Tingkatkan Performa Motor Matic dengan Servis Motor Rutin

 

Aku sangat menyukai kendaraan motor sedari dulu, tepatnya sejak aku duduk di bangku SMA. Berawal dari bapakku yang sangat menyukai balapan motor hingga akhirnya menular ke aku yang sangat menyukai kecepatan. Yups, i love speed! Mulai dari motor dengan sistem gigi, kopling, hingga terkini dengan sistem matic aku suka selama itu bisa dipakai mengebut. Aku sangat suka angin yang berhembus sepanjang melaju.

oli motor matic


Menurutku motor yang baik setua apapun usianya bisa terawat selama kita rutin melakukan servis. Aku biasa melakukan servis motor setidaknya sebulan sekali untuk tetap menjaga performa motor. Jarak tempuh pada motor bisa menjadi acuan juga dalam menentukan waktu yang tempat untuk melakukan servis motor. Kalau motor baru seringkali mendapat voucher servis motor beberapa kali.

Pemeriksaan Saat Servis Motor

Servis rutin motor yang meliputi pemeriksaan semua bagian yang berkaitan dengan performa motor biasa disebut  servis motor tune up. Menurutku yang penting dicek adalah oli, kampas rem, ban, aki, dan setingan gas yang harus diperhatikan. Saat servis motor akan dilakukan pemeriksaan pada beberapa bagian motor, antara lain:

1.      Oli Mesin dan Oli Gardan

Oli pada motor ada dua yaitu oli mesin dan oli gardan untuk jenis motor matic. Oli mesin memiliki fungsi sebagai pelumas, pendingin, sekaligus sebagai pelindung mesin. Semakin sering kamu menggunakan motormu, maka akan semakin sering mengganti oli sesuai jarak tempuh tertera. Rekomendasi yang ideal dari pabrikan adalah penggantian oli di setiap jarak tempuh 2500 km.

 

Beberapa tahun terakhir sudah ada pabrikan / retailer otomotif yang memberikan rekomendasi penggantian oli di jarak tempuh hingga 5000 km yang artinya 2x lebih lama masa penggantiannya daripada oli biasa. Hal ini disebabkan oli yang dipasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Oli Ester merupakan oli semi-sintetik atau sintetik yang diberi campuran ester seb agai aditif. Oli ester merupakan base oil tertinggi di kelas oli.

 

Pada motor matic terdapat kebutuhan oli gardan yang berfungsi sebagai pelumas gear pada CVT (continuously variable transmission). Fungsi per CVT yang utama adalah untuk mengatur reduksi. Oli gardan biasa diganti dengan hitungan 2x ganti oli mesin yang dibarengi dengan 1x ganti oli gardan.

 

2.      Kampas Rem

      Sekencang apapun motor melaju kekuatan cakram rem lah yang utama diperlukan. Kampas rem sudah seharusnya rutin diganti. Jika kampas rem sudah menipis kita bisa mengetahui dari rem yang berasa kendur. Bahaya jika tidak segera mengganti kampas rem, bisa mengakibatkan rem blog dan membahayakan keselamatan sendiri maupun orang lain di sekitar kita saat berkendara.

3.      Setting Gas

Settingan gas setiap servis me nurutku juga perlu dicek karena jika settingan tidak pas bisa mengakibatkan ketidaknyamanan saat berkendara. Tarikan gas yang tidak pas bisa bikin kagok maupun tersendat laju motornya.

4.      Ban

Kondisi ban saat servis rutin juga perlu dilakukan, dimulai dari kondisi luar ban gundul atau tidak. Ban yang sudah gundul sudah seharusnya diganti jika tidak bisa akan beresiko celaka. Ban juga perlu dicek tekanan udaranya, entah itu kamu menggunakan yang isian angin maupun nitrogen. Ban yang menggunakan isian nitrogen tubles jika sudah sekali bocor lebih sukar ditambal. Namun daya tahannya lebih lama dibanding yang isian angin biasa.

5.      Aki

Aki pada motor ada jenisnya dua, yaitu aki basah dan aki kering, namun keduanya memiliki manfaat yang sama yaitu sebaga penyimpan daya dan menghantarkan listrik. Motor matic lebih sering menggunakan aki kering. Tegangan aki yang ideal adalah 12,3 -12,6 volt pada kondisi kendaraan motor mati. Untuk itu aki juga perlu dicek saat servis. Jika sudah tidak layak ada baiknya langsung diganti.


6.      Lampu

Sejak ada peraturan lampu motor harus hidup (standby) dalam keadaan apapun (siang atau malam) mengakibatkan lampu lebih sering cepat mati atau dayanya lebih cepat turun. Untuk itu pemeriksaan lampu juga diperlukan.

 

oli motor matic

Biasanya saat dilakukan servis, mekanik akan melaporkan setiap perihal sparepart yang rusak dan perlu diganti akan ijin terlebih dahulu kepada pemilik motor. Jika disetujui barulah mekanik akan melakukan penggantian maupun perbaikan terhadap motor kita.

Rekomendasi Servis Motor di Planet Ban

Banyak pilihan kita untuk melakukan servis rutin untuk motor.  Jarak, lokasi spare part original, dan harga terjangkau biasanya menjadi pertimbanganku memilih tempat servis motor untuk menjadi langganan. Kali ini aku merekomendasikan Planet Ban, kebetulan tak jauh dari rumahku memang ada Planet Ban.

oli motor matic
Planet Ban Pondok Kopi


Siapa yang kira jika Planet Ban bukan sekedar tempat mengganti ban saja. Planet ban memiliki konsep servis motor rasa mesin baru yang juga dikenal dengan sistem servis terpadu. Servis motor di Planet Ban bikin motor kamu keluar dengan rasa mesin baru. Planet Ban melakukan pemeriksaan servis dengan sangat mendetail dengan membersihkan setiap bagian mesin mulai dari kepala silinder, CVT, piston, hingga throttle body bersih kinclong jauh dari pembakaran.

oli motor matic
Aneka Oli di Planet Ban


Jaminan tarikan gas jadi lebih enteng, emisi turun lebih dari 70%, lebih hemat BBM, dan puas merasakan motor serasa baru lagi. Harga servis motor di Planet Ban juga cukup terjangkau, cukup dengan Rp20.000, - tiap part mulai dari injeksi, servis CVT, rantai, maupun ganti oli di Planet Ban.

Manfaat Servis di Planet Ban

1.      Harga pemeriksaan servis rutin terjangkau

2.      Membantu memelihara dan menjaga lingkungan hidup dengan perubahan emisi yang berkurang setelah servis.

3.      Menggunakan oli dan cairan khusus berteknologi tinggi.

4.      Penggantian oli lebih jarang, cukup dengan jarak tempuh tiap 5000 km saja. Lebih hemat antara 4-6 bulan sekali.

5.      Performa mesin menjadi baru dengan servis di Planet Ban

6.      Memiliki pilihan oli dan ban yang bervarian.

7.      Outlet Planet Ban tersebar di seluruh Indonesia, mudah ditemukan.

oli motor matic


 

 

 

 

 

 

Comments

  1. Kondisi motor harus selalu prima, apalagi klo suka motor2an..
    Btw ternyata planet ban bisa servis juga y.

    ReplyDelete
  2. Penting memang selalu rutin servis motor. Tempat terbaik, pelayanan terbaik dan produk oli terbaik memang di planet ban.

    ReplyDelete
  3. Asik juga ya service di planet ban. Besok wajib tak coba terimakasih kak informasinya

    ReplyDelete
  4. Mantep ya sekarang sudah ada oli teknologi baru yg bisa tahan lama. Jd penasaran. Ow iya apakah harga service di semua planet ban sama ?

    ReplyDelete
  5. Kemarin habis dari sana utk cek tekanan ban, beneran ongkos servisnya nggak mahal..

    ReplyDelete
  6. Gara-gara telat servis, saya ngrasain akhirnya malah tekor. Ban dalam bocor terus karena ban luar dah gundul. Coba kalau ketahuan pas servis, mestinya ga dobel pengeluaran.

    ReplyDelete
  7. Besok mau cobain ganti oli di Planet Ban, sekalian ganti ban nih,

    ReplyDelete
  8. Sekarang gak perlu sulit mencari bengkel perawatan motor terpercaya yaa..
    Ada Planet Ban yang tersebar banyak di kota-kota besar di Indonesia. Dan dengan bantuan servis motor terbaik, merawat motor tinggal bawa kendaraannya aja.. heheh, praktis.

    ReplyDelete
  9. Iya, bener banget kak. Setia apapun motor, kalau itu nyaman dan punya kenangan pasti tetap dipakai dan tentu saja kudu diservis biar tetep bisa dikendarai.

    ReplyDelete
  10. Rajin ganti oli nggak cukup rupanya ya kak mesti rajin service juga ya karena kalau nggak bisa bahaya dan bisa keluar biaya lebih besar nanti

    ReplyDelete
  11. Punya motor apalagi matic kudu dirawat dengan baik, dengan memperhatikan mana aja nih yang penting buat di servis

    ReplyDelete
  12. Langganan di Planet ban karena deket rumah hehehe.. Terus lokasinya strategis juga dekat jalan besar

    ReplyDelete
  13. Service motor di Planet Ban biayanya terjangkau. Banyak pilihan oli mesinnya juga. Rajin service jadi tetap hemat.

    ReplyDelete

Post a Comment