[INFO] Jangan Ngaku Anak Jakarte Kalau Belum Punya Qlue, Nyok Bangun Jakarta Baru (Jakarta Smart City) dengan Qlue


Woro-woro (pake toa)...
Buat warga Jakarte yang domisili di Jakarte atau Katepeh (KTP) Jakarta jangan ngaku-ngaku orang Jakarte kalo abang atau none belum punya aplikasi Qlue. Nape begituh? Kalau warganye kan pasti pengen Jakartenye jadi kota yang lebih baik pan, eh kan.. Kudu punya aplikasi Qlue buat bareng-bareng buat jakarta lebih baik.

Udah pada tahu belum soal aplikasi Qlue?
Aku sendiri jujur baru tahu aplikasi Qlue dari acara Lari 5 Jakarta bersama aplikasi Qlue, Pemerintah (Pemda) DKI Jakarta dan komunitas Indorunners di Balai Kota DKI Jakarta tepatnya di Balai Agung pada Sabtu lalu (13/2).Acara ini diadakan dengan harapan dapat menjadi pelopor perubahan, mengubah pola pikir masyarakat untuk lebih peduli dan menjaga setiap fasilitas umum yang digunakan sehari-hari.





Dalam Lari 5 Jakarta komunitas Indorunners diikuti oleh 20 orang perwakilan pelari yang tergabung dalam komunitas Indorunners dari setiap kota Jakarta untuk lari bersama (Fun Run) menjelajahi 5 titik wilayah di Jakarta dan  melaporkan kondisi yang dilewati melalui aplikasi Qlue. Laporan yang masuk ke Qlue akan direspon oleh camat atau lurah yang bertanggungjawab terhadap wilayahnya dan sepengetahuan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau dikenal dengan Pak Ahok ini.



Pak Ahok sangat berterima kasih dengan adanya aplikasi Qlue ini. Diakui Ahok dari berbagai era jabatan dan segala kendala yang sudah dijalaninya, aplikasi Qlue memang sangat memudahkan kerja Pemda dalam merespon laporan dari warga dengan berkordinasi dengan para camat dan lurah”, ujar Ahok. Pembagian wilayah DKI Jakarta menjadi per kecamatan dan kelurahan dalam aplikasi Qlue memang sengaja dilakukan oleh Ahok untuk mempermudah penanganan laporan dari warga Jakarta agar segera teratasi. Untuk mendukung gerakan berani berubah maka dalam acara ini juga mengundang Walikota dari tiap Jakarta serta jajaran dinas terkait, seperti Kepala Dinas Perhubungan, Andriyansyah, Kepala Dinas Perindustrian dan Energi, Kepala Unit Pengelola Jakarta Smart City bagian Dinas Komunikasi, Informatika dan Kehumasan, Kepala Dinas Tata Air, serta Kepala DInas Olahraga dan Pemuda.

Qlue sendiri ternyata juga terus berimprovisasi dan mengembangkan aplikasinya sesuai kebutuhan dari Pemda DKI Jakarta sesuai dengan instruksi Pak Ahok.  Masyarakat bisa mendownload aplikasi Qlue di play store yang cukup menggunakan ponsel android dan bisa digunakan di mana saja sehingga siapa saja bisa melapor.


Qlue Avatars
Akun pelapor terlindung identitasnya dalam Qlue, karena identitas hanya berupa avatar lucu yang dapat dipilih sesuka hati. Avatar tersebut dapat diubah-ubah dengan membelinya di Avatar Shop dengan menggunakan coin yang dapat diperoleh dengan berbagai cara, seperti mem-posting di Qlue, mengajak teman lain menggunakan Qlue, atau ketika laporan yang diposting di Qlue sudah ditangani oleh yang bersangkutan. Bahkan untuk para lurah, Rama juga mendesain khsusus avatar untuk mereka gunakan, sehingga tidak perlu memajang foto masing-masing.



Peran serta aktif warga DKI Jakarta sangat diharapkan untuk perubahan Jakarta yang lebih baik menuju Jakarta Smart City. Hal ini juga diakui oleh Pak Ahok bahwa peran aktif pemerintah dalam merespon laporan yang masuk dari warga Jakarta juga sangat diperlukan. Aplikasi Qlue untuk Jakarta Smart City juga mengharapkan hal yang sama.

Rama Aditya



Berani Berubah adalah tagline yang dibawa oleh Qlue bersama untuk Jakarta Baru. Kampanye Berani Berubah ini fokus kepada tiga (3) hal besar perubahan, yaitu fasilitas umum, lingkungan dan lalu lintas. Untuk mendukung Jakarta Smart City, Qlue juga membuat Qlue Transit dan Qlue Safe.


Qlue Transit memberikan informasi terkait keramaian terminal busway, tracking, navigasi tercepat dan termurah di Jakarta. Anda bisa share informasi kepadatan halte kepada sesama demi alokasi pintar dari pengguna publik transport dan sekalian dapatkan reward yg dapat di tukarkan dengan banyak hadiah menarik


Qlue Safe
Anda bisa berbagi kondisi keselamatan saat mengetahui bagaimana lingkungan yang aman menggunakan skor keselamatan kita, melacak orang yang Anda cintai dan atau memberikan SOS kesusahan ketika dalam bahaya. Ini memastikan keselamatan Anda kapan saja dan di mana saja selama hari Anda. Qlue Aman mendukung Cerdas Umum Keselamatan



Penghargaan yang pernah diraih aplikasi Qlue tahun 2015:
1. "Karya Anak Bangsa" #4 BEST APPLICATION IN INDONESIA oleh Google Playstore
2. NOMINATED AS BEST APPLICATION IN INDONESIA oleh Google Playstore
3. #2 BEST LOCAL APPLICATION oleh Google Free Magazine

5 komentar:

  1. keren reportasenya ^_^ Aku justru sudah pernah install Qlue tapi tdk maksimal penggunaannya...

    ReplyDelete
  2. Weh, paket lengkap ya mba Resi. Smoga aplkikasi ini benar2 benar berguna untuk informasikan soal Jakarta. Khsuusnya pengguna angkutan umum seperti saya :)

    ReplyDelete
  3. Iya ni mba, aplikasi qlue mewadahi kritik dan saran kita.. jgn lupa donlot ya.Hihi

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

kataresi.com 2018. Powered by Blogger.