Power of Content, Semarak Blogger Bersama Serempak dalam Memperkaya Konten untuk Peduli Perempuan

The Power of Content, sebuah acara yang digelar oleh SEREMPAK Indonesia untuk mengajak blogger memperkaya konten dengan berbagai tips dari narasumber yang hadir. Acara ini juga bertepatan dengan Hari Blogger pada tanggal 27 Oktober 2016 dan bertempat di ruang Binus MM lantai 6 FX Sudirman, Jakarta. Narasumber yang mengisi acara The Power of Content antara lain Ina A.Murwani, MM.MBA., sebagai Kepala Marketing Binus Business School, Martha Simanjuntak,SE.MM sebagai Ketua Pokja Serempak dan founder IWITA (Indonesian Women IT Awareness), Maman Suherman sebagai penulis buku best seller, Irwin Day pakar IT dan Ani Berta. Blogger, narasumber maupun panitia mengenakan busana dengan tema “touch of nationality”
doc serempakid

Jika seorang blogger meninggal dunia maka apa yang akan ditinggalkannya? Tentulah blog berserta kontennya. Konten blog yang baik akan dikenang oleh para penikmatnya dan konten yang kuat akan memberikan pengaruh tersendiri bagi yang membacanya. Melalui konten dan blog kita bisa menciptakan branding untuk diri kita sendiri. Ina A. Murwani menyampaikan beberapa materi menarik terkait konten dan branding. Branding dalam blog adalah identitas dari blog itu sendiri.

Menciptakan Branding dan Konten Blog yang Baik
Yang perlu diingat dari Golden Rule Branding adalah kenali target pembaca kita untuk mengetahui topik atau tema yang hendak ditulis dalam blog kita. Setelah menentukan tema, pilihlah font dan warna blog yang nyaman dibaca oleh mata. Warna blog juga menentukan konten blog. Perkaya konten dengan image atau gambar yang baik dan yang bagus (gambarnya jelas dan mendukung alur dalam konten atau yang menarik perhatian pembaca). Setelah itu semua baru keluarkan jurus untuk menulis konten yang powerfull agar mempunyai makna dan bermanfaat untuk pembacanya. Mudah kan menciptakan blog untuk branding diri. Kalau pun belum bisa fokus dengan tema dalam blog, tidak menjadi masalah kalau konten blognya masih “gado-gado” selama gaya penulisan kontennya masih menampilkan ciri khas kita sendiri. 
docpri
Bagi Irwin Day yang aktif di Nawala dari tahun 2007 menulis konten atau blog hanya menulis yang disukainya dan yang hanya menarik baginya. Konten blog sangat personal dan haruslah sesuatu yang kita senangi. Ada empat (4) poin yang penting dalam blog menurut Irwin Day, yaitu Menarik, Bermanfaat, Menghibur dan Menginspirasi. Sejauh ini aku baru memegang tiga (3) poin saja untuk blog aku. Bagaimana dengan kalian? Untuk mencapai poin tersebut usahakan jangan copy paste atau menjiplak dari konten orang lain. Banggalah dengan karya kita sendiri, seburuk apapun itu.

docpri
Ani Berta menyampaikan kepada blogger jenis lain dari konten blog yang cenderung kearah jurnalistik, seperti penulisan reportase, hardnews, interview, verifikasi sumber data dan penulisan yang aktual serta terpercaya. Jangan mengambil data sembarangan, sumber data yang dipakai dalam konten kita harus jelas dan bukan abal-abal. Serupa dalam ilmu jurnalistik perlu adanya 5W+1H didalam penulisan konten. “Kita bisa mjadi MAESTRO untuk tulisan kita sendiri supaya bisa menciptakan ilmu baru utk pembaca,” ujar Ani. Dengan konsisten dalam menulis maka pembaca  akan mengenali potensi diri kita dengan sendirinya.

Perempuan dalam Konten

Dalam acara Serempak kali ini, Serempak mengajak blogger juga lebih peduli dengan perempuan dan mengangkat tema perempuan dalam konten blognya. Sesuai ucapan Maman Suherman yang mengenang Cut Nyak Dien, “Negara ini tidak akan berdiri ditengah airmata perempuan, tapi ditengah ketegaran perempuan”.  Maman menekankan bahwa persoalan perempuan juga persoalan kemanusiaan, melukai perempuan sama saja dengan melukai kemanusiaan.
Ina dan Maman (narasumber) - docpri
Maman Suheman menyerukan 3Ends bersama Serempak dalam acara ini. 3end program dari Serempak untuk mengakhiri kekerasan terhadap perempuan dan anak, mengakhiri perdagangan manusia dan meningkatkan perekonomian. “Setiap 24 jam ada 34 perempuan yang mengalami kekerasan seksual setiap harinya,” ujar Maman lirih.

Untuk itu Ani Berta mengajak para blogger untuk bisa menyuarakan perempuan melalui konten blognya. Dalam penulisan judul blog untuk menulis judul yang baik yang mampu mengangkat derajat perempuan dan judul konten tidak boleh menyudutkan perempuan. “Sebagai blogger kita harus bijak dalam membuat judul & isi konten yang ramah perempuan & anak,” tegas Ani. Usulan kepada blogger untuk membuat konten tentang prestasi perempuan karena dengan menulis di blog merupakan cara sederhana untuk berbagi manfaat dan menggandeng perempuan.
3ends content - docpri
Semoga blogger semakin tergugah untuk lebih peduli dengan isu perempuan dalam setiap kontennya. Blogger sudah begitu dimanjakan dalam acara ini dengan penampilan dari berbagai pengisi acara yang menghibur dengan suaranya seperti Citra dan Rendy serta dengan berbagai hadiah untuk live tweet, kostum terbaik, foto instagram dan yang sedang berlangsung untuk diskusi di forum Serempak. –RGP-


1 komentar:

  1. Pulang dari acara ini ngerasa punya banyak PR buat membenahi blog supaya lebih bermanfaat

    ReplyDelete

kataresi.com 2018. Powered by Blogger.