[INFO] Waspada Gangguan Tiroid, Indonesia Peringkat 1 Gangguan Tiroid SeAsia Tenggara


doc.pribadi
Dalam rangka Pekan Kesadaran Tiroid Internasional, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan PT Merck Tbk., menyelenggarakan Seminar Publik sehari pada Selasa (24/6) lalu. Seminarnya mengambil tema “Waspada Gangguan Tiroid”, bertempat di Hotel Grand Cempaka, Jakarta dan dihadiri oleh blogger, komunitas PITA TOSCA untuk pejuang tiroid, serta dari staf layanan kesehatan masyarakat.

dr.Lily S.S  - doc.pribadi

Dalam acara ini, aku dari blogger benar-benar mendapatkan banyak informasi  mengenai hormon tiroid. Yang mencengangkan ternyata Indonesia peringkat pertama untuk gangguan tiroid seAsia Tenggara, seperti disampaikan oleh dr.Lily S. Sulistyowati sebagai Direktur Pengendalian Penyakit Tidak Menular Kemenkes. Disebutkan juga bahwa kelainan kelenjar tiroid merupakan kelainan kelainan endokrin terbesar kedua setelah diabetes melitus.




PENGERTIAN TIROID

Kelenjar tiroid adalah kelenjar endokrin yang berbentuk kupu-kupu di bagian depan leher dibawah jakun letaknya (di bagian tengah bawah leher). Hormon tiroid berfungsi mengontrol proses metabolisme dalam tubuh dan berasal dari yodium yang kita konsumsi.  Selain itu juga hormon tiroid memacu pembentukan kalori, meningkatkan curah jntung, metabolisme karbohidrat, lemak dan protein.

Menurut dr. Aman Bhakti Pulungan, Sp(A)K, Ketua Pengurus Pusat Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) hormon tiroid berperan penting untuk perkembangan otak dan tumbuh kembang. Gangguan tiroid dapat mengakibatkan gangguan tumbuh kembang dan gangguan perilaku pada anak-anak. Gangguan kelenjar tiroid Hipotiroid Kongenital bisa terjadi sejak lahir dan dapat mengakibatkan kelainan retardasi mental pada bayi baru lahir.

SKRINING HIPOTIROID KONGENITAL UNTUK BAYI
Deteksi dini bayi skrining hipotiroid kongenital (SHK) untuk bayi yang baru lahir paling baik adalah pada masa gold circle skrining yaitu dalam waktu 48-72 jam setelah bayi lahir atau sebelum bayi baru pulang. Prosesnya dengan mengambil sedikit darah bayi dari tumit bayi lalu diteteskan di atas kertas saring khusus, dikeringkan kemudian bercak darah dikirim ke laboratorium. Di laboratorim kadar hormon TSH diukur dan hasilnya dapat diketahui dalam waktu kurang dari 1 minggu. Bila hasil tes tidak normal, bayi akan diperiksa oleh Tim Konsultan Program Skrining Bayi Baru Lahir. Skrining HK telah merupakan prosedur rutin di Negara maju sejak tahun 1970 an. Di Indonesia baru dilaksanakan sejak tahun 2000 dan sampai tahun 2014, baru diskrining kurang dari 1% dari jumlah seluruh bayi baru lahir



 Laboratorium yang sudah ditunjuk oleh SHK adalah Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) di Jakarta dan Rumah Sakit Dokter Hasan Sadikin (RSHS) di Bandung. Kedua rumah sakit tersebut menjadi rumah sakit rujukan untuk pemeriksaan SHK dalam meneliti kertas saring yang dibawa.

Bayi yang sudah ditetapkan menderita HK, segera diberi  pengobatan dengan  pengganti hormon tiroid yaitu berupa tablet tiroksin yang bisa digerus kemudiaan dicampur ASI atau air diberikan satu kali sehari. Khasiat obat sama seperti hormon yang dihasilkan oleh kelenjar gondok. Obat tiroksin mudah didapat dan mudah pemberiannya, harga obat tidak mahal.

doc.pribadi
Gejala hipotiroid konginetal yang bisa terlihat jelas pada bayi adalah berhidung pesek, lidahnya besar, mempunyai wajah yang khas, konstipasi, kuning, bodong (ikterus), kulit kering, burik, ubun-ubun melebar, perut buncit, wajah sembab, dan susah menelan. Ditemukan fenomena Kretin di Jawa yang mengakibatkan 5-30% kerusakan otak dan 30-70% beresiko kurang energi pada hipotiroid.

Deteksi dini diperlukan  untuk mengetahui lebih awal adanya gangguan tiroid pada anak. Karena jika tidak terdeteksi dini bisa berpengaruh terhadap pertumbuhan anak dan perkembangan otak anak. Iklaskan tumit bayi Anda untuk diperiksa pemeriksaan dini SHK agar tidak menyesal atau ingatkan pihak layanan kesehatan untuk melakukan deteksi SHK.

PERATURAN SHK
Tidak perlu takut karena semua sudah diatur dalam UU no.23 pasal 8, 44 dan 46 adalah dasar hukum untuk melakukan skrining hipotiroid kongenital (SHK) sesuai standarnya. Arah kebijakan SHK adalah meningkatkan akses dan pemeriksaan dini yang merata. Program SHK terintegrasi dengan program imunisasi. Selain itu dalam Permenkes no.25 tahun 2004 pasal 6 dan 7, serta Permenkes no.78 tahun 2014 juga mengatur tentang SHK. Isi Permenkes no.25 Tahun 2014 tentang Upaya Kesehatan Anak pasal 16 : Skrining Bayi Baru Lahir dilakukan thd setiap Bayi Baru Lahir oleh nakes 4 5 UUD 1945.

Di seluruh dunia prevalensi hipotiroid kongenital adalah 1 banding 3000 (1:3000) dari 5 juta bayi yang baru lahir, maka terdapat lebih dari 1600 bayi dengan hipotiroid kongenital per tahunnya.Prevalensi hipertiroid pada anak berusia dibawah 15 tahun adalah 8 banding 1juta (8:1.000.000) dan untuk anak usia kurang dari 4 tahun adalah 1 banding 1 juta (1:1.000.000).

JENIS GANGGUAN TIROID
Dr. Imam Subekti, SpPD, KEMD dari Divisi Metabolik Endokrin Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo menyampaikan bahwa gangguan tiroid ada dua macam, yaitu Hipotiroid dan Hipertiroid yang bisa terjadi pada anak-anak maupun orang dewasa. Hipotiroid adalah kondisi ketika kelenjar tiroid kurang aktif  sehingga tidak menghasilkan  hormon tiroid yang ckup untuk menjaga metabolisme tubuh. Hipertiroid adalah kondisi kelenjar tiroid yang terlalu aktif sehingga menghasilkan terlalu banyak hormon tiroid.Berikut gejalanya pada anak.
gejala hipotiroid pada anak - doc.pribadi

gejala hipertiroid pada anak - doc.pribadi
 Pada orang dewasa waspadai benjolan di leher yang disertai demam dan susah bernafas. Segera periksakan diri. Selain itu gejalanya pada orang dewasa adalah berikut:
doc.pribadi

doc.pribadi
Selain hipotiroid dan hipertiroid, ada juga gangguan tiroid yang disebut Hipotiroid Autoimun yaitu kondisi dimana imun tubuh menganggap kelenjar tiroid mengancam tubuh sehingga sistem imun mengeluarkan antibodi yang menyerang kelenjar tiroid.

Periksakan diri jika merasa ada benjolan dileher, badan terasa demam dan susah bernafas. Gangguan kelenjar tiroid tidak hanya membesar keluar, tetapi bisa juga kedalam dan kebelakang. Pemeriksaan fisik tiroid dilakukan dengan memeriksa bagian sekitar leher dari depan dan belakang, ukuran benjolan, pergerakan benjolan, nyeri, keras atau kenyalnya benjolan. Pemeriksaan USG, TSH, dan FT4 adalah jenis hormon yang diperiksa untuk mengetahui ada atau tidaknya gangguan tiroid.

Pada usia dewasa apabila penyakit tiroid tidak terdiagnosa dapat menyebabkan resiko gangguan kesehatan yang serius seperti cardiovascular, osteoporosis dan infertilitas. Pada ibu hamil bisa menyebabkan keguguran, kelahiran prematur, dan lahir mati. Ibu hamil pun perlu memperhatinkan asupan iodium agar tidak GAKI: Gangguan Akibat Kekurangan Iodium. Wanita 10x lebih rentan terkena hipotiroid dibandingkan laki-laki, yang merokok, yang mudah stress dan kekurangan iodium khususnya.


Kemenkes menyarankan CERDIK: cek kesehatan berkala, Enyahkan asap rokok, Rajin Aktifitas, Diet sehat kalori seimbang, Istirahat cukup dan Kurangi stress untuk hidup sehat.-RGP-

0 komentar:

Post a Comment

kataresi.com 2018. Powered by Blogger.