performa SEO website yang kita punya bisa dilihat melalui seoworkers.com atau seositecheckup.com. Dari situ kita bisa melihat poin-poin yang perlu kita perbaiki dari kekurangan website kita untuk meningkatkan SEO website kita. Untuk melihat tingkat kecepatan website kita bisa lihat di pagespeed ya.

Konten dan Content Writer
Konten yang berkualitas dan terus terupdate menjadi penentu daya tarik pembaca untuk mengunjungi website kita. Ani Berta memberikan beberapa tips mengisi konten.
  1. Sesuaikan gaya menulis kita dengan website atau tentukan yang sesuai dengan gaya kita
  2. Tulislah konten minimal 500 kata dan maksimal 1000 kata
  3. Konten harus merujuk gaya penulisan reportase 5W+1H agar lebih terpercaya
  4. Gunakan foto yang high resolution dan bagus tentunya. Foto yang bagus bisa menambah nilai jual
  5. Masukkan keyword yang tepat
Ani Berta - KataResi
Usahakan minimal sehari sekali update postingan konten kita. Yakin bisa? Aku sendiri belum pernah mencobanya. Menurut Ani Berta kita bisa menyimpan bahan dari suatu workshop, talkshow dan acara untuk dijadikan konten website kita, tentunya dengan angle penulisan yang berbeda jika ingin dimasukkan ke beberapa website yang berbeda. Tips lainnya adalah mengambil foto subyek tanpa menggunakan background/logo tertentu dengan tujuan yang sama sebagai bahan untuk tulisan dengan banyak angle. Tidak lupa kita harus mempersiapkan peralatan wajib dalam berburu bahan konten seperti kamera, powerbank, recorder, buku, handphone, pulpen.

Menjadi penulis konten banyak keuntungannya diakui Ani Berta yang sudah banyak pengalamannya ini. Keuntungannya antara lain branding, portfolio, social entrepreneur, menjadi sebuah hobi yang menghasilkan, tulisan menjadi bermanfaat untuk banyak orang, menambah relasi, meningkatkan wawasan dan skill. Social Media Manager, Community Development adalah contoh posisi peluang pekerjaan yang bisa kita ambil.

Perlu diingat, untuk menjadi penulis konten ada baiknya mempunyai ciri atau gaya menulis tersendiri. Apabila tidak bisa, maka ada hal-hal yang tidak boleh dilakukan oleh penulis konten.
1.       Plagiat atau menjiplak karya tulisan milik orang lain 
2.       Menggunakan bahasa alay dan terlalu banyak singkatan
3.       Memasukkan opini terlalu personal 
4.       Memasukkan unsur kepentingan pribadi
5.       Mendiskreditkan orang lain
6.       Keluar dari idealisme 
7.       Menulis tidak sesuai fakta dan tidak terverifikasi

Yuk maksimalkan kemampuan menulis konten dan upgrade website/blog kita 2018. Semangat menulis, Semangat berkarya dan bermanfaat untuk kehidupan.Terima kasih Niko dan Ani untuk sharingnya. –RGP-






12 komentar:

  1. Makasih sudah seseruan bareng di acara ini Mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku yang makasi kak udah dikasi kesempatan

      Delete
  2. makasih mba sharing ilmunya bermanfaat sekali pas banget dengan kebutuhan saya.

    ReplyDelete
  3. Terimakasih buat sharing ilmunya kak...keren banget, jadi tau lebih banyak ttg SEO nih...

    ReplyDelete
  4. Paragraf kedua ada kalimat yg enggak lengkap, Mbak.

    Bahas SEO nih gak abis2, ngikutin algoritma google juga soalnya. Hahahha

    ReplyDelete
  5. Ternyata meningkatkan performa blog kita ga terlalu susah kalau tau caranya ya mba, asal tau kunci CEO dan SEM.

    #kataresiga #kataresixocha

    ReplyDelete
  6. Konten yang bagus pas buat informasi kita @ekoendriwiyono

    ReplyDelete
  7. Nice info mbak,,jd tau nih kalo mau naikin performa blog pribadi gmn caranya..semangaatt

    ameliorate_01

    #kataresiga
    #kataresixocha

    ReplyDelete
  8. Aku juga masih belajar ini tentang SEO, masuk dunia blogging itu banyak yang harus diupdate ilmunya ya+dipelajari biar blognya makin kece dan ramah SEO. Btw Thanks Ka Infonya :)


    #kataresiga
    #kataresixocha

    ReplyDelete
  9. Ini PR banget buat ku yg punya blog udh kapan ngepost nya kaya tiap lebaran doang dan buat konten yg menarik itu emang perlu byk bgt belajar dan inilah PR saya

    ReplyDelete

kataresi.com 2018. Powered by Blogger.