3 Tahun Jokowi – Kalla, Laut dan Budaya Menjadi Kebanggaan Indonesia



Tiga (3) tahun sudah pemerintahan Indonesia dipegang oleh Presiden Joko Widodo dengan Jusuf Kalla. Capaian kinerja 3 tahun Jokowi – JK disampaikan dalam diskusi media FMB 9 (Forum Merdeka Barat 9)  yang berlangsung dari tanggal 17-20 Oktober 2017 yang bertempat di Kantor Staf Presiden.
 
Apa itu FMB 9? FMB 9 adalah sebuah forum diskusi antara jurnalis dan pemerintah untuk kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik, mengutip dari twitter FMB 9. FMB 9 terselenggara setiap dua minggu sekali dan dihadiri oleh jurnalis media dan menteri atau perwakilan kementerian untuk menyampaikan pemaparan tentang kinerja pemerintah.

“Negara hadir mewujudkan rasa aman melalui perwujudan stabilitas politik keamanan, keadilan hukum, dan pemajuan keamanan” FMB 9

FMB 9 - dokumen pribadi

Pada FMB 9 kali netizen yang diwakili oleh blogger terpilih berkesempatan hadir dan aku menjadi bagian dari FMB 9 tanggal 18 Oktober 2017. Menteri Kordinator Kemaritiman - Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Pariwisata - Arief Yahya serta Menteri Kelautan dan Perikanan - Susi Pudjiastuti menjadi narasumbernya.

Indonesia Poros Maritim Dunia
Menko Maritim, Luhut Binsar mengingatkan bahwa negara kita Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia. Dengan 79% laut, 17.508 pulau, 5.707 pulau berpenghuni dan total penduduk 263 juta penduduk di Indonesia. Pada tahun 1982, Indonesia ditetapkan sebagai negara kepulauan oleh UNCLOS (United Nations Convention on the Law of the Sea)
Sebagai negara maritim; samudra, laut, selat dan teluk adalah masa depan peradaban kita. Kita telah terlalu lama memunggungi laut, memunggungi samudera, dan memunggungi selat dan teluk. Ini saatnya kita mengembalikan semuanya, sehingga 'Jalesveva Jayamahe', di laut justru kita jaya, sebagai semboyan kita di masa lalu bisa kembali”, Kutipan Pidato Pelantikan Presiden Jokowi, 20 Oktober 2014.

 
dokumen pribadi
“Kita harus bangga menjadi orang Indonesia. Kita harus memberi solusi dan mengatasi masalah jika ada perbedaan pendapat,” Luhut Binsar P. – Menko Maritim

Untuk itu Kemenko Maritim memiliki tugas untuk menyelenggarakan kordinasi, sinkronisasi, dan pengendalian urusan kementerian dalam penyelenggaraan pemerintahan di bidang kemaritiman. Indonesia dirangkai menjadi negara kepulauan dengan pembangunan terbarunya di 3 tahun jokowi-kalla yaitu 5 pelabuhan laut dalam di kuala tanjung, tanjung priok, tanjung perak, makassar dan bitung, 19 feeder ports, 15 bandara baru, pengembangan 9 bandara kargo dan 25 bandara di daerah terluar dan daerah rawan bencana.

Program tol laut, Pelabuhan Patimban, Bandar udara Kertajati dan LRT jakarta-Bogor-Depok juga menjadi bukti capaian 3 tahun. Selain itu juga pengembangan 10 destinasi prioritas juga menjadi program yang dijalani Kemenko Maritim untuk mendukung pariwisata Indonesia.  10 destinasi prioritas dalam program pariwisata disebut sebagai “Bali Baru”, antara lain Danau Toba, Kepulauan Seribu, Wakatobi, Tanjung Kelayang, Tanjung Lesung, Borobudur, Mandalika, Morotai, Labuhan Bajo dan Bromo-Tengger-Semeru.

Diungkapkan oleh Menpar, Arief Yahya untuk menjadi pariwisata yang dikenal dunia internasional harus menerapkan standar internasional. Dalam membangun 10 destinasi prioritas diperlukan pembangunan bandar udara internasional untuk mempermudah akses masuk wisatawan. Sejalan dengan Kemenko Maritim, Kemenpar menargetkan wisata bahari di tahun 2019 dengan target 20 juta wisman dan devisa US$ 4 miliar.

“Gunakanlah standar dunia jika ingin diakui dunia”, Arief Yahya-Menpar

Prestasi Pariwisata Indonesia
Indonesia ternyata terpilih menjadi Destination Of The Year 2017 dan sudah meraih 44 penghargaan di 22 negara. Di dunia pariwisata halal, Indonesia meraih 12 penghargaan di tahun 2016 di 16 kategori dalam ajang World Halal Tourism Award.
1.        World’s Best Airline for Halal Travellers - Garuda Indonesia
2.        World’s Best Airport for Halal Travellers - Sultan Iskandar Muda International Airport, Aceh Indonesia.
3.        World’s Best Family Friendly Hotel - The Rhadana Hotel, Kuta, Bali, Indonesia.
4.        World’s Most Luxurious Family Friendly Hotel - Trans Luxury Hotel Bandung Indonesia.
5.        World’s Best Halal Beach Resort - Novotel Lombok Resort & Villas, Lombok, NTB.
6.        World’s Best Halal Tour Operator - Ero Tour, West Sumatera Indonesia
7.        World’s Best Halal Tourism Website www.wonderfullomboksumbawa.com, Indonesia.
8.        World’s Best Halal Honeymoon Destination - Sembalun Village Region, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Indonesia
9.        World’s Best Hajj & Umrah Operator - ESQ Tours & Travel, Jakarta, Indonesia.
10.    World’s Best Halal Destination - West Sumatera, Indonesia.
11.    World’s Best Halal Culinary Destination - West Sumatera, Indonesia
12.    World’s Best Halal Cultural Destination - Aceh Indonesia. 


Budaya di  Indonesia sebanyak 60% menjadi pendukung terbesar pariwisata di daerah. Wonderful Indonesia yang menjadi branding negara untuk dunia pariwisata menempati peringkat 47 dari 100 peringkat di tahun 2015. Wonderful Indonesia mencerminkan kedudukan keindahan dan budaya pariwisata Indonesia. Kita patut berbangga dengan alam dan pariwisata Indonesia. Kalau kamu sudah kemana saja?


Dalam kesempatannya Susi Pudjiastuti memaparkan capaian KKP (Kementerian Kelautan dan Perikanan) bahwa stok sumber daya ikan meningkat menjadi 12,54 juta ton/tahun yang disertai dengan peningkatan konsumsi ikan menjadi 43,94 kg/kapita. Capaian lain yang dilakukan oleh KKP  adalah meningkatnya luas kawasan konservasi perairan dan berhasil menyelamatkan sumber daya kepiting dan lobster berharga Indonesia senilai Rp 509,68 Miliar serta penenggalaman 317 kapal ilegal dan menyelamatkan 1.020 orang ABK asing korban perdagangan manusia.

Yang tidak disangka adalah besarnya perhatian pemerintah melalui KKP dan Menko Maritim terhadap garam.  Garam berasal dari laut dan kita kaya akan garam karena laut Indonesia yang luas. Kualitas garam rakyat yang baik harus diperlengkapi dengan kesiapan kapasitas pabrik garam industri untuk itu pemerintah memberikan bantuan kepada petambak garam melalui PT Garam dengan menyerap garam rakyat sebanyak 400,000 ton/tahun untuk menaikkan harga garam menjadi Rp 1,000/kg.  Pembuatan sistem Resi Gudang untuk petani garam. Resi sebagai bukti kepemilikan untuk dijual pada saat harga normal. Saat ini, hanya ada 12 Gudang KKP dengan kapasitas 2000 ton/gudang.


Memang sudah seharusnya pemerintah mensejahterakan rakyatnya sendiri. Cukup bangga ketika mendengar pemaparan tiga menteri dalam FMB 9 (18 Oktober 2017). Kita sebagai rakyat berhak mengetahui capaian kinerja tersebut dan mendukung pembangunan untuk Indonesia yang lebih baik.
-RGP-   #Kerja3ersama #3TahunJokowiJK

 






0 komentar:

Post a Comment

kataresi.com 2018. Powered by Blogger.