Jejak Indonesia dalam 49 Tahun ASEAN: Pameran Foto “ASEAN Community 2015 and Beyond”


Mendengar nama ASEAN dibenakku teringat susahnya menghapal kepanjangan ASEAN waktu pertama kali belajar tentang ASEAN dari buku sejarah. Masih pada inget tidak apa kepanjangan ASEAN? Kepanjangan ASEAN adalah Association South East Asian Nations. ASEAN pada tahun ini (2016) berusia ke 49 tahun. Luar biasa perjuangan ASEAN berdiri dari awal hingga kini.
 
Jejeran Bendera Negara ASEAN - doc.timbuncha

Pada ulang tahunnya yang ke 49, ASEAN mengadakan pameran foto bertema ASEAN Community 2015 and Beyond yang telah berlangsung pada tanggal 7 hingga 13 Agustus lalu (8 Agustus tutup). Pameran diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Kerjasama ASEAN Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia dan bertempat di Museum Seni Rupa dan Keramik, Jl. Pos Kota No.2, Kota Tua, DKI Jakarta. Tujuan diadakannya kegiatan peringatan HUT ke-49 ASEAN Tahun 2016 mendekatkan ASEAN kepada masyarakat Indonesia untuk mendorong rasa kepemilikan masyarakat Indonesia terhadap ASEAN.
doc.timbuncha
Pembukaan pameran berlangsung pada tanggal 6 Agustus 2016 dan mulai dibuka untuk umum pada hari yang sama mulai pukul 14.00-17.30. Sayang sekali aku tidak bisa mengikuti pembukaan pameran yang katanya dihadiri oleh para perwakilan negara anggota ASEAN dan disajikan makanan khas negara-negara yang menjadi anggota ASEAN serta dimeriahkan oleh penampilan lagu dan kesenian di panggung.

Pameran Foto ASEAN
Pada tanggal 7 Agustusnya aku bersama keluarga berkunjung ke pameran foto ASEAN tersebut karena penasaran ingin sekali melihat 44 buah foto terkait kerja sama ASEAN yang menggambarkan perjalanan sejarah ASEAN sejak awal dibentuk hingga KTT ke-27 di Kuala Lumpur, Malaysia (2015), berbagai kegiatan dalam ruang lingkup Pilar Kerja Sama Politik dan Keamanan, Pilar Kerja Sama Ekonomi dan Pilar Kerja Sama Sosial Budaya ASEAN.dan foto-foto dari negara-negara anggota ASEAN.

doc.pribadi
Untuk menuju lokasi pameran foto aksesnya terbilang mudah, untuk aku yang tinggal di Pondok Kopi, Jakarta Timur cukup dengan naik commuterline (krl). Naik KRL dari stasiun klender baru langsung ke stasuin kota, dan dilanjutkan dengan berjalan kaki sambil menikmati minggu dengan kemeriahan pengunjung-pengunjung museum lain yang bertebaran di area Kota Tua. Untuk masuk ke Museum Seni Rupa dan Keramik cukup membayar lima ribu rupiah (Rp.5000,-) per orang untuk biaya retribusi dan perawatan museum. Letak lokasi pameran foto ada di bagian depan sebenarnya, kaarena bersama keluarga penasaran juga ingin melihat keseluruhan isi museum seni rupa dan keramik.

Sesampainya di ruang pameran foto disambut dengan bendera-bendera negara anggota ASEAN. Masuk keruang terpampang foto-foto sejarah ASEAN beserta foto kegiatannya. Indonesia menjadi salah satu negara pemrakarsa berdirinya ASEAN lho, bersama dengan empat (4) negara lainnya Singapura, Malaysia, Filipina, dan Thailand. Kelima negara yang sampai sekarang diharapkan untuk tetap rukun dan damai dalam keanggotaan ASEAN.
 
Para Menteri Luar Negeri yang menandatangani Deklarasi Bangkok - doc.pribadi
ASEAN terbentuk berdasarkan Deklarasi Bangkok pada 8 Agustus 1967 dan ditandatangani oleh Menteri Luar Negeri Adam Malik dari Indonesia, Tun Abdul Razak dari Malaysia, Narciso Ramos dari Filipina, Thanat Khoman dari Thailand dan S. Rajaratnam dari Singapura. Indonesia boleh berbangga karena menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN I yang berlangsung di Bali pada 23-25 Februari 1976. KTT ASEAN I menghasilkan kesepakatan Bali Concord I dan Traktat Persahabatan dan Kerjasama (Treaty of Amity and Cooperation in Southeast Asia/TAC). 

Mantan Sekjen ASEAN dari Indonesia-doc.pribadi

Dalam perjalanannya Indonesia sempat menjadi tuan rumah KTT ASEAN sebanyak empat (4) kali dan tiga (3) kali sekretaris jenderal ASEAN dari Indonesia. Indonesia menjadi tuan rumah KTT ASEAN pada KTT ASEAN 1, 9, 18 dan 19 serta sekretaris jenderal ASEAN dari Indonesia bisa dilihat di website ASEAN bagian former secretaries general of ASEAN.



SBY KTT ASEAN ke-19 - doc.pribadi
Mantan Presiden Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono juga terekam dalam foto ketika menyampaikan pidato pada penutupan KTT ASEAN ke-19 di Bali, 19 November 2011. Pada KTT ASEAN ke-19, para pemimpin ASEAN menandatangani Declaration of ASEAN Community in a Global Communtiy of Nations atau dikenal sebagai Bali Concord II.
  

Presiden RI dalam KTT ASEAN 26 - doc.pribadi
 Terekam dalam foto, Presiden Indonesia, Joko Widodo menghadiri KTT ASEAN ke-26 di Kuala Lumpur, Malaysia, 26-28 April 2015. Tampak dalam foto upacara pembukaan yang berlangsung di Kuala Lumpur Convention Center. ASEAN yang bergerak dalam bidang juga merekam beberapa kegiatan seperti ketika Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono (kiri) memberikan piagam penghargaan pada perwakilan militer negara ASEAN dalam penutupan latihan penanggulangan bencana alam dan pemberian bantuan kemanusiaan di Markas Komando Divisi-1/Kostrad, Cilodong, Depok, Jabar,  14 Juli 2011.  Kegiatan selama tiga hari ini diikuti perwakilan dari militer negara ASEAN tersebut bertujuan untuk menyamakan visi dan persepsi dalam penanggulangan bencana alam dan pemberian bantuan kemanusiaan.
Foto tahun 2011
Dalam rangka HUT ke 48 ASEAN tahun lalu terselenggara ASEAN Fun Run pada tanggal  9 Agustus 2015. Terekam dalam foto, Menteri Luar Negeri RI, Retno L.P. Marsudi melepas para peserta ASEAN Fun yang bertema “ASEAN adalah Kita”. Kegiatan ASEAN Fun melibatkan lebih dari 3.000 pelari sebagai upaya mempromosikan kerja sama ASEAN dan menyongsong Masyarakat ASEAN 2015. Kegiatan lari ini dimulai dari Monumen Nasional (Monas) menuju Bundaran Hotel Indonesia dan kembali serta berakhir di Monas.
 
Menlu membuka kegiatan ASEAN Fun 2015 - doc.pribadi
Aku & Majalah ASEAN - doc.pribadi
Sebanyak 60 foto benar-benar menceritakan segala hal tentang ASEAN yang tidak cukup ditulis disini semuanya. Jadi aku hanya menulis beberapa memperilhatkan kontribusi Indonesia dalam ASEAN. ASEAN juga mempunyai Majalah “Masyarakat ASEAN” yang terbit setiap triwulan sejak tahun 2013 dan dikelola oleh Ditjen Kerja Sama ASEAN, Kemenlu RI untuk mendorong masyarakat Indonesia agar lebih mengenal ASEAN Majalah ini didistribusikan kepada berbagai lembaga, organisasi, dan perguruan tinggi di Indonesia.


Sekilas tentang ASEAN
ASEAN (Association of Southeast Asian Nations atau Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara) adalah organisasi kawasan yang mewadahi kerja sama 10 (sepuluh) negara di Asia Tenggara. Kerja sama ASEAN meliputi bidang politik dan keamanan,ekonomi, dan sosial budaya.ASEAN terbentuk pada tanggal 8 Agustus 1967 dan setiap tahunnya diperingati sebagai hari ASEAN (#ASEANDay). 

Anak Indonesia memegang bendera negara ASEAN
Beberapa menyusul bergabung dalam ASEAN setelah terbentuk yaitu Brunei Darussalam menyusul pada tanggal 8 Januari 1984, Vietnam 28 Juli 1995, Laos 23 Juli 1997, Myanmar 23 Juli 1997 dan Kamboja pada 30 April 1999. ASEAN didirikan karena adanya keinginan kuat antara pendiri ASEAN untuk menciptakan kawasan Asia Tenggara yang damai, aman, stabil dan sejahtera. Hal ini dikarenakan pada era tahun 1960an situasi di kawasan Asia Tenggara rawan konflik, terjadi perebutan pengaruh ideologi antar kekuatan militer negara-negara besar dan konflik antar negara di kawasan yang jika dibiarkan dapat mengganggu stabilitas kawasan sehingga mempersulit pelaksanaan pembangunan negara-negara di Asia Tenggara.

Raja Ampat, Papua Barat - Destinasi wisata Indonesia
Organisasi ASEAN mempunyai tujuan meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial, pengembangan kebudayaan negara-negara anggotanya, memajukan perdamaian dan stabilitas di tingkat regionalnya, serta meningkatkan kesempatan untuk membahas perbedaan di antara anggotanya dengan damai. ASEAN meliputi wilayah daratan seluas 4.46 juta km² atau setara dengan 3% total luas daratan di Bumi dan memiliki populasi yang mendekati angka 600 juta orang atau setara dengan 8.8% total populasi dunia. Luas wilayah laut ASEAN tiga kali lipat dari luas wilayah daratan.

Selama hampir 50 tahun, ASEAN berhasil menjaga stabilitas politik dan keamanan di Kawasan Asia Tenggara, sehingga kondusif untuk membangun pertumbuhan ekonomi dan sosial budaya. Kini kerja ASEAN semakin kokoh dalam bentuk Masyarakat ASEAN yang resmi bergulir sejak Desember 2016. Hingga saat ini ASEAN telah memiliki 11 mitra wicara, yaitu Amerika Serikat, Australia, RRT, India, Jepang, Kanada, Rusia, Korea Selatan, Selandia Baru, Uni Eropa dan UNDP serta 1 Mitra Wicara Sektoral ASEAN yaitu Pakistan. Mari kita doakan ASEAN tetap kompak, damai dengan sesama negara anggota ASEAN maupun dengan negara mitra untuk saling membangun dan mendukung kemajuan negara-negara anggota ASEAN. Kita tunggu perayaan ASEAN di tahun depan.-RGP-

1 komentar:

kataresi.com 2018. Powered by Blogger.