[INFO] Peluang Berwirausaha Cerdas dan Kreatif Bersama Gerakan AMPUH dan Kemenkop UKM




Tingkat pengganguran di Indonesia meningkat 320 ribu jiwa sejak Agustus 2015 dari tahun 2014 lalu berdasarkan data Badan Pusat Statistik. Untuk itu salah satu langkah untuk mengurangi jumlah pengangguran di Indonesia adalah dengan menumbuhkan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Di era MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) kita harus bisa memanfaatkan internet dan dunia digital dalam berwirausaha dan bersaing cerdas dan kreatif dengan wirausaha lainnya.

Dimas Oky N. - doc.RGP

Dimas Oky Nugroho salah seorang pengagas Gerakan AMPUH (Anak Muda Punya Usaha) menyatakan sudah saatnya Indonesia memberikan perhatian yang super serius dengan kebangkitan kaum muda kreatif untuk mewujudkan Indonesia yang lebih baik. “Hanya anak muda yang berjiwa entrepreuner yang bisa membawa perubahan dan membawa bangsa ini kompetitif di era globalisasi khususnya MEA. Dengan berwirausaha disitulah sesungguhnya nasionalisme anak-anak muda berwujud”, ujar Dimas pada Forum Berbagi Info yang diadakan oleh Gerakan AMPUH yang mengusung tema “Anak Muda Kreatif dan UMKM Digital” bersama Indoblognet pada pekan lalu di Bakoel Koffie Cikini.

Diakui Dimas, anak-anak muda Indonesia tidak kalah kualitasnya dengan anak-anak muda negara maju sekalipun dalam hal industri kreatif.” Kunci bagi kebangkitan Indonesia ke depan adalah anak muda, wirausaha dan (ber) komunitas. Jiwa entrepreuner ini selaras dengan semangat sejati para pendiri republik yang ingin melihat Indonesia lebih merdeka, adil dan sejahtera”, ujar Dimas.

Aku pribadi sepakat dengan pemikiran Dimas, kita yang muda tidak boleh kalah bersaing di era serba digital dan internet ini. Berkat internet, siapapun dan di negara manapun seseorang itu berada, informasi bisa bisa diakses dengan mudah.  Itu kenapa aku berterimakasih kepada Indoblognet sudah mengundangku dalam forum tersebut untuk menyerap banyak informasi yang bermanfaat bagi calon wirausaha sepertiku ini.

Kementerian Koperasi dan UKM berharap pada Gerakan AMPUH
Hadir dalam forum untuk membagikan informasinya adalah Braman Setyo dari Kementerian Koperasi dan UKM. Braman Setyo selama ini concern di UKM yang akan membantu calon wirausaha dan berharap dengan adanya gerakan AMPUH bisa menjadi ruang mediasi antara wirausaha dengan pemerintah. Braman menyampaikan bahwa Presiden Joko Widodo menginginkan 1 juta UKM di bidang wirausaha digital sedangkan Pemerintah menghadapi kendala dalam mengembangkan dan membangun UKM di Indonesia, kendala pertama adalah sumber daya manusia yang kurang. “Jika banyak yang ingin berwirausaha tetapi merasa tidak mempunyai kemampuan berdagang, Kemenkop UKM akan senang hati memberikan pelatihan UKM. Kemenkop mengajak gerakan AMPUH agar bisa mengirimkan surat ke Kemenkop UKM untuk mendapatkan pelatihan tentang UKM bagi teman-teman yang tergabung dalam gerakan AMPUH,” ujar Braman antusias.

Peluang Baik Bagi Calon Wirausaha di Tahun 2017 dari Kemenkop UKM
Braman Setyo (kanan) - doc.RGP
Kemenkop UKM akan memfasilitasi sekitar 400 wirausaha di tahun 2016 dan target 6.200 pelaku usaha untuk tahun 2017 mendatang. Hal ini dikarenakan pada tahun 2017 segmen wirausaha pemula kreatif menjadi salah satu sasaran utama Kemenkop UKM. Sadar akan kendala kedua dalam pengembangan UKM adalah Modal maka Kemenkop UKM mempersiapkan hal berikut yang bisa mempermudah calon wirausaha (UMKM) memulai usahanya di tahun 2017:
1.      Maksimal startup capital yang akan diterima pelaku usaha adalah sebesar Rp. 20 juta per orangnya.
2.      Mekanisme proposal dan persyaratan melalui sistem e-proposal
3.      Mekanisme penyaluran pembiayaan melalui seleksi sistem online

Ketiga hal tersebut untuk mejangkau dan mempermudah UKM yang ada di daerah dan menarik ketertarikan pemerintah daerah untuk menambah anggaran daerahnya untuk UKM dan koperasi. Selain itu juga, Kemenkop UKM akan memberikan pendampingan kepada 10 ribu UMKM yang sudah merupakan kewajiban pemerintah dalam programnya untuk mengembangkan UKM di masyarakat Indonesia. Menurut data Kemenkop UKM sudah 168 ribu ijin usaha kecil yang dikeluarkan selama ini dan diharapkan akan terus bertambah. “Untuk yang tinggal di Jabodetabek, pelaku wirausaha bisa datang ke Galeri Indonesia Wow di Smesco Gatot Subroto, karena itu adalah milik masyarakat dan bisa dimanfaatkan untuk belajar. Banyak-banyaklah bertanya kepada yang sudah berpengalaman berwirausaha,” ujar Braman.

Sharing Experience oleh Mirwan Suwarso
Mirwan Suwarso juga hadir dalam forum sebagai pembicara dan berbagi pengalamannya dalam mengembangkan dan mengelola aplikasi Supersoccer TV  dan keberhasilannya membeli lisensi Manchester United TV (MUTV) dan sejumlah program tayangan Liga Italia dan Liga Spanyol. Bagi Mirwan hasrat dan kecintaan generasi muda dalam dunia bola ada baiknya juga bisa disalurkan juga menjadi sebuah ide bisnis atau usaha.
 
Mirwan Suwarso - doc.RGP
"SuperSoccerTV memberikan kesempatan bagi anak-anak muda dan supporter sepak bola untuk mendapatkan keuntungan menarik. Anda bisa lihat informasinya di website. Namun yang terpenting adalah sejauhmana dengan inisiatif kewirausahaan dan berkomunitas maka kesempatan anak muda berwirausaha lebih terbuka," jelas Mirwan. Selain itu Mirwan juga membuat Supersoccer market place tercipta berkat gagasan anggota suppersoccer di Malang dan akan menjadi wadah wirausaha muda untuk berbisnis dengan ide bola sebagai produknya.   


Harapan Mirwan adalah pembangunan manusia Indonesia melalui generasi muda yang berwirausaha. Dengan membantu salesmanship untuk orang yang belum pernah berjualan dengan barang bagus agar kepercayaan dirinya dalam berwirausaha tidak hancur. Beberapa tips berwirausaha yang sudah dipraktekkan oleh Mirwan yang sempat saya catat karena menarik dan seringkali terlupakan:
  • Indonesia adalah tempat yang tepat untuk mengetes suatu produk dagang.
  • Kita harus berani menjual suatu produk dagang yang baru di Indonesia karena Indonesia tempat yang tepat untuk mengetes daya minat dan daya beli masyarakat terhadap produk baru.
  •  Carilah investor yang mempunyai pengalaman dan mengerti di bidangnya sehingga bisa kita gunakan sebagai advisory board dan tempat untuk berdiskusi.
  • Kita harus bisa memberikan sosial economic values kepada investor.
  • Berbagi keuntungan hasil usaha dengan sistem bagi hasil bukan share komisi.

Forum berbagi info ini dipandu oleh Restu Utami yang mengemukakan tujuan Gerakan AMPUH itu sendiri adalah menggiatkan minat berwirausaha anak-anak muda serta membangun jembatan sinergis bagi pemerintah, swasta dan pelaku wirausaha digital kreatif. Gerakan AMPUH kedepannya juga akan melakukan sosialisasi ke berbagai basis komunitas anak muda termasuk kampus di seluruh Indonesia. 

Peserta Forum Berbagi Info - doc.fb

Berbekal informasi dan tips tersebut tidak ada salahnya untuk mempersiapkan proposal usaha yang detail dan matang agar bisa mendapatkan dukungan dari pemerintah dan Gerakan AMPUH untuk berwirausaha mendatang. Marilah kita jadi generasi cerdas dan kreatif untuk memajukan negeri ini dengan UKM.-RGP-


0 komentar:

Post a Comment

kataresi.com 2018. Powered by Blogger.