Semangat Donor Darah, Satu Selamatkan Jiwa bersama PMI

Satu tetes darah, satu kantong darah bisa menyelamatkan satu kehidupan, satu nyawa manusia dengan donor darah. Satu Selamatkan Jiwa menjadi hestek acara Sosialisasi  Donor Darah kepada Mitra PMI (Palang Merah Indonesia) DKI Jakarta, yaitu dari KOPI (Koalisi Online Pesona Indonesia) dan TDB (Tau Dari Blogger) yang berlangsung pada 5 November lalu di Resto Bumbu Desa, Cikini. Dalam acara sosialisasi ini para blogger yang menjadi relawan diberikan pengetahuan tentang darah, cara menjadi donor darah yang berguna dan proses pengolahan donor darah yang disampaikan oleh dr. Pierly dari UDD (Unit Donor Darah) DKI Jakarta.
 
docpri
Menurut keterangan dr.Pierly golongan darah yang kita kenal ABO (A,B,O dan AB) ditemukan tahun 1900 dan sesungguhnya ada 40 golongan darah di dunia ini dan beberapa golongan darah dinamakan berdasarkan nama penemunya, seperti Rhesus, Lutheran, Lewis atau Duffy. Di Indonesia sendiri presentase golongan darah ABO tertinggi dipegang oleh goldar O sebanyak 40,77%, goldar B sebanyak 26,68%, goldar A sebanyak 25,48% dan goldar AB sebanyak 6,6%.

dr.Pierly - docpri
Syarat Donor Darah yang Baik
Darah yang mengalir dalam tubuh kita ini bisa bermanfaat juga untuk orang lain yang membutuhkan, etetes darah maupun sekantong darah bisa berguna untuk orang lain dengan kita mendonorkannya melalui PMI. Recruiment donor, seleksi donor dan pengambilan termasuk salah satu kegiatan yang dilakukan oleh UDD PMI DKI Jakarta.  
 
form donor darah -docpri
Seleksi Donor adalah proses yang dilakukan oleh PMI terhadap calon donor darah melalui pemeriksaan dan pengisian formulir. Ketika kita akan donor darah, biasanya kita akan diminta pihak PMI untuk mengisi formulir sembari ditanyai beberapa perihal terkait isi formulir. Disinilah kita diminta kejujuran yang amat sangat, karena aktivitas terakhir yang kita lakukan sebelum donor darah itu berpengaruh terhadap darah atau tepatnya pada plasma darahnya.

Syarat umumnya calon donor darah mempunyai berat badan minimal 45 kg, tekanan darah sistol 100-180mmHG, diastol 50-100mmHG, denyut 50-100/menit, dan berusia minimal 17 tahun hingga 60/65 tahun serta tidak boleh dalam keadaan menstruasi, hamil atau menyusui. Bahkan sehari setelah selesai menstruasi disarankan untuk tidak melakukan donor darah, pasti ditolak karena itu yang aku alami. Entah kenapa beberapa kali niatku donor darah selalu ditolak dan biasanya karena tensi rendah. Dijelaskan oleh dr.Pierly kadar HB yang baik pada darah donor minimal 12.2 kalau bisa lebih tinggi agar bermanfaat untuk pasien atau penerima donor. “Sebelum memberanikan diri untuk datang melakukan donor darah penting untuk cukup makan dan tidur serta perbanyak minum air putih,” ujar dr.Pierly. Makan berlebihan sebelum melakukan donor darah juga bisa mengakibatkan plasma darahnya jelek dan itu kurang bagus untuk didonorkan.
 
Syarat lain Donor - docpri
Donor juga tidak boleh mempunyai penyakit seperti tekanan darah tinggi, tekanan darah rendah, kurang darah (anemia), penyakit kulit kronis, gangguan pendarahan, kencing manis, ayan, gangguan hati, ginjal, jantung, paru dan kanker. Hal yang wajar dilakukan pemeriksaan fisik pada donor darah sebelum terlambat melakukan donor darah yang nantinya akan berdampak pada penerima donor darah (resipien). Kasihan kan penerima donor yang umumnya pasien artinya sudah mempunyai penyakit dan mendapat darah yang tidak sehat dari donor bukannya membantu malah memperburuk kondisi penerima donor darah.

Alur Donor Darah di PMI
Donor darah diambil pada setiap orang sekitar 250ml, maksimal 450 ml. Darah yang sudah terkumpul di Reagen (kantong darah) biasa didapatkan mobil unit PMI per harinya 600-800 kantung darah yang beredar, belum lagi yang donor darah langsung di PMI. Cukup banyak kalau dilihat dari jumlahnya, namun semua darah itu harus melalui proses skrining IMLTD/Infeksi Menular Lewat Transfusi (pemeriksaan sekorologi darah). Ada dua metode dalam penyaringan darah yaitu NAT dan CLIA, NAT untuk memeriksa virus dalam darah dan metode CLIA untuk mendeteksi anti bodi dalam darah. Proses IMLTD berlangsung kurang lebih 8-10 jam dan akan menghasilkan komponen darah PRC (darah merah pekat), WB (darah lengkap), TC (trombosit pekat), FFP(fresh frozen plasma) biasanya untuk pasien kanker atau luka bakar, AHF, WE, PRC rendah, Leukosit, Cairan Plasma, Buffy coat.

Darah kemudian disimpan dengan suhu penyimpanan dan masa simpannya masing-masing, setiap komponen darah mempunyai perlakuan yang berbeda. Masa simpan adalah lamanya masa penyimpanan maksimum yang diperbolehkan untuk suatu komponen darah. Untuk menyimpan trombosit pekat harus di Agitator dengan suhu 22º ± 2º C. Agitator menyimpan TC dalam kondisi terus bergerak agar TC dalam kantung tidak gampang mengumpal. Untuk WB, PRC dan Plasma Cair akam disimpan didalam blood refrigerator dengan suhu 4º ± 2º C.
 
Daftar Bank Darah RS - docpri
Darah yang sudah siap akan didistribusikan oleh PMI ke 205 RS di Jakarta dan 244 RS diluar Jakarta. Terdapat 41 Bank Darah di RS yang sudah diresmikan dan 3 Bank Darah yang belum diresmikan, yaitu BDRS Thamrin, BDRS Siloam TB Simatupang, dan BDRS Puri Indah. Bank Darah RS mempunyai tugas menyimpan stok darah pada suhu optimal komponen, melakukan tes golongan darah pasien, uji silang keserasian darah antara darah pasien dan donor, serta menyampaikan darah pada pasien melalui petugas RS.
  
Terdapat loket pelayanan di UDD DKI bagi permintaan darah RS yang tidak ada Bank Darah dan membutuhkan waktu 2-3jam untuk mendapatkannya. Persyaratan yang penting untuk diingat adalah membawa formulir permintaan darah dari RS yang sudah DICAP atau di STEMPEL dan membawa contoh darah yang dimasukkan kedalam tabung EDTA. Tanpa CAP atau STEMPEL maka permintaan darah akan ditolak.
Syarat Permintaan Darah - docpri

Darah Mahal, Tetap Semangat Donor Darah
Harga darah masih tergolong mahal sekitar 510 ribu (360ribu dengan prasyarat) dan diakui dr.Pierly hal ini dikarenakan perlengkapan layanan donor darah masih banyak yang import. Reagen atau kantong darah yang ternyata berpori pun masih harus beli dari luar negeri. Penyaluran darah dari pusat ke daerah juga mengalami hambatan karena kendala birokrasi.

docpri
Meski darah mahal, masih banyak orang yang memerlukan darah sehat dari kita. Tetap semangat untuk donor darah, ajak keluarga dan teman anda untuk donor darah ke PMI terdekat. Hanya mitos bahwa dengan donor darah bisa membuat badan gemuk. Donor darah mempunyai banyak manfaat untuk diri yaitukadar Hb dapat terpantau 3 bulan sekali, menurunkan kadar zat besi teroksidasi, menurunkan resiko serangan jantung, dan dapat membakar kalori hingga 650 kalori.

Kita juga bisa membuat acara donor darah di lingkungan rumah, kantor ataupun komunitas kita, dengan tata cara dari PMI sebagai berikut:
Calon Donor minimal 75 orang
Harus di dalam ruangan (usahakan berAC)
Ada meja dan bangku untuk pendaftaran, pemeriksaan, administrasi, snack
Mengajukan proposal acara ke UDD minimal 1 bulan sebelum ke lantai 3 bagian pengadaan darah dengan ibu Lina atau Cici
021-3906666 kontak PMI DKI Jakarta (ext.306)

docpri
Untuk memotivasi para pendonor darah, maka sesuai dengan SK.012/KEP/PP-PMI/V/2000, pendonor darah sukarela yang telah menyumbangkan darahnya sebanyak 10, 25, 50, 75 kali akan diberikan Piagam Penghargaan dan yang sebanyak 100 kali akan diberikan Piagam langsung dari pemerintah pusat berupa Piagam Satyalancana Kebaktian Sosial. -RGP-

2 komentar:

  1. Aku dulu rajin donor tapi sekarang berhenti dulu karena menyusui. Donor bikin sehat

    ReplyDelete
  2. Iya bunda sherlock fokus asi dlu skrg ya. Nanti klo slsai mpasi baru dondar lagu

    ReplyDelete

kataresi.com 2018. Powered by Blogger.