Festival Ngidam untuk Bunda Hamil



Apa yang terbersit di pikiran kamu jika mendengar kata “ngidam”? Ada yang menjawab ngidam berkaitan dengan makanan dan mual muntah, saat ditanya di acara Media & Blogger Gathering  SGM Bunda yang berlangsung di Suasana Resto, Aston-Kuningan Suites. Untuk menyenangkan hati para bunda hamil, PT. Sarihusada akan menggelar Festival Ngidam SGM Bunda pada 2-3 September 2017 dan sangat menarik minat aku untuk datang berkunjung. Bagiku kehamilan adalah mukjizat dan anugerah dari Allah SWT dan aku senang bertemu dan mendengarkan pengalaman yang mereka rasakan selama kehamilan.
 
Photobooth Festival Ngidam SGM Bunda - doc.pribadi

Festival Ngidam SGM Bunda

Apa itu Festival Ngidam SGM Bunda? 
Festival Ngidam SGM Bunda adalah festival kehamilan yang pertama dan terbesar di Indonesia. Summarecon Mall Bekasi menjadi tempat berlangsungnya Festival Ngidam SGM Bunda yang banyak dinantikan para ibu hamil. “Kami hadir dengan serangkaian aktivitas tentang edukasi nutrisi yang lengkap dan menyenangkan untuk para Bunda,” ujar Christina Natalia dari Nutricia Sarihusada.

Dalam rangkaian kegiatan Festival Ngidam, para bunda dan ayah dapat aktif berkonsultasi seputar kehamilan dan nutrisi. Untuk menambah pengetahuan kita juga bisa mengikuti talkshow edukatif bersama para ahli. Berbagai tema ada di Festival Ngidam, mulai dari Ngidam Jajan, Ngidam Dimanja, Ngidam Ketemu Artis, Ngidam Eksis dan banyak lainnya untuk memuaskan hati para bunda.


Festival Ngidam SGM Bunda - doc.pribadi
Festival Ngidam SGM Bunda ini sebelumnya pernah diadakan di Surabaya. Di area Jawa dan Sumatera banyak tersebar kegiatan “Edukasi Nutrisi & USG Gratis” dan berhasil diikuti oleh 34,790 bunda di 900 lokasi. Kegiatan tersebut telah berhasil memecahkan rekor MURI untuk jumlah foto USG Bunda Hamil Terbanyak.
 
Penyerahan Rekor Muri Foto USG Bunda Hamil Terbanyak - doc.pribadi
Kolase Foto Bunda USG Gratis - doc.pribadi

Tentang Kehamilan dan Ngidam
Kehamilan dan ngidam, dua hal dalam hidup yang belum pernah kurasakan. Sejak menikah di tahun 2014 hingga kini aku belum mendapatkan kesempatannya. Melalui media & blogger gathering ini aku mendapat banyak informasi seputar kehamilan dan ngidam. Menurut Dr.Med. dr. Damar Prasmusinto, SpOG (K) sudah menjadi takdirnya perempuan untuk hamil dan melanjutkan keturunan. Yang perlu disadari bahwa keturunan menjadi penerus kehidupan dan akan menjadi pemimpin nasib bangsa.

Nutrisi sangat penting diperhatikan selama masa kehamilan karena pengaruhnya sangat besar untuk pertumbuhan janin. Selama masa kehamilan dianjurkan makan dengan nutrisi seimbang 3x sehari, makan 1 butir telur, minum susu khusus hamil, minum jus buah segar, dan minum 10 gelas per harinya. Pemenuhan kebutuhan makanan pada trisemester pertama kehamilan seringkali bermasalah yang dapat menyebabkan mual, muntah, heartburn, konstipasi dan mulut pahit.
 
(Ki-ka) Dokter Damar, Tara T., dan dari pihak SGM - doc.pribadi
Mual dan muntah diakui Dr.Med.dr.Damar P, SpOG (K) adalah hal yang wajar dan alamiah terjadi saat masa kehamilan. Daya tahan tubuh akan menyesuaikan dengan kondisi badan. Ketika ibu hamil merasakan mual dan muntah itu bisa jadi pertanda adanya peningkatan nutrisi pada plasenta bayi.

Ngidam juga dirasakan oleh beberapa ibu hamil. Dari segi medis, ngidam berhubungan dengan perubahan peptida opioid  endogen dan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Ngidam dapat memicu sensitiitas indera selama kehamilan yang mengakibatkan tidak terkontrolnya keinginan untuk mengkonsumsi sesuatu. Ngidam juga terkadang mengakibatkan kurang asupan nutrisi yang masuk karena makanan/minuman yang diinginkan tidak memiliki asupan nutrisi yang seimbang. Kelahiran prematur atau berat badan kurang bisa terjadi jika asupan nutrisi kurang selama masa kehamilan.

Jika dilihat dari segi psikologis, Tara de Thouars, BA, Mpsi sebagai seorang psikologis klinis dewasa bahwa ngidam juga bagian dari perubahan mood saat hamil. Perubahan mood yang terjadi bisa berupa ngidam akan makanan atau perhatian.Kehamilan setiap trisemester akan mengalami perubahan yang sangat terlihat pada bunda.
Trisemester I Kehamilan - doc.pribadi

Kehamilan Trisemester II - doc.pribadi

Kehamilan Trisemester III - doc.pribadi
Dukungan ayah bagi bunda hamil sangat diperlukan selama masa kehamilan. Seorang calon ayah harus siap sedia menjadi teman curhat, pendengar yang baik, siap setia menemani, mengerti perasaaan pasangan, mengikuti semua proses perkembangan janin, dan jangan diambil hati karena mood swing yang dirasakan. Perubahan fisik, kecemasan kandungan, melahirkan atau membesarkan buah hati, ketidakpercayaan diri, bisa mengakibatkan moody.

Tips & Trik Menanti Buah Hati dari Tara de Thouars
Bicarakan kekhawatiran dengan pasangan
Pujilah pasangan, yakinkan akan kemampuannya
Luangkan waktu berkualitas dengan pasangan, romantis dan menyenangkan
Berkhayal mengenai cita-cita kehidupan masa depan dengan buah hati
Sharing dengan teman yang sudah pernah mengalami
Jaga pola pikir positif
Lakukan aktivitas dengan menyenangkan


-RGP-

4 komentar:

  1. Aku pas trimester awal sempat mual pas di bulan ketiga, mba. Makasih sudah berbagi tulisannya mba. Baru tahu kalau ada festival ngidam. Lucu. Hehhee

    ReplyDelete
  2. wah.. sangat bermanfaat nih terutama untuk yang sedang hamil..

    tanda hamil

    ReplyDelete
  3. Sangat bermamfaat buat parabibu yang sedang hamil..baru tw juga klo ada festifal ngidam...lucu juga..tpi dr artikel ini banyK bgt pengetahuan yg didapat...

    ReplyDelete
  4. Aku ngidam dari umur 1-4 bulan usia kehamilan,,tidak bisa mkan nasi karena mual n muntah..Terimakasih info nya mbak sangat bermanfaat buat ibu2 hamil..semoga tambah sukses

    ReplyDelete

kataresi.com 2018. Powered by Blogger.