Tips Memilih Asuransi dengan Literasi Bersama Tokio Marine

Kematian itu pasti. Semua orang akan menua. Bahkan terkadang kematian tidak mengenal usia. Tidak ada salahnya mempersiapkan diri untuk hari akhir nanti, baik secara agamawi maupun duniawi. Mari perbanyak investasi agar meninggalkan hal yang berharga untuk keluarga tersayang jika kematian memanggil. Setiap jiwa pasti akan merasakan yang namanya kematian (QS. Ali Imran 185). Ini juga yang membuatku tertarik untuk mengikuti Webinar Ngabuburit bersama Tokio Marine dengan tema “Bijak Memilih Asuransi Tepat dan Aman” minggu lalu.


Literasi Masyarakat akan Asuransi Jiwa

Seperti kita ketahui belakangan ini marak munculnya kekecewaan masyarakat terhadap asuransi, khususnya asuransi yang menyatu dengan investasi (unit link). Kekecewaan masyarakat timbul disampaikan melalui media sosial. Menurut Tokio Marine, literasi masyarakat yang rendah akan asuransi jiwa juga menjadi salah satu penyebab kekecewaan.
 
Fakta ini didukung dengan data dari survei nasional literasi keuangan OJK (Otoritas Jasa Keuangan) di tahun 2019 yang menunjukkan rendahnya tingkat literasi keuangan di sektor asuransi jiwa, 19,4%. Untuk itu sosialisasi dan edukasi bersama sangat diperlukan. Salah satu upaya Tokio Marine untuk meningkatkan literasi dengan menyelenggarakan webinar ngabuburit bersama blogger dan media.

Tips Memilih Asuransi

Hidup itu pilihan. Begitu pula dengan investasi untuk memilikinya juga itu pilihan. Investasi juga banyak macamnya, bijaklah saat memilih investasi yang tepat. Tidak ada investasi yang beresiko nol. Semua investasi pasti beresiko. Polis asuransi jiwa juga termasuk investasi menurutku karena dapat membantu melindungi keuangan keluarga dengan sebab tak terencana di masa depan.

Polis asuransi jiwa hadir dalam berbagai pilihan premi, mulai dari proteksi saja atau ditambahkan tabungan. Setiap polis asuransi memiliki tujuan dan manfaat keuangan yang berbeda. Semua pilihan yang sebaiknya dipertimbangkan sesuai kemampuan dan kebutuhan masing-masing. Prinsip yang bisa digunakan dalam mengelola keuangan rumah tangga adalah uang masuk mesti dijaga, uang keluar perlu dikelola. Asuransi, proteksi dan investasi perlu dianggarkan minimun 10% dari pengeluaran individu. Setelah dihitung baru menilai dan memilih produk asuransi yang tepat dengan kebutuhan dan sesuai budget.

Kenali resikonya

Jangan alergi dengan yang namanya resiko. Resiko terbesar sebenarnya bisa kita kelola. Jangan gegabah, jangan karena tidak enak untuk menolak saat membeli investasi. Tingkat resiko tiap investasi berbeda, sesuaikan dengan profil diri kita. Tips ini kukutip dari Adrian Maulana yang menjadi salah satu pengisi materi webinar ngabuburit Tokio Marine.


Kenali jenis investasinya

Setiap produk asuransi biasanya memungkinkan pemegang polis untuk melalukan peralihan. Pilih yang ada fitur peralihan agar memudahkan jika di kemudian hari ingin merubah jenis produk investasinya.

Sesuaikan dengan kemampuan

Perjelas visi kedepan investasi dengan membedakan antara needs (kebutuhan) dan wants (keinginan) agar terhitung budgetnya sesuai kemampuan. Memilih produk itu menjadi pertimbangan, lihat dulu apa yang menjadi permasalahan agar asuransi bisa menjadi solusinya.

Cek kredibilitas

Cek kredbilitas, yang memiliki tata kelola perusahaan dan terdaftar di OJK, memiliki track record yang bagus, jelas profilnya, memberikan informasi transparan dan mudah diakses.

Agen asuransi yang bisa dipercaya

Pastikan agen asuransi yang menawarkan sudah tersertifikasi keagenan dari AAJI (Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia) dan terdaftar di perusahaan asuransi itu sendiri.

Inovasi Tokio Marine

Tokio Marine Life Insurance Indonesia sebagai perusahaan asuransi jiwa berkomitmen dalam membangun kepercayaan pada masa pandemi ini dan berinovasi melakukan pengembangan aplikasi Activity Management System (AMS) untuk penjualan Non Face to Face (NF2F). Melalui aplikasi AMS NF2F ini membantu mempermudah masyarakat dalam memenuhi kebutuhan asuransi tanpa perlu tatap muka dan tanpa khawatir tertular virus corona.

Aplikasi AMS NF2F diantaranya berisi monitoring aktifitas penjualan, pengisian SPAJ secara daring, proses persetujuan hingga polis keluar dan diterima oleh nasabah. Semua bisa terpantau dalam satu aplikasi. Harapannya, para tenaga pemasar tetap semangat untuk mencapai target dan calon nasabah merasa aman dengan agennya melalui aplikasi AMS NF2F ini.



Kalau aku sih iyes. Sangat membantu dan mampu mengembalikan kepercayaan nasabah dengan adanya aplikasi ini juga karena semua tercatat satu pintu. Setidaknya proteksi dapat dan keuangan terjaga dengan menggunakan polis asuransi jiwa. Yang penting adalah tentukan pilihanmu dengan sebaiknya. Hidup bukan hanya saat ini saja bukan.

Comments

  1. Jadi lebih praktis karena bisa mendaftar melalui aplikasi tokio marine, ya

    ReplyDelete
  2. Tanpa disadari sebenarnya kita itu memang butuh asuransi, jadi memang pahami dulu dengan benar dan tepat

    ReplyDelete
  3. Setuju sekali ini, kak Resi.
    kenali berbagai resikonya dan benefits yang bisa kita dapatkan ketika mempercayakan dana asuransi. Karena kan investasi jangka panjang. Semoga lancar dan bermanfaat bersama Tokio Marine Life Insurance Indonesia.

    ReplyDelete
  4. Saat ini sepertinya masyarakat juga makin melek asuransi ya. Dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan, kini daftarpun ngga ribet dengan berbagai berkas ya kak. Cukup pakai aplikasi and done

    ReplyDelete

Post a Comment