[HERBA BEAUTY] Daun Mint yang Menyegarkan Menghilangkan Kutu Rambut, Komedo dan Bau Kaki





Mungkin Anda sudah tidak asing dengan daun Mint. Daun Mint biasa digunakan untuk campuran minuman untuk menambah rasa segar dalam minuman dan banyak juga digunakan dalam produk sabun mandi, parfum, pasta gigi serta aneka permen dan makanan ringan. Daun Mint mempunyai bau yang unik dan segar yang kuat.



Nama ilmiah dari tanaman Mint adalah Mentha Longifolia, yang terbagi menjadi 25 spesies. Mengutip Wikipedia, tanaman Mint biasa ditanam di Eropa, Asia, Afrika, Australia dan Amerika Utara. Lavender, rosemary, peppermint, dan spearmint adalah tanaman yang masuk dalam keluarga tanaman Mint.

Tentang Mint
Asal-usul Mint diperkirakan dari Eropa dan Mediterania. Orang Romawi menggunakan mint untuk bumbu masakan dan digunakan untuk menjamu tamu-tamu mereka. Mitologi Romawi menyatakan bahwa tanaman Mint berasal dari bidadari bernama Minthe yang dikutuk menjadi tanaman.

Sekilas mengenai Mint, tanaman Mint umumnya memiliki batang berbentuk persegi. Daun Mint tumbuh berpasangan pada batang. Bunga Mint berukuran kecil dengan berbagai warna mulai dari putih, kebiruan, hingga merah muda. Mint yang berusia lebih muda menghasilkan rasa yang lebih baik, sedangkan Mint yang lebih tua cenderung terasa pahit dan liat.

Kandungan dalam Mint
Daun Mint merupakan daun yang dapat dimanfaatkan dalam keadaan masih segar maupun dalam keadaan kering. Kandungan kimia minyak atsiri Mint terdiri dari mentol (50%), menton (10-30%), mentil asetat (10%), dan derivat monoterpen lain seperti pulegon, piperiton, dan mentafuran. Minyak atsiri Mint dapat diperoleh dengan mengisolasi daun Mint.

Daun Mint terdiri terutama dari air, serat, protein abu, dan karbohidrat, kandungan berlimpah mineral seperti yang terdapat dalam persentase tinggi, kalsium, kalium, magnesium, tembaga, mangan, natrium dan fosfor. Dalam daun Mint terdapat juga vitamin kelompok A, B, C dan D. Asam amino seperti arginin, asam aspartat, gluttamico, alanin, leusin, glisin, prolin, serin, dan valin dalam persentase yang sangat tinggi dan berlimpah dalam Mint.

Mint Untuk Kecantikan
Seperti sudah disebutkan sebelumnya bahwa Mint banyak dipakai sebagai bahan campuran dalam produk sehari-hari. Dalam perkembangannya daun Mint memiliki sejumlah manfaat baik untuk kulit dan kecantikan Anda. Mint bisa dijadikan sebagai solusi perawatan kulit dan kecantikan Anda.

Mint setelah diekstrak menjadi minyak Mint ataupun memiliki banyak manfaat, diantaranya menghilangkan kutu rambut, mencerahkan bekas jerawat, menghilangkan komedo, mengobati jerawat, mengatasi bibir pecah-pecah, membuat rambut berkilau, mengecilkan pori-pori kulit wajah, sebagai anti kerut wajah, melembabkan tumit yang kasar, dan yang paling umum bau dari mint menyegarkan serta menenangkan, bagus untuk rileksasi.

§   Mint Untuk Menghilangkan Kutu Rambut
Gunakanlah minyak mint untuk menyingkirkan kutu yang “bersarang” pada rambut Anda. Caranya, usapkan minyak Mint pada kulit kepala sembari dipijat, lakukan perawatan ini secara rutin, 3-4 kali seminggu.
§   Mint Untuk Mencerahkan Bekas Jerawat
Untuk menghilangkan dan mengembalikan warna cerah pada kulit wajah setelah berjerawat bisa menggunakan jus daun mint. Caranya dengang mencampurkanoat dan jus mint, kemudian oleskan pada wajah sebagai masker. Bila dilakukan dengan rutin, dapat menyamarkan luka bekas jerawat, serta menyingkirkan sel mati yang menyumbat pori-pori.
§   Mint Untuk Menghilangkan Komedo
    Komedo yang membandel dapat diatasi dengan daun Mint. Caranya dengan meletakkan daun Mint yang sudah dihaluskan di seluruh bagian wajah yang berkomedo, lalu diamkan selama15 menit dan setelahnya sampai bersih.

§   Mint Untuk Mengatasi Jerawat
Mint ternyata bisa untuk mengatasi jerawat yang membandel. Caranya dengan mencampur jus mint danair mawar, lalu gunakan sebagai masker di wajah. Diamkan selama 20 menit dan bilas hingga bersih. Jerawat akan cepat kempes setelahnya dan pemakaian rutin.
§   Mint Untuk Mengusir Kering dan Bau Kaki
Rebus daun mint dalam air dan rendam kaki Anda dalam jus mint dan membantu mengusir kekeringan dan bau dari kaki Anda.
§   Mint Untuk Melembabkan Tumit yang Pecah-pecah
Untuk melembabkan tumit yang pecah-pecah bisa menggunakan pasta Mint yang dicampur dengan minyak zaitun lalu dioleskan untuk melembutkan dan melembabkan tumit pecah-pecah.
§   Mint Untuk Mengecilkan Pori-pori Kulit Wajah
Caranya adalah dengan meremas daun Mint dan dicampur dengan madu. Pakai sebagai masker pada wajah selama 10 menit, lalu bilas sampai bersih. Efek Mint selain menyegarkan, mengencangkan pori-pori kulit wajah Anda dan bebas dari minyak.
§   Mint Untuk Mencegah Kerontokan Rambut
Caranya untuk mencegah kerontokan rambut dengan daun Mint adalah dengan merebus seledri dan daun Mint dalam air selama 20 menit, lalu saring daunnya dan bilas rambut dengan air rebusan tersebut. Hasil rebusan tersebut dapat membuat rambut Anda kuat dan mengkilat. -RGP-


0 komentar:

Post a Comment

kataresi.com 2018. Powered by Blogger.