Simposium Hari Gizi: Potensi Silent Killer pada Masakan Rumah


Masakan rumah sejatinya dominan dianggap sebagai sajian paling menyehatkan dibandingkan beli sajian makanan diluar. Eits.. itu ternyata belum tentu benar. Mengapa? Menurut Simposium yang diselenggarakan Sunco pada 25 Januari 2017 lalu yang bertepatan dengan Hari Gizi Nasional bahwa ada potensi sillent killer pada sajian masakan rumahan. Silent Killer disini mengandung arti bahwa tanpa kita sadari sajian masakan rumah bisa menjadi pemicu timbulnya suatu penyakit yang bisa disebabkan dari cara pengolahan yang tidak tepat. Pengolahan sajian masakan rumah pastinya tidak luput dari penggunaan minyak goreng, peran minyak goreng yang baik menentukan sajian masakan yang sehat.
 

Menurut Mulina Wijaya, sebagai Deputy Marketing Manager Sunco melihat masyarakat seringkali menganggap minyak goreng adalah hal yang tidak berbahaya. Ada beberapa hal yang diperlukan dalam penggunaan minyak goreng dalam sajian masakan rumah. 
1.      Jangan menggunakan minyak secara berulang-ulang. Jika minyak sudah berubah warna  akibat sisa makanan sebaiknya ganti dengan minyak yang baru
2.      Hindari penggunaan suhu terlalu panas ketika memasak karena dapat membentuk radikal bebas yang dapat merugikan kesehatan dan merusak kandungan vitamin dalam minyak goreng.

Terlihat sepele memang tapi efeknya jika kita sampai lalai bisa berpengaruh terhadap kesehatan jangka panjang pada diri kita. Pada dasarnya minyak pada makanan juga berfungsi untuk meningkatkan energi dalam tubuh dan membantu penyerapan vitamin A,D,E dan K.Dr. Entos Zainal DCN, SP, MPHM Sekretaris Jendral PERSAGI (Persatuan Ahli Gizi) yang juga hadir sebagai narasumber pada Simposium Sunco yang bertempat di Auditorium Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP) Jakarta menyebutkan pentingnya vitamin A,D,E dan K yang diperlukan oleh tubuh selain protein dan mineral. Vitamin tersebut berguna untuk daya tahan tubuh kita dan memerlukan lemak untuk prosesnya dalam tubuh kita.

Vitamin, mineral dan protein penting untuk dikonsumsi saat pertama kehamilan (berhenti haid) sampai 20 minggu pertama atau biasa disebut 1000 hari pertama kehidupan yang merupakan masa emas sekaligus masa kritis pertumbuhan dan perkembangan anak. Kombinasi sayur, buah bahkan gula dan garam dalam sajian masakan rumah juga perlu diperhatikan. Faktanya hanya 6.5% orang indonesia yang mengkonsumsi buah dan sayur. Biasanya para Ibu berusaha "mengakali" itu dengan memasukkan sayuran pada sajian masakan rumah untuk anak kita.


Sajian masakan rumah berpotensi silent killer juga bisa didapatkan dari makanan yang tidak seimbang gizinya. Disampaikan oleh Theresia Irawati SKM,M.Kes dari Kementerian Kesehatan bahwa gula dan garam memiliki batas konsumsi berdasarkan Permenkes no.30 tahun 2013.

Gula per orang per hari sebaiknya hanya 50 gram (4 sendok makan)
Garam sebaiknya hanya 2000mg atau 5 gram (1 sendok teh)
Lemak sebaiknya hanya 67 gram (5 sendok makan minyak)

Lebih lanjut dr. Tirta Prawita Sari dari IDI (Ikatan Dokter Indonesia) memberikan perbedaan antara lemak jenuh dan lemak tak jenuh. “British Medical Journal 2015 menyatakan lemak jenuh tidak berhubungan sebagai penyebab penyakit kardio vaskuler, melainkan lemak trans,’ tegasnya. Lemak trans adalah lemak yang mengalami proses dihidrogenase.

Bagaimana menghindari lemak trans saat belanja kebutuhan dapur atau dalam kehidupan sehari-hari:
Kurangi konsumsi makanan yang telah diproses

  • Pilih butter daripada margarin
  • Pilih olive oil atau minyak kelapa daripada minyak sayur
  • Cek label dan hindari produk yang berlabel partially hydrogenated vegetable oil 
  • Untuk menggoreng pilihlah minyak kelapa/kelapa sawit daripada minyak lainnya

Disini Minyak Sunco bisa menjadi rekomendasi karena terbuat kelapa sawit yang lebih sedikit menempel (#dikitnempel) pada masakan dan menjadikan Sunco lebih sehat. Ciri-ciri minyak goreng yang baik (#MinyakGorengBaik) adalah #dikitnempel di makanan, berwarna bening, tidak mudah beku menandakan kandungan lemak jenuhnya sedikit, nampak lebih encer dan tidak gatal atau lengket di tenggorokan ketika diminum. Christian Sugiono sudah membuktikannya di akhir simposium. 
doc.dewinuryanti

Sunco juga memiliki website yang berisi berbagai resep sehat untuk sajian masakan rumah. Bisa dilihat di www.resepsehat.com dan salah satu yang sudah didemonstrasikan adalah resep mayonaise ala Sunco yang disajikan bersama udang crispy. Untuk mendapatkan informasi seputar Sunco bisa cek di FansPage Sunco Indonesia. Kecerdasan anak bangsa berada di tangan kita, untuk menghasilkan masakan rumahan yang sehat dan seimbang.-RGP-

3 komentar:

  1. ternyata ada silent killer juga ya mbak meskipun udah masak dirumah. Postingannya bermanfaat untuk menyadarkan saya pentingnya memilih minyak goreng yang tepat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya yach tanpa kita sadari lho.
      ingat utk pilih minyak goreng yg baik

      Delete

kataresi.com 2018. Powered by Blogger.