Mengenal Program BAZIS DKI Jakarta Bersama Sandiaga Uno, Untuk DKI Lebih Sejahtera


Bulan Ramadan selalu dipadati dengan jadwal buka puasa bersama. Alhamdullilah di ramadan tahun ini aku mendapat kesempatan berbuka puasa bersama Sandiaga S. Uno, Wakil Gubernur DKI Jakarta dan BAZIS (Badan Amil Zakat Infaq dan Shadaqah) DKI Jakarta. Acara berlangsung pada Senin (4/6) di Balai Agung, Balaikota DKI Jakarta. Acara dihadiri oleh mitra, blogger dan media untuk bersama mengenal lebih dekat program yang ada di BAZIS DKI Jakarta.



Tentang BAZIS DKI Jakarta
Pantun Sandiaga Uno
....... Menjaga keluarga sepenuh hati
Mari kita buka bersama Bazis DKI
Membersihkan harta sepenuh hati

Sandiaga Uno dalam sambutannya mengingatkan undangan yang hadir akan pentingnya berzakat, infaq dan sedekah untuk membersihkan diri. Sandiaga Uno mengisahkan awal berdirinya Bazis DKI Jakarta ada berkat usulan dari 11 ulama tepatnya pada tanggal24 September 1968, untuk mengadakan pelaksanaan zakat di Indonesia. Sebulan kemudian, timbul kesadaran pengumpulan zakat bisa turut menunjang pembangunan.
 
Sandiaga S.Uno - Wagub DKI Jakarta
Saat itu Gubernur Ali Sadikin mengeluarkan SK untuk membentuk BAZ (Badan Amil Zakat) sebelum menjadi BAZIS pada 22 Desember 1973. Di tahun ini BAZIS DKI Jakarta genap berusia 50 tahun dan selalu berpegang teguh pada motonya untuk selalu teladan dalam amanah, profesional dan ukhuwah.

BAZIS DKI Jakarta diharapakn untuk menjadi salah satu basis pembangunan masyarakat pra sejahtera di Jakarta. Melalui pengumpulan dana ZIS dan amal sosial perusahaan yang terprogram dan transparan penyalurannya agar kehidupan masyarakat pra sejahtera terus membaik. Bersama merubah mustahik menjadi muzaki.

Kalau kamu warga, memiliki KTP DKI Jakarta dan bingung mau berzakat dimana, BAZIS DKI Jakarta menyediakan gerai zakat, infaq dan shadaqah di beberapa mall di Jakarta. Sembari ngemall kamu bisa datang ke gerai Bazis di Mall Thamrin City, Mall AEON Cakung, Mall Gandaria City, dan Mall Season City. Selain di mall, gerai Bazis juga ada di Pasaraya Blok A, Pasaraya Blok B Tanah Abang, Pasar Pramuka, Ragunan dan Monumen Nasional. Bazis juga menyediakan layanan jemput zakat, cukup dengan menelepon 0213901367. Dengan pengalaman yang panjang dalam mengelola dana umat, BAZIS DKI Jakarta menjadi pilihan tepat bagi warga Jakarta dalam menyalurkan ZIS dan amal sosial.

Program BAZIS DKI Jakarta
BAZIS DKI Jakarta diharapkan bisa menjadi salah satu basis pembangunan masyarakat pra sejahtera di Jakarta. Melalui pengumpulan dana ZIS dan amal sosial perusahaan yang terprogram dan transparan penyalurannya  untuk kehidupan masyarakat pra sejahtera terus membaik. Zahrul Wildan, Kepala BAZIS DKI Jakarta turut hadir dalam buka puasa bersama menyampaikan sampai 31 Mei 2018, dana ZIS dan amal sosial yang terhimpun sudah mencapai sekitar 54 miliar rupiah. Pada tahun 2017, total dana ZIS yang masuk ke BAZIS DKI Jakarta tercatat 192 miliar rupiah, meningkat dibandingkan tahun 2016 sebesar 154 miliar rupiah.
 
Gerai Bazis DKI Jakarta

Pemprov DKI Jakarta bersama BAZIS DKI Jakarta dalam buka puasa bersama mengucapkan syukur dengan terwujudnya program Keluarga Mandiri Sejahtera (KMS) yang diharapkan bisa menjadi solusi pengentasan kemiskinan berbasis empat komponen dengan bantuan dana filantropi perusahaan. Sandiaga Uno menantikan dukungan banyak perusahaan untuk bisa berpartisipasi dalam program KMS ini untuk bersama meningkatkan kesejahteraan masyarakat Jakarta. Program KMS ini juga akan membantu Pemprov DKI Jakarta dalam menurunkan angka kemiskinan untuk lima tahun kedepan.

Sebelumnya Bazis DKI Jakarta juga mempunyai program pendayagunaan yaitu Jakarta Bertaqwa, Jakarta Cerdas, Jakarta Mandiri, Jakarta Peduli dan Jakarta Sadar Zakat. Di tahun 2018 memiliki program unggulan yang menyesuaikan visi dan misi Gubernur DKI Jakarta 2017-2022, antara lain:
1.      Program Bedah Rumah Dhuafa, target 2018 untuk bedah rumah dhuafa sebanyak 408 rumah di 5 wilayah Kota/Kab Kepulauan Seribu.
2.      Program Mahasiswa Cerdas, program baru yang akan dimulai dengan membiayai mahasiswa cerdas yang berasal dari keluarga tidak mampu (fakir miskin) mulai dari semester 2 hingga tamat di PTN. Alokasinya diperuntukkan untuk 50 orang mahasiswa cerdas di DKI Jakarta.
3.      Program Santri Cerdas, memberikan bantuan biaya pendidikan sebesar Rp 12 juta per tahun kepada santri cerdas dari keluarga tidak mampu.
4.      Program Bantuan Keagamaan, membantu sarana dan biaya untuk masjid, musholla, majelis taklim, dan kegiatan-kegiatan  syiar agama di masyarakat.
5.      Bantuan Program Monumental, membantu pembiayaan pembangunan 1 masjid/musholla di tiap kecamatan dan 1 masjid/musholla di tingkat Kota/Kab Kepulauan Seribu
6.      Program Pemberdayaan Ekonomi Umat
Program yang bersinergi dengan program OK OCE untuk mendukung program kerja pemerintah DKI Jakarta dalam membuka lapangan kerja/wirausaha
 
Blogger Bersama Sandiaga Uno
Kamu juga bisa berpartisipasi dalam program-program BAZIS DKI Jakarta, bersama membantu yang membutuhkan. Pemprov DKI Jakarta menargetkan tahun 2018 penerimaan ZIS dan amal sosial dapat mencapai 300 miliar rupiah. Kalau bukan kita siapa lagi yang akan membantu sesama. #BerzakatituKeren
#BerzakatituWajib
#BAZISDKIJakarta
 
BAZIS DKI JAKARTA
Graha Mental Spiritual Lt.5
Jl. H. Awaluddin II Tanah Abang
Jakarta Pusat 10230

3 komentar:

  1. Programnya bagus ya jadi bisa mensejahterakan rakyat juga..semoga bisa ditiru wilayah lainya.

    ReplyDelete
  2. Duh, camerku yg inspiring. Sukses selalu untuk bazis dan pak wagub.

    ReplyDelete
  3. Zakat juga udah eksis di mall. Lah malah gampang bayar zakat sekarang

    ReplyDelete

kataresi.com 2018. Powered by Blogger.