[HERBA BEAUTY] Bunga Melati Untuk Kecantikan - Bisa Mencegah Penuaan Dini, Jerawat dan Mengatasi Bau Badan

Melati.. Oh Melati.. Harum dan Mewangi
Berseri.. Oh Berseri di Setiap Hari.. (sing)

Mau nulis tentang bunga melati entah kenapa terlintas nada dan lagu itu, setelah dibrowsing baru tahu kalau itu lagunya Ikke Nurjanaj berjudul Melati.. Ya iyalah melati masa mawar.. Uupss..
Back to topic, melati. Bunga melati, memiliki bunga yang berwarna putih bersih dan memiliki aroma yang lembut menenangkan. Bunga melati sudah tidak asing di masyarakat Indonesia.  



Ternyata di Indonesia, salah satu jenis melati dijadikan sebagai "puspa bangsa" atau simbol nasional yaitu melati putih (Jasminum sambac), karena bunga ini melambangkan kesucian dan kemurnian, serta dikaitkan dengan berbagai tradisi dari banyak suku di negara ini.Bunga Melati menjadi bunga nasional diantara tiga bunga nasional, yaitu  Bunga Anggrek  Bulan (Phalaenopsis amabilis) sebagai puspa pesona dan Bunga Padma Raksasa (Rafflesia arnoldii) sebagai puspa langka.



Kandungan Bunga Melati
Bunga Melati terbagi atas 3 jenis yaitu Jasminum sambac Maid of Orleans, Jasminum sambac Grand Duke, dan Jasminum offcinale. Bunga melati sendiri mempunyai kandungan yang sangat bermanfaat diantaranya yaitu Minyak eteris (zat berbau),  Indole, Linalcohol, Asetat benzilic, Alkohol benzilic, Livalylacetaat, dan Jasmon.


Kandungan sari bunga melati bermanfaat untuk menangkal sinar matahari terutama radikal bebas, menghaluskan kulit, melembutkan kulit, memperlancar aliran darah, mendinginkan kulit, dan menenangkan kulit. Wangi dari bunga melati dapat mengharumkan badan kita.

Bunga Melati Untuk Kecantikan
Bunga Melati dipercaya dapat membuat kulit lebih putih dan merona, bahkan dapat menghancurkan toksin dibawah kulit, memperlancar sirkulasi peredaran darah serta mengaktifkan metabolisme tubuh. Banyak digunakan oleh salon dan spa kecantikan dalam rangkaian perawatan kecantikan. Selain bermanfaat untuk kulit , bau dari bunga melati dapat memberikan efek relaksasi bagi yang sedang dipijat dan menambah kenyamanan.

Bunga Melati dijadikan sebagai bahan dasar dalam pembuatan lulur yang sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit, mencerahkan kulit, mengencangkan kulit dan mengangkat sel kulit mati. Dan ternyata bunga Melati juga bisa mencegah penuaan dini yaitu dengan cara mengkonsumsi satu cangkir teh bunga Melati setiap hari dipercaya dapat membuat kulit awet muda. Hal ini karena kandungan antioksidan yang tinggi pada teh bunga melati mampu melawan radikal bebas yang menyebabkan kulit rusak. Jadi jika Anda ingin selalu terlihat awet muda, selain berolahraga secara teratur, barengi dengan meminum secangkir teh bunga melati setiap hari.


      
      Melati Untuk Masker Tubuh
Bunga Melati untuk masker tubuh, dibuat dengan cara:
-          Siapkan segenggam bunga Melati, air mawar atau olive oil
-          Tumbuk halus bunga Melati dan tambahkan air mawar
-          Oleskan hasil tumbukan pada bagian tubuh dengan merata dan diamkan selama 15-20 menit
-          Lalu bilas tubuh dengan bersih
-          Untuk memperoleh hasil kulit yang cantik dan bersih Anda dapat melakukannya 2-3 kali dalam seminggu

       Membuat Rambut Menjadi Kuat
Apabila Anda mengalami kebotakan atau rambut yang secara terus menerus rontok, Anda dapat mencoba bunga Melati sebagai obat herbal untuk rambut Anda.
-          Siapkan 14 bunga melati, 6 daun mangkokan, 2 pandan wangi, 6 daun urang aring, 1 cangkir minyak kelapa, 50 ml minyak wijen, 10 gram kemiri, 2 bunga mawar, dan 4 liter air
-          Minyak kelapa dan minyak wijen dicampur dan panaskan
-          Seluruh daun lainnya dan kemiri ditumbuk hingga halus dan bunga Melati yang ada seluruhnya dicacah kecil-kecil
-          Semua bahan yang ada kemudian dicampur dan dipanaskan diatas api kecil selama 20 menit. Air rebusan disaring dan didinginkan. Sesudah dingin, oleskan di kulit kepala sambil dipijat-pijat
-          Lakukan ini sehari dua kali sebelum  mandi

      Mengobati Jerawat di Wajah
Jerawat di wajah pun dapat hilang dengan alami dan cepat oleh bunga melati.
-          Siapkan bunga melati 20 kuntum, asam kawak sebanyak 2 hari, 3 gram belerang dan 2 SDM air jeruk nipis
-          Cuci semua bahan yang ada dan tumbuk hingga halus
-          Peras bahan yang sudah ditumbuk dan tambahkan jeruk nipis
-            Oleskan pada wajah yang berjerawat dua kali sehari dan diamkan selama 10 hingga 15 menit dan bilas wajah sampai bersih.

Menghilangkan Bau Badan
-   Siapkan 30 kuntum  bunga Melati dicuci, masukkan ke dalam gelas berisi air matang, tutup dengan plastik yang dilubangi kecil-kecil, embunkan semalaman
-    Minum air bunga Mealti setiap pagi selama 5 hari berturut-turut. -RGP-







0 komentar:

Post a Comment

kataresi.com 2018. Powered by Blogger.